Jangan Khawatir, Ini 5 Cara agar Kucing yang Hilang dapat Ditemukan

Cemas karena kucing kesayangan tidak pulang-pulang? Berikut tips mencarinya, Ma

11 Januari 2022

Jangan Khawatir, Ini 5 Cara agar Kucing Hilang dapat Ditemukan
Pexels/Pixabay

Kehilangan kucing peliharaan memang menyedihkan. Apalagi jika hewan tersebut sudah Mama pelihara sejak lama. Terkadang, kucing akan kembali lagi dalam beberapa hari, tetapi tidak jarang pula hewan berbulu tersebut tidak pernah pulang.

Ada berbagai faktor alasan yang menyebabkan kucing pergi dari rumah. Akan tetapi, secara naluriah biasanya kucing mengikuti rasa keingintahuannya.

Kemungkinan besar hewan yang banyak dimiliki orang itu menemukan sesuatu yang menarik perhatiannya. Misalnya, sedang birahi dan mencari betina, berburu tikus yang memikatnya, atau ketika saat keluar rumah terjadi hal-hal buruk yang menimpa kucing sehingga hewan tersebut tidak kembali ke rumah.

Kalau sudah begitu, Mama pasti khawatir, bukan? Nah, berikut ini telah Popmama.com rangkum 5 cara agar kucing yang hilang dapat ditemukan. Yuk disimak!

1. Cari dengan teliti di rumah dan di sekitar rumah

1. Cari teliti rumah sekitar rumah
Pexels/francesco-ungaro

Ketika Mama tersadar bahwa kucing kesayangan telah hilang atau tidak kembali ke rumah, Mama harus langsung mencarinya.

Pertama-tama, Mama tenang terlebih dahulu, lalu cari dengan teliti di dalam rumah. Mungkin saja, kucing berada di sudut-sudut rumah atau sedang mengumpat di suatu tempat di dalam rumah, tetapi sulit tidak bisa keluar.

Apabila Mama tidak menemukannya di dalam rumah, segeralah mencarinya di sekitar rumah. Mama bisa menelusuri keberadaan kucing di rumah tetangga dan lingkungan sekitar. Bila perlu, cari juga di atap rumah dan cabang pohon.

Berdasarkan studi tahun 2017 dari Missing Animal Response Network (MARN), kemungkinan kucing tidak akan pergi lebih dari 50 meter dari rumah. Biasanya, kucing yang baru saja keluar dari rumah kemungkinan besar perginya belum terlalu jauh. Semakin lama waktu berlalu, kucing akan semakin pergi jauh dari rumah.

Editors' Picks

2. Perluas wilayah pencarian kucing

2. Perluas wilayah pencarian kucing
Pexels/janzakelj

Jika kucing belum ditemukan, cobalah cari kucing di wilayah atau area yang lebih jauh. Sama seperti manusia, kucing juga bisa berjalan jauh.

Sebagian kucing memiliki keinginan bersosialisasi yang tinggi. Jadi, bisa saja kucing kesayangan Mama sedang mengunjungi "teman-temannya" di luar rumah atau di tempat lain.

 Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk memperluas wilayah pencarian.

3. Cari saat malam hari

3. Cari saat malam hari
Pexels/wildlittlethingsphoto

Waktu terbaik untuk mencari kucing adalah di malam hari. Kucing merupakan hewan yang aktif di malam hari.

Kucing bukan hewan yang mengeluarkan suara keras ketika bergerak, sehingga saat mencarinya memerlukan suasana yang sepi untuk mendengar suaranya dengan jelas.

Selain itu, Mama juga bisa membawa makanan kesukaan si kucing untuk memancingnya agar dapat segera keluar dari tempat persembunyian.

4. Cari bantuan

4. Cari bantuan
Pexels/sparrow

Agar kucing hilang segera ditemukan, Mama bisa juga meminta bantuan kepada teman atau tetangga saat mencari si kucing. Dengan bantuan tersebut, peluang untuk menemukan kucing menjadi semakin besar.

Jika diperlukan, cobalah untuk menyebarkan informasi kehilangan kucing dengan menggunakan poster/pamflet atau melalui sosial media. Siapa tahu, mereka yang membacanya pernah melihat atau bahkan menemukannya.

5. Segera cari kucing di berbagai tempat

5. Segera cari kucing berbagai tempat
Pexels/catscoming

Apabila kucing masih belum ditemukan, Mama bisa langsung mengunjungi beberapa tempat lainnya, seperti tempat penampungan hewan terdekat.

Bisa jadi kucing Mama dianggap sebagai kucing liar, sehingga ada orang yang mungkin membawanya ke tempat penampungan. Selain itu, bisa juga kucing kesayangan Mama sudah diselamatkan orang lain, tetapi dibawa ke tempat penampungan karena tidak bisa memeliharanya.

Itudia 5 cara agar kucing yang hilang dapat ditemukan dengan cepat. Apabila Mama sudah menemukan kucing kesayangan Mama, jangan mengambilnya dengan cara mengejarnya ya. Cobalah untuk memberikan makanan atau mainan yang kucing sukai agar mau mendekat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.