Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar yang Menarik dan Mudah Dipelihara Anak

Selain ikan cupang, ikan-ikan ini juga mudah dipelihara lho, Ma

20 Juni 2020

Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar Menarik Mudah Dipelihara Anak
Freepik/victor217

Selain kucing atau anjing, ikan hias menjadi salah satu hewan populer lainnya yang dapat dijadikan pilihan sebagai hewan peliharaan di rumah. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sering kali memiliki kegemaran dalam memelihara beragam jenis ikan hias yang cantik.

Selain cantik, memelihara ikan hias ini juga dapat membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan tenang lho, Ma.

Namun yang perlu dipertimbangkan adalah, pilihlah jenis ikan hias air tawar yang murah dan mudah dipelihara bersama anak ya, Ma.

Sebelum memilih, perlu Mama ketahui bahwa ada banyak sekali jenis ikan hias air tawar yang dapat menjadi pilihan, mulai dari yang berukuran kecil sampai besar, serta memiliki beragam warna cantik yang semakin menarik perhatian anak-anak.

Selama di rumah saja karena pandemi mungkin anak-anak butuh hiburan. Memelihara hewan di rumah bisa jadi hal yang menyenangkan.

Nah, berikut ini Popmama.com merekomendasikan dari berbagai sumber mengenai jenis ikan hias air tawar yang tak hanya cantik, tetapi juga mudah dipelihara bersama anak di rumah. 

1. Ikan cupang

1. Ikan cupang
Pixabay/Nguyen Cuong

Ikan hias satu ini tentu sudah tak asing didengar ya, Ma? Ikan cupang memiliki beragam variasa warna dan bentuk yang menarik perhatian anak, ikan ini juga mudah dipelihara.

Cukup dengan botol keil yang diisi air, ikan ini tetap bisa hidup lho!

Urusan makanan, Mama dan anak bisa memberikan ikan cupang jentik nyamuk, cacing dara, ataupun cacing rambut yang merupakan panganan kesukaan dari ikan cupang ini.

Namun karena memiliki sifat yang cukup agresif, ikan ini harus dipisahkan dengan ikan lainnya ya, Ma.

Sebab jika tidak akan membuat ikan cupang beradu satu sama lain hingga membuat mereka mati.

2. Ikan koi

2. Ikan koi
Pixabay/Pexels

Ikan koi juga nggak kalah populer dikalangan pecinta ikan hias. Ikan yang memiliki ciri khas perutnya buncit dan warna yang cerah dan beragam ini membuat banyak orang menyukainya. 

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun akan menyukainya!

Ikan ini juga terbilang murah lho, Ma. Harga yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp 10.000 per ekornya, tergantung jenis ikan yang dipilih. Mama bisa mengajak anak memelihara ikan ini baik di akuarium atau pun kolam khusus ikan yang dibuat di halaman rumah.

Lama-kelamaan, harga ikan koi yang sudah semakin besar juga bisa meningkat bahkan jika warnanya bagus bisa jadi sangat mahal lho!

3. Ikan guppy

3. Ikan guppy
Pixabay/Zucky123

Memiliki akuarium tak terpakai? Coba pelihara ikan satu ini bersama anak yuk, Ma! Ikan guppy termasuk salah satu ikan yang mudah dipelihara terutama karena harganya yang relatif murah.

Ikan yang memiliki ukuran mungil yaitu kurang lebih 2,5 sampai 5 sentimeter ini memiliki sirip-sirip yang cantik dengan berbagai motif warna yang menarik perhatian anak.

Selain mudah dipelihara, akan menambah keindahan dan kenyamanan suasana rumah juga nih.

Editors' Picks

4. Ikan molly

4. Ikan molly
Pixabay/Ivabalk

Ikan molly termasuk ke dalam ikan air tawar yang tak hanya cantik dan mudah dipelihara, tetapi juga jinak. Sehingga akan memudahkan anak-anak untuk ikut merawatnya.

Bentuknya yang kecil, gempal, dan beragam warna menarik juga cocok jika dipelihara di dalam akuarium bersama ikan-ikan kecil lainnya.

Tak perlu takut beradu seperti ikan cupang, ikan ini sifatnya bergerombol dan jinak kok, Ma. Jadi aman jika digabung bersama ikan kecil lainnya.

Meski tak ada alat pompa oksigen di dalam akuarium, ikan ini juga mampu bertahan hidup. Namun tetap diperhatikan pakan ikannya ya, Ma. Sama seperti ikan hias lainnya, pakan dalam akuarium atau kolam ikan hias pun harus selalu tersedia.

Namun perlu sedikit hati-hati, karena ikan jenis ini cukup agresif. Jika disatukan dengan ikan hias lain di dalam akuarium kecil biasanya akan mendominasi.

Tak jarang jika disatukan dengan ikan cupang maka ikan berwarna kuning ini lebih berani dan bisa merusak keindahan sirip ikan cupang.

5. Ikan mas koki

5. Ikan mas koki
Freepik/suksao

Jenis ikan hias air tawar satu ini juga menjadi kegemaran bagi para pecinta ikan air tawar. Selain warnanya cantik yaitu perpaduan warna putih dan oranye keemasan, ikan ini juga terbilang mudah dipelihara bersama anak-anak.

Ikan dengan ciri khas perut yang buncit, mata besar, dan ekor yang berumbai ini akan memikat perhatian anak-anak karena bentuknya yang cantik.

Cocok banget menjadi referensi bagi Mama dan anak yang ingin memelihara ikan hias di akuarium atau kolam ikan yang ada di rumah.

6. Ikan louhan

6. Ikan louhan
Pexels/Skitterphoto

Satu lagi jenis ikan hias air tawar yang cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia adalah ikan louhan. Ikan yang memiliki bentuk khas yaitu bagian depan kepala yang menonjol ini juga memiliki variasi warna beragam yang akan menarik perhatian anak-anak.

Ikan ini bisa menjadi referensi bagi Mama dan anak-anak yang akan memelihara ikan hias air tawar di rumah.

Selain bentuk yang unik, ikan ini pun mudah dirawat bersama anak-anak seklaipun. Ingin mencobanya, Ma?

7. Ikan manfish

7. Ikan manfish
Gerava.com

Selain ikan molly, ikan manfish juga bisa digabungkan bersama ikan kecil lainnya yang di dalam akuarium yang sama. Sebab jenis ikan ini juga bersifat jinak dan bergerombol, sehingga memudahkan Mama dan anak dalam memelihara bersama dengan ikan-ikan hias lainnya.

Ikan manfish menjadi jenis ikan hias air tawar yang mempunyai bentuk tubuh pipih dan sirip yang memanjang. Ikan ini juga tersedia dalam banyak sekali pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera anak-anak.

8. Ikan komet

8. Ikan komet
Hewany.com

Satu lagi jenis ikan hias air tawar yang bisa dipelihara di dalam satu akuarium atau kolam ikan yang sama adalah ikan komet. Ikan ini memiliki ragam warna yang cantik dan juga memiliki gerak tubuh yang cukup atraktif.

Meskipun atraktif, ikan ini tetap menjadi ikan hias yang ramah atau jinak kok, Ma. Jadi aman jika Mama dan anak akan menggabungkannya dengan ikan hias lainnya.

Tak hanya dapat berdampingan dengan ikan lain, ikan komet juga mudah beradaptasi di segala lingkungan.

9. Ikan botia

9. Ikan botia
Hewany.com

Ikan hias air tawar satu ini menjadi ikan yang digemari oleh banyak orang di belahan dunia. Selain mudah dipelihara, ikan botia memiliki warna khas yaitu kuning cerah dengan tiga garis lebar berwarna hitam. Ikan hias air tawar ini juga menjadi salah satu jenis ikan yang diekspor Indonesia ke berbagai negara lho! 

Itulah jenis-jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara bersama anak di rumah. Ikan yang telah direkomendasikan di atas jika dirawat dengan baik juga memiliki warna-warna yang sangat indah.

Semoga bisa menjadi referensi bagi Mama dan anak yang ingin memelihara ikan hias ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.