Resep Kue Lumpur Enak, Dijamin Anak-Anak Suka

Nggak perlu ribet, begini cara membuat kue lumpur rumahan yang enak!

16 Oktober 2020

Resep Kue Lumpur Enak, Dijamin Anak-Anak Suka
Instagram.com/resepjajananpasar
Dok. Serimina Kitchen

Tak selalu memberikan makanan yang kekinian, Mama bisa lho memberikan anak camilan khas Indonesia. Indonesia memiliki jenis kue tradisional yang dapat dinikmati kapan pun dan dimana pun dengan rasa manisnya yang legit di mulut.

Kue lumpur salah satunya. Kue ini sering dijumpai sebagai santapan untuk sarapan yang cocok ditemani dengan teh hangat atau pun kopi. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun dijamin akan menyukainya, ma. 

Memiliki tekstur kue yang lembut dan manis, kue ini akan membantu anak membuat suasana hatinya lebih baik. Kelumbatan dari bahan dasar utama kentang ini yang membuat kue ini mudah lumer di mulut saat anak Mama mencicipinya.

Dijamin anak suka, berikut ini Popmama.com bagikan resep kue lumpur enak dan cara membuat kue lumpur yang mudah dibuat . Catat dan coba di rumah yuk, Ma!

Waktu membuat

Waktu membuat
Pexels/Gustavo Fring

Mama memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk mempersiapkan dan membuat resep kue lumpur ini.

Satu resep ini, cukup untuk membuat 40 pcs kue lumpur dengan diameter 6 cm.

Editors' Picks

Bahan-bahan

Bahan-bahan
Pexels/August de Richelieu
  • 500 gr kentang kukus
  • 250 gr tepung terigu, ayak agar tidak ada gumpalan
  • 250 gr gula pasir
  • 100 gr margarin, lelehkan
  • 2 butir telur utuh + 1 kuning telur
  • 500 ml santan, boleh menggunakan santan instan
  • 1/2 sdt garam

Karena membuat kue lumpur mudah dan bisa diaplikasikan sendiri di rumah, jangan lupa ajak si Kecil untuk ikut membantu Mama ya. 

Cara membuat kue lumpur

Cara membuat kue lumpur
Unileverfoodsolutions.co.id

Membuat kue lumpur mudah kok Ma. Ikuti cara berikut ini ya:

  1. Haluskan kentang kukus. Mama bisa mengaluskannya dengan ditumbuk atau diulek. Namun agar lebih praktis, Mama bisa menghaluskannya dengan blender kentang kukus+santan hingga halus.
  2. Lalu campurkan semua bahan sisanya, aduk sampai rata, tekstur akhir adonan kental.
  3. Siapkan cetakan, oles dengan margarin terlebih dahulu. Lalu panaskan cetakan dengan api kecil.
  4. Tuang adonan 1 sendok sayur hingga cetakan agak penuh, jangan sampai penuh ya, Ma. Lalu beri topping kismis atau apapun yang anak suka.
  5. Tutup cetakan, tunggu hingga permukaan kue lumpur set dan pastikan jangan sampai bawahnya gosong, Ma.
  6. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Tips agar tidak gagal saat membuat kue lumpur

Tips agar tidak gagal saat membuat kue lumpur
Instagram.com/resepjajananpasar
Dok. Serimina Kitchen

Jika Mama nggak terlalu ingin santannya banyak, Mama bisa menggunakan santan yang dicairkan dengan sedikit air kelapa ya. Namun pastikan takarannya tetap sekitar 500 ml ya, Ma.

Dalam Online Talkshow "Warisan Resep Juara" Tetra Park bersama Kara santan pada Kamis (15/10/2020), Chef Devina Hermawan menjelaskan, "Kalau untuk masak memasak yang penting kita bisa membuat perencanaan dan mengetahui bahan yang diperlukan karena sekarang mobilitas kita terbatas. Kalau untuk pengaplikasian santan dalam kemasan, sebenanrnya sangat membantu untuk pembuatan kue dan dessert, itu bisa menggunakan santan kemasan."

Panji Cakrasantana, Marketing Manager Tetra Park Indonesia memberikan tips memilih santan kemasan dan juga memberitahukan cara penyimpanan yang tepat.

  1. Cek kadaluarsanya. Pastikan belum lewat tanggalnya
  2. Pastikan kondisi kemasan sempurna. Pastikan ada logo resminya, kemasan tidak menggembung atau penyok. Kemasan dalam keadaan bersih dan tertutup dengan rapi.
  3. Bisa disimpan dalam suhu ruangan dan tidak perlu dalam kulkas karena prosesnya sudah UHT dan kemasannya sudah aman selama terlindungi dari cahaya jadi jangan terpapar matahari secara langsung dengan panas yang sangat menyorot.
     

Tips lainnya, agar kue lumpur tidak lengket saat diangkat, Mama bisa mengoleskan kembali cetakan dengan margarin. Nah, itu dia resep kue lumpur dan tips cara membuat kue lumpur enak dan mudah. Coba yuk, Ma. Dijamin anak-anak suka!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.