Ketahui Potensi dan Keunikan Anak lewat Aplikasi Permainan di Hp

Kini, orangtua bisa mengetahui keunikan dan bakat anak hanya dengan lewat game di hp

25 Juli 2022

Ketahui Potensi Keunikan Anak lewat Aplikasi Permainan Hp
Freepik/wirestock

Di masa tumbuh kembangnya, setiap orangtua pasti ingin mengetahui keunikan dan potensi yang dimiliki anak sejak dini. Di jaman serba modern seperti sekarang, terdapat banyak metode yang bisa digunakan orangtua untuk mengetahui bakat dan keunikan apa yang dimiliki anak.

Kini, tersedia sebuah tes kognitif dalam bentuk aplikasi permainan di ponsel, bernama Batique. Permainan ini dapat menghasilkan laporan komprehensif yang menunjukkan gambaran keunikan kognitif pemainnya.

Sehingga, memungkinan orangtua untuk lebih mengenal anak berserta potensinya. Dari sini, orangtua pun bisa merancang strategi demi mendukung perkembangan anak dengan menyediakan lingkungan belajar yang sesuai keunikan buah hatinya.

Berikut Popmama.com telah rangkum ulasan selengkapnya khusus untuk Mama.

1. Cukup dengan satu aplikasi saja, orangtua bisa mengetahui keunikan dan potensi anak

1. Cukup satu aplikasi saja, orangtua bisa mengetahui keunikan potensi anak
Dok. Batique

Metode paling umum dan sering digunakan untuk melakukan pendekatan dengan anak ialah saat menghabiskan waktu bersama atau quality time. Namun, cara ini membutuhkan waktu lama serta tenaga untuk mengetahui keunikan dan bakat anak.

Sebagai gantinya, kini Mama bisa mengetahui potensi yang dimiliki anak cukup lewat satu aplikasi permainan saja. Gim AJT Cognitive test ini dibuat khusus untuk mengidentifikasi keunikan kognitif anak usia 5-12 tahun berdasarkan teori Cattell-Horn-Carrol yang telah teruji.

Editors' Pick

2. Dapat membantu orangtua menentukan strategi tepat untuk pembelajaran anak

2. Dapat membantu orangtua menentukan strategi tepat pembelajaran anak
Freepik/pch.vector

Aplikasi ini dikemas dalam bentuk permainan yang dirancang agar anak dapat melewatinya dengan mudah dan menyenangkan.

AJT CogTest diperuntukkan kepada anak dan remaja di Indonesia untuk mengidentifikasi delapan kemampuan kognitif umum dan kognitif spesifik anak berdasarkan Cattell-Horn-Carroll (CHC).

Nantinya, dapat terungkap beberapa kemampuan kognitif anak dengan tujuan agar orangtua dapat mengetahui metode pembelajaran yang tepat.

Selain itu, aplikasinya juga dapat membantu orangtua untuk mengenali kebutuhan belajar anak, mengidentifikasi strategi belajar ang tepat, serta mendeteksi dini hambatan-hambatannya dalam belajar.

3. Bisa diakses lewat hp atau komputer

3. Bisa diakses lewat hp atau komputer
Dok. Batique

Untuk mengetahui potensi atau bakat terpendamnya, anak akan diajak untuk bermain delapan mini games dengan misi berbeda-beda. Game dapat diakes melalui Hp berbasis android maupun ios, atau bisa juga menggunakan laptop.

Selama gadget dan koneksi internet tersedia, aplikasi ini dapat dengan mudah diakses di mana dan kapan saja, sehingga bisa menjangkau anak-anak di lokasi terpencil sekali pun.

Tanpa pertemuan tatap muka, anak dapat mengerjakan secara mandiri dan dianjurkan dilakukan di tempat kondusif.

4. Terdapat delapan mini games yang mewakili setiap kemampuan kognitif

4. Terdapat delapan mini games mewakili setiap kemampuan kognitif
Freepik/DCStudio

Delapan mini games yang tersedia di dalam aplikasi mewakili delapan kemampuan kognitif, meliputi:

  1. Comprehensive-Knowledge (Gc)
  2. Short-Term Working Memory (Gwm)
  3. Auditory Processing (Ga)
  4. Retrieval Fluency (Gr)
  5. Processing Speed (Gs)
  6. Learning Efficiency (Gl)
  7. Visual Processing (Gv)
  8. Fluid Reasoning (Gf)

Setiap kontennya dikembangkan melalui tahapan ilmiah dan berdasarkan norma dari anak-anak Indonesia yang telah divalidasi oleh Psikolog dari PT Melintas Cakrawala Indonesia serta pakar dari Universitas Gadjah Mada.

5. Hasil asesmen akan dikirim melalui e-mail dalam jangka waktu 1-2 hari

5. Hasil asesmen akan dikirim melalui e-mail dalam jangka waktu 1-2 hari
Freepik/Jcomp

Usai mendapatkan akses, anak dapat masuk ke batique.id kemudian mengisi diri secara umum. Anak perlu menyelesaikan misi di setiap modul agar dapat mengakses ke modul berikutnya.

Setelah selesai bermain gim, hasil asesmen dapat memberikan gambaran kognitif secara komperhensif sekitar 18-20 halaman yang akan dikirimakan melalui e-mail dalam jangka waktu 1-2 hari.

Jadi bagaimana, Ma? Tertarik mendownload game ini untuk mengetahui keunikan dan potensi dalam diri anak?

Baca juga:

The Latest