11 Gaya Parenting Hebat Victoria dan David Beckham yang Bisa Ditiru

Pasangan ini berhasil mendidik anak-anak mereka menjadi pribadi yang penyayang dan peduli orang lain

14 Desember 2020

11 Gaya Parenting Hebat Victoria David Beckham Bisa Ditiru
Instagram.com/davidbeckham

Kehidupan keluarga Victoria dan David Beckham tampak harmonis dan minim konflik. Kehidupan pasangan dengan empat orang anak ini sangat kompak. Perancang busana dan mantan pesepakbola Inggris itu berhasil membesarkan Brooklyn, Romeo, Cruz dan Harper Seven dengan baik.

Terutama Harper Seven sebagai satu-satunya anak perempuan dalam keluarga ini. Meski begitu, ia tetap diajarkan hal yang hampir sama oleh Victoria dan David seperti dulu mendidik anak-anaknya yang lain.

Menjadi salah satu pasangan paling terkenal di dunia, Victoria dan David Bechkam ternyata tidak terlalu berbeda sebagai orangtua.

Namun, ada beberapa poin penting dalam kehidupan parenting mereka yang sangat ditekankan seperti sopan santun, etos kerja dan berani mengambil keputusan.

Dikutip dari Hello Magazine, berikut Popmama.com rangkum informasi gaya parenting Victoria dan David Beckam untuk anak-anaknya.

1. Memberikan anak tugas rumah

1. Memberikan anak tugas rumah
Instagram.com/davidbeckham

Selama mereka melakukan isolasi mandiri di rumah mereka, keluarga ini saling membantu mengurus berbagai perlengkapan dan kebutuhan di keluarga mereka.

Ternyata, Harper Seven juga didorong untuk berpartisipasi dalam kegiatan keluarga mereka.

Terlihat Harper membantu papanya memasak, dan ini bisa menjadi kegiatan yang seru untuk ditiru bersama si Kecil lho Ma.

2. Waktu untuk keluarga adalah hal penting

2. Waktu keluarga adalah hal penting
Instagram.com/davidbeckham

Anak dari Victoria dan David Beckham mulai tumbuh dewasa. Karena anak-anaknya ini memiliki kegiatan sendiri-sendiri, Victoria mengatakan bahwa waktu bersama keluarga adalah hal penting.

Pada Grazia tahun 2015, ia mengatakan selalu menyempatkan waktu untuk keluarga meski mereka kerap bepergian ke luar negeri untuk berbisnis.

"Saya diberkati memiliki suami yang luar biasa dan anak-anak yang tampan dan cantik, sehat serta bahagia. Ya, kami sering bepergian karena bisnis kami masing-masing, tetapi kami selalu meluangkan waktu untuk satu sama lain sebagai pasangan dan sebagai keluarga,” jelas Victoria.

3. Membuat rumah menjadi tempat yang menyenangkan

3. Membuat rumah menjadi tempat menyenangkan
Instagram.com/davidbeckham

Pada akhirnya keluarga adalah ‘rumah’ untuk anak-anak. Oleh karenanya, menjadikan tempat tinggal sebagai tempat pulang mereka adalah hal yang penting. Victoria menekankan bahwa rasa nyaman terhadap rumah ini penting dalam benak anak-anak.

Ketika anak-anak mereka membawa temannya ke rumah, Victoria mengatur mereka dengan menekankan bahwa mereka bisa bebas bermain tapi tetap harus bertanggung jawab.

4. Mengajari sikap sopan sejak kecil

4. Mengajari sikap sopan sejak kecil
Instagram.com/davidbeckham

Baik Victoria David Beckham memandang betapa pentingnya bagi anak-anak memiliki sikap sopan santun. Pasangan ini mengajari dan terbiasa menerapkan ucapan ‘tolong’, ‘maaf’, dan ‘terima kasih’ kepada anak mereka sejak balita.

“Kami selalu menjadi orangtua yang tegas. Sangat penting bagi saya dan David bahwa anak-anak kami memiliki sopan santun,” ucap Victoria kepada Good Morning Britain.

Editors' Picks

5. Memantau media sosial ketika masih di bawah umur

5. Memantau media sosial ketika masih bawah umur
Instagram.com/davidbeckham

Kedua anak Victoria dan David Beckham sudah beranjak dewasa dan bisa mengatur akun media sosial mereka sendiri. Namun, sebelum umur mereka cukup ternyata Victoria selalu mengawasi media sosial anak mereka.

Tentunya anak mereka diberikan pengertian kalau hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk pengawasan dan perlindungan kepada mereka.

“Kami mengontrol semua yang dia posting, semua yang dia lakukan, dan itu sama dengan anak-anak kami yang lain,” jelas David Beckham kepada ABC.

6. Membagi waktu untuk bergantian hadir bagi anak

6. Membagi waktu bergantian hadir bagi anak
Instagram.com/davidbeckham

Menjadi pasangan paling dihormati di seluruh dunia membuat Victoria dan David Beckham memiliki jadwal yang sibuk. Meski begitu, ternyata David dan Victoria saling bergantian untuk selalu menemani anak-anaknya.

“David dan saya bekerja dan pergi tidak pada saat yang sama, jadi salah satu dari kami selalu ada di rumah. Suatu hari kami berada di sekolah Harper karena dia telah memenangkan perlombaan, dan kami berdua ada di sana,” jelas Victoria.

7. Mengajari bersyukur sejak kecil

7. Mengajari bersyukur sejak kecil
Instagram.com/davidbeckham

Nilai ini adalah salah satu yang terpenting bagi Victoria dan David Beckham di keluarga mereka. Kepada Grazia, Victoria menjelaskan kepada anak mereka bahwa mereka beruntung karena bisa hidup secara istimewa sedangkan banyak orang di dunia ini tidak seberuntung mereka.

Anak-anak juga diajarkan betapa pentingnya membantu orang lain.

“Kami memberi tahu mereka bahwa di banyak tempat di dunia ada anak-anak kelaparan, tunawisma dan banyak anak yang sakit. Mereka semua mengerti betapa pentingnya membantu orang lain,” jelas Victoria.

8. Memberi contoh hal baik kepada anak

8. Memberi contoh hal baik kepada anak
Instagram.com/davidbeckham

Sebelum anak-anak mereka melakukan sesuatu, David dan Victoria Beckham biasanya akan memberikan contoh melakukannya. Lewat tindakan, misalnya menujukan dan menjelaskan bagaimana Papa dan Mamanya bekerja juga penting.

Sebagai ibu bekerja, Victoria juga sempat dilanda rasa bersalah. Namun, ketika mendengar seorang saran dari temannya pemikiran itu pun berubah.

“Sebenarnya, (ibu bekerja) memberikan contoh yang baik terutama kepada anak perempuan bahwa seorang perempuan juga bisa bekerja dan hasilnya bisa bagus,” jelas Victoria.

9. Menunjukkan etos kerja yang baik

9. Menunjukkan etos kerja baik
Instagram.com/davidbeckham

David Bechkam bisa dibilang sebagai salah satu bintang sepak bola paling sukses di dunia. Setelah pensiun, namanya didengar dengan berbagai bisnis yang ia luncurkan.

Begitu pun dengan Victoria Beckham yang punya rumah mode kelas atas di seluruh dunia.

Victoria mengatakan ketika anak-anak melihat orangtua mereka bekerja keras, saat dewasa mereka juga akan melakukan hal sama kepada pekerjaan mereka.

“Mereka tidak akan menjadi anak-anak yang tinggal di rumah dan tidak melakukan apa-apa. Mereka pasti akan bekerja,” tutur Victoria.

10. Mendorong anak untuk berani membuat keputusan sendiri

10. Mendorong anak berani membuat keputusan sendiri
Instagram.com/davidbeckham

Bukan hal asing lagi jika David Beckham adalah seorang atlet yang handal. Namun, ia tak memaksa ketiga putranya untuk menjadi atlet juga.

Sementara itu, Victoria Beckham juga tidak ingin memaksa Harper untuk menyukai mode nantinya. Pasangan ini ingin membiarkan anak mereka tumbuh dan memilih impian mereka masing-masing.

11. Melakukan bonding sebelum tidur

11. Melakukan bonding sebelum tidur
Instagram.com/victoriabeckham

Bagi anak bungsu Victoria dan David, Harper Seven, ada hal menarik yang pasangan ini terapkan sebelum tidur. Victoria menyebut bahwa sebelum tidur menjadi agenda rutin antara Victoria dan Harper untuk bonding secara pribadi.

Waktu ini juga dijadikan Victoria mengajari Harper tentang keragaman di dunia melalui buku cerita. Menurut mama empat ini bahwa momen sebelum tidur adalah hal yang tepat untuk bisa menerapkan pemikiran yang baik kepada anak.

"Dongeng waktu tidur antara mama dan Harper. Kami telah menggunakan waktu ini untuk belajar dan terus mendidik keluarga kami tentang keragaman di dunia," jelas Victoria dari keterangan video yang pernah ia unggah.

Dikutip dari The Telegraph, psikolog anak, Sally Goddard Blythe, dari The Institute for Neuro-Physiological Psychology Amerika Serikat, dongeng memiliki banyak manfaat untuk diajarkan kepada anak-anak.

Misalnya tentang kehidupan, dan akan memberikan pengalaman imajiner yang membentuk kita sepanjang hidup anak ke depan.

"Dongeng penting, bukan karena menunjukkan kepada anak-anak bagaimana kehidupan, tetapi karena mereka memberikan bentuk pada ketakutan dan mimpi yang mendalam tentang kehidupan melalui fantasi. Dongeng memberi anak-anak jalan, melalui cerita yang aman terpisah dari diri mereka sendiri, untuk memahami perasaan yang belum bisa mereka rasakan untuk diri mereka sendiri," jelasnya. 

Itulah tadi gaya parenting Victoria dan David Beckam yang bisa mama dan papa terapkan di rumah sebagai contoh. Puluhan tahun pasangan ini menjadi orangtua dan berhasil mendidik anak-anak mereka menjadi pribadi yang penyayang dan peduli dengan sesama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.