TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Rekomendasi Tempat Liburan di Jakarta Barat, Hits dan Kekinian!

Sederet tempat di Jakarta Barat ini bisa dikunjungi untuk mengisi momen liburan sekolah

21 Juni 2022

7 Rekomendasi Tempat Liburan Jakarta Barat, Hits Kekinian
Freepik/Jcomp

Liburan sekolah sudah di depan mata. Meski masih dalam kondisi pandemi, namun pemerintah sudah melonggarkan peraturan. Masyarakat bisa menjalani aktivitas seperti biasa dengan tetap menaati protokol kesehatan yang ada

Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, ternyata tempat di sekitaran rumah juga bisa lho menjadi lokasi ideal untuk mengisi waktu liburan. Nah, bagi Mama yang rumahnya berdaerah di kawasan Jakarta Barat patut senang.

Pasalnya, kawasan Jakarta Barat ternyata memiliki berbagai tempat wisata menarik dan unik yang bisa dikunjungi khususnya di musim liburan, baik bersama anak maupun keluarga besar.

Berikut Popmama.com telah merangkum sejumlah rekomendasi tempat liburan di Jakarta Barat.

1. Acara Lego 90 years of play di Central Park

1. Acara Lego 90 years of play Central Park
Popmama.com/Sania Chandra

Dalam rangka perayaan ulang tahun Lego ke-90, perusahaan mainan asal Denmark ini menggelar acara bertajuk 90 Years of Play di Mal Central Park. Acara berlangsung selama sebulan penuh, tepatnya mulai 17 Juni hingga 17 Juli 2022.

Bagi Mama sedang mencari tempat liburan yang membuat anak bisa bermain sekaligus belajar, maka acara ini menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu liburan.

Tidak hanya menyuguhkan berbagai pajangan lego koleksi khusus, acara tersebut juga diisi dengan beragam aktivitas menarik, mulai dari lomba hingga meet and greet.

Alamat: Letjen S. Parman St No.kav.28, South Tanjung Duren, Grogol petamburan, Jakarta Barat.

2. Jakarta Aquarium & Safari

2. Jakarta Aquarium & Safari
Instagram.com/jakartaaquarium

Tempat liburan di Jakarta Barat yang bisa dikunjungi Mama dan keluarga selanjutnya adalah Jakarta Aquarium & Safari. Lokasinya berada dekat dengan kawasan Mal Central Park.

Jadi, setelah bermain di acara Lego, Mama dan anak bisa nih langsung melipir ke mal sebelah untuk melihat keindahan bawah laut yang disuguhkan.

Tempat ini menyajikan banyak koleksi hewan akuatik dan non-akuatik berjumlah ribuah. Ketika berkunjung, anak tidak hanya bisa memanfaatkannya untuk bersenang-senang saja, tetapi juga ajang untuk belajar mengenai hewan.

Disediakan pula toko cenderamata jika anak ingin membeli aksesori atau oleh-oleh bernuansa bawah laut sebagai kenang-kenangan untuk dibawa pulang.

Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.106, RW.5, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Editors' Picks

3. Museum Macan

3. Museum Macan
Instagram.com/museummacan

Kalau tempat ini cocok banget buat yang suka karya artistik dan unik. Berbagai karya hasil karya tangan seniman dari dalam dan luar negeri dipajang di Museum Macan atau Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara.

Museum ini tercatat sebagai museum institusi pertama yang mempunyai koleksi kontemporer serta modern untuk dipamerkan kepada khalayak umum.

Memiliki luas sekitar 4000 meter, mata pengunjung akan dimanjakan dengan setiap karya yang dipajang. Museum Macan buka setiap hari kecuali Senin mulai pukul 10.00 sampai 16.00 WIB.

Alamat: AKR Tower, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat.

4. Magic Art 3D Museum Jakarta

4. Magic Art 3D Museum Jakarta
Instagram.com/magicartjakarta_kotatua

Jika Mama memiliki anak pencinta seni, tidak ada salahnya untuk mengajak berkunjung ke museum yang menyuguhkan kesenian tiga dimensi, yakni Magic Art 3D Museum Jakarta.

Bertempat di kawasan Kota Tua, museum ini memiliki koleksi sekitar 100 lukisan mural yang merupakan hasil tangan seniman asal Korea dan Indonesia. Beberapa bentuk kesenian lain berkonsep 3 dimensi juga disediakan di sini.

Terdapat beragam tema menarik untuk dijelajahi, seperti  Zona Dinosaurus, Zona Laut, Zona Horror, serta Zona Rutinitas.

Alamat: Gedung Kerta Niaga 1, Unit GF &, Jl. Kali Besar Tim. No.9 3 6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

5. Palm Bay Waterpark

5. Palm Bay Waterpark
Instagram.com/palmbay_waterpark

Sedang mencari tempat berenang dan bermain air di kawasan Jakarta Barat? Mungkin Palm Bay Waterpark bisa dimasukkan ke daftar list lokasi yang bisa dikunjungi di masa liburan.

Taman rekreasi permainan air ini cocok untuk mengisi waktu liburan, karena terdapat beberapa wahana menarik yang sangat disukai oleh pengunjung. Terlebih, tampilan perosotannya pun penuh warna, semakin memikat anak-anak untuk bermain di sini.

Alamat: Taman surya 5 Blok PP 1, RT.8/RW.2, Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11830

6. Kota Tua

6. Kota Tua
Instagram.com/kotatuajakarta.id

Kawasan Kota Tua menjadi salah satu tempat wisata paling populer yang ada di Jakarta Barat. Banyak wisatawan dalam dan luar negeri mengunjungi tempat ini untuk merasakan suasana Kota Jakarta di jaman dulu.

Kota Tua menawarkan berbagai macam hiburan dan jajanan yang ramah di kantong. Mama dan keluarga bisa berwisata kuliner, nongkrong di restoran yang tersedia, jajan aksesori, naik sepeda onthel, atau sekadar berfoto-foto di depan bangunan.

Jika ingin datang untuk melakukan wisata edukasi, Mama juga bisa mampir ke Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Sejarah, dan banyak lagi.

Alamat: Jalan Pintu Besar Utara Nomer 27, RT 07/ RW 07, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.

7. Sky rink Jakarta di Mal Taman Anggrek

7. Sky rink Jakarta Mal Taman Anggrek
Instagram.com/skyrink_jakarta

Jika sedang berkunjung ke Mal Taman Anggrek, salah satu aktivitas seru yang perlu dicoba adalah bermain ice skating. Cukup membawa diri, karena fasilitas sepatu, sarung tangan, kaus kaki, dan loker telah disediakan di tempat ini.

Terletak di lantai 3 Mal Taman Anggrek, Mama dan anak dijamin tidak akan mudah bosan karena arenanya mempunyai luas mencapai 1.248 meter persegi. Ini menjadi salah satu arena ice skating terluas di Asia Tenggara.

Bagi para pemula, bisa memanfaatkan pegangan di tepi arena agar tidak terjatuh, atau bisa juga meminta pelatih untuk membimbing.

Alamat: Mall Taman Anggrek, Lantai 3, RT.12/RW.1, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

Jadi itu dia sejumlah rekomendasi tempat liburan di Jakarta Barat. Tertarik untuk mengunjungi yang mana dahulu, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk