Anak Merengek di Depan Umum? Ini 4 Cara Mengatasinya!

Mengesalkan bukan bila anak merengek di tengah kerumunan? Inilah cara mengatasinya

16 Januari 2020

Anak Merengek Depan Umum Ini 4 Cara Mengatasinya
smartparents.sg

Emosi anak-anak yang masih sangat labil memungkinkan anak untuk mengubah emosinya secara cepat. Bisa saja dari yang tadinya senang dan bahagia berubah menjadi marah dan mengamuk. Maka tak jarang jika Mama membawa anak-anak ke mall atau pasar, mereka suka merengek dan marah di depan umum. Tentunya hal itu membuat malu. 

Jika Mama sangat baru dalam mengasuh anak, pasti sangat sulit untuk mengendalikan kemarahan anak di depan umum. Bila mama melakukan metode yang salah untuk mendisiplinkan anak di depan umum, tentunya itu akan menjadi pengalaman traumatis dan memalukan bagi anak.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Popmama.com merangkum cara efektif mendisiplinkan anak di depan umum.

1. Tetapkan aturan yang jelas sebelum bepergian

1. Tetapkan aturan jelas sebelum bepergian
Vectorstock/dinoZ

Mama tidak harus selalu mendisiplinkan anak di depan umum. Menetapkan aturan dengan konsekuensi yang tepat pada saat di rumah akan sangat membantu mama ketika membawa anak ke tempat umum. 

Duduklah berbicara sebelum meninggalkan rumah. Biarkan anak tahu tentang bagaimana cara berperilaku yang baik dan juga pastikan anak mengetahui bahwa akan ada konsekuensi untuk perilaku buruk yang mereka lakukan. Konsekuensinya seperti, Mama dapat memilih untuk tidak membawanya keluar di lain waktu jika ia memilih untuk berperilaku buruk.

Editors' Picks

2. Berusaha berempati dengan kondisi emosi anak

2. Berusaha berempati kondisi emosi anak
maxpixel.net

Pada usia yang begitu muda, anak-anak dapat dengan mudah merasa malu jika Mama tiba-tiba memarahi mereka. Jadi senakal-nakalnya anak, yang terpenting adalah mempertimbangkan perasaan anak sebelum mendisiplinkannya.

Cara yang tepat untuk mendisiplinkannya adalah memperbaiki perilaku mereka tanpa harus mengkritik mereka. Tujuan utamanya adalah membuat anak tahu bahwa perilakunya tidak benar. Beri tahu anak tentang apa yang mama ingin mereka lakukan.  

Menjadi bijaksana adalah cara yang efektif untuk menyelamatkan anak dan Mama dari rasa malu. Tidak seorang pun boleh terlibat dalam pendisiplinan kecuali orangtua dan anak. Gunakan kata-kata yang meyakinkan seperti "tolong" dan "terima kasih". Hindari menggunakan kata-kata kasar seperti "bodoh" atau "tidak berguna" karena terkesan meremehkan anak dan akan menjadikan anak sebagai seorang pemberontak.

3. Mempertahankan sikap tegas dan kosisten

3. Mempertahankan sikap tegas kosisten
Popsugar.com

Meskipun berempati dengan anak merupakan suatu yang penting, tetapi bertindak tegas juga penting. Setelah mama memberi tahu anak tentang konsekuensi atas perilaku buruk yang mereka lakukan, Mama perlu menindaklanjuti hukuman dan memastikannya segera.  

Memberitahu mereka bahwa mereka salah begitu mama tiba di rumah tidak membawa manfaat karena kemungkinan mereka sudah lupa mengapa mereka dihukum di tempat pertama. Jadi, hukuman juga tidak akan banyak berpengaruh pada mereka.

4. Berusaha tetap menjaga sikap positif

4. Berusaha tetap menjaga sikap positif
Pexels/Just Name

Terkadang perilaku anak bisa membuat frustrasi, tetapi penting untuk tetap tenang. Bersikap positif di sekitar anak-anak dan jangan berbicara kepada anak dengan cara yang negatif. Jika berbicara menggunakan cara yang negatif maka anak akan mengulangi perilaku mereka. Lagipula, jika dimarahi karena mereka mungkin akan memiliki citra buruk tentang Mama sebagai orangtua.  

Ada kalanya Mama akan merasa jengkel dan putus asa terhadap anak dan ini sangat normal. Jika mulai merasa putus asa maka berbicaralah dengan pasangan, dokter anak, anggota keluarga atau sahabat untuk mendapatkan nasihat dan dukungan emosional.

Jadi, lain kali jika anak merengek di depan umum, bersantailah, rangkul, dan ingatlah bahwa pada saat itulah anak belajar tentang konsekuensi kehidupan. Di sisi lain, ingatkan diri Mama bahwa aturan dasar yang ditetapkan harus konsisten dilaksanakan. Mama juga boleh mengajarkan ekspektasi dalam pengasuhan harian mama. Ini akan memastikan bahwa anak menjadi disiplin.

Sekian penjelasan tentang cara mendisiplinkan anak di depan umum. Semoga Mama tidak kebingungan lagi menangani anak yang sering merengek di tempat umum ya. Semangat terus untuk masa depan anak yang lebih baik. Oh ya, coba yuk share pengalaman Mama atau pertanyaan seputar hal ini di Community Channel Popmama.com. Akan ada banyak Mama lain yang bisa membantu memberi masukan, lho. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.