5 Hal yang Dibutuhkan Anak dari Orangtuanya, Limpahkan Perhatian

Tak selamanya anak butuh mainan baru, mereka juga butuh hal-hal berikut dari Mama dan Papa

13 November 2021

5 Hal Dibutuhkan Anak dari Orangtuanya, Limpahkan Perhatian
Pexels/RODNAE Productions

Menjalani peran sebagai orangtua memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan kesabaran dan pembelajaran yang tepat dalam memberikan pola asuh bagi putra putri tercinta.

Sebagai orangtua, tentulah ingin anaknya merasakan kebahagiaan dengan memenuhi segala keinginan mereka. Misalnya memberikan anak mainan atau baju baru, serta keperluan lain yang diinginkan.

Padahal, tak selalu hal-hal seperti itu kok yang anak butuhkan. Terkadang, orangtua juga perlu memahami bahwa ada hal-hal sederhana yang sebenarnya juga anak inginkan dari Mama dan Papanya.

Apa saja sih hal-hal tersebut? Yuk, simak rangkuman yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini. Pastikan selalu memberikan kasih saya dan hargai keberadaan anak ya, Ma, Pa!

1. Berikan anak kasih sayang dan perhatian yang berlimpah

1. Berikan anak kasih sayang perhatian berlimpah
Freepik/Prostooleh

Hal utama yang anak butuhkan adalah kasih sayang dan perhatian yang Mama dan Papa berikan untuknya. Pastikan untuk melimpahkan kasih sayang dan perhatian kepada setiap anak. Jangan membedakan anak satu dengan anak lainnya ya, Ma, Pa.

Ketika anak mendapat perhatian dari orangtuanya, maka ia merasa bahwa orangtuanya begitu sayang pada mereka. Buatlah anak selalu merasa dihargai dan dicintai dalam berbagai kondisi apapun.

Editors' Picks

2. Terima anak apa adanya

2. Terima anak apa adanya
Freepik

Setiap orang tentu memiliki kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan anak. Kekurangan tersebut jangan dijadikan alasan bagi Mama dan Papa untuk tidak menerima dan menyayangi mereka ya.

Jadilah orangtua yang mau menerima anak apa adanya. Jadi, tidak hanya menyayangi mereka saat nilai sekolahnya baik, tetapi terima dan hargai anak apa adanya adalah hal yang sangat mereka inginkan dari orangtua.

3. Fokus pada aksi positif dan tidak memberikan ekpetasi tinggi

3. Fokus aksi positif tidak memberikan ekpetasi tinggi
Freepik/Tirachardz

Orangtua mana yang tidak menginginkan anaknya berhasil dalam bidang akademis, tentu semua orangtua menginginkan hal serupa. Namun, bukan berarti Mama dan Papa memberikan ekpetasi tinggi pada mereka ya.

Cobalah untuk berfokus pada aksi positif, misalnya dengan memberikan dukungan sepenuhnya saat anak menyelesaikan setiap pekerjaannya. Sebab, saat Mama dan Papa berekspetasi tinggi pada mereka dan akhirnya tidak sesuai yang diharapkan, ini yang menjadi pemicu anak diabaikan oleh orangtuanya.

Sehingga hal yang anak inginkan adalah memberikan dukungan positif untuk setiap langkahnya. Ketika anak mendapatkan hal demikian, maka bukan tidak mungkin mereka bisa mendapatkan keberhasilan.

4. Hargai keberadaan dan keputusan anak

4. Hargai keberadaan keputusan anak
Freepik/Racool_studio

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cobalah untuk memberikan kasih sayang kepada setiap anak tanpa membedakan. Hargailah keberadaan mereka sebagaimana Mama dan Papa ingin dihargai oleh setiap anak.

Sama seperti orang dewasa, anak pun tidak suka dan akan sedih jika dirinya dibandingkan dengan orang lain, termasuk saudaranya sendiri. Jadi, cobalah untuk menghargai keberadaan anak dengan tetap menyayangi dan mendukung setiap langkahnya.

5. Cobalah menjadi pendengar yang baik untuknya

5. Cobalah menjadi pendengar baik untuknya
Freepik/Pressfoto

Di zaman seperti sekarang ini, banyak orangtua yang mengeluhkan anaknya menjadi semakin jauh dari Mama dan Papanya. Padahal, ini bisa jadi karena kurangnya kedekatan yang dibangun sejak kecil, Ma, Pa.

Untuk itu, cobalah untuk memperbanyak mendengarkan dari pada memberikan kata-kata. Jadilah teman bagi anak untuk mendengarkan keluh kesahnya. Melalui cara ini, kedekatan antara orangtua dan anak pun akan tetap terbangun dengan baik.

Selain itu, cara satu ini juga bisa membuat anak mama merasa bahwa orangtuanya akan selalu ada untuknya dan memberikan dukungan padanya.

Itu dia 5 hal yang anak butuhkan dari orangtuanya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa dijadikan introspeksi diri bagi Mama dan Papa dalam memberikan pola asuh yang tepat bagi anak-anak di rumah.

Tetap semangat dan selalu tunjukkan perhatian serta kasih sayang yang tulus pada mereka ya, Ma, Pa!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.