Pengertian Toleransi, Ciri, Tujuan, dan Manfaatnya

Toleransi harus dijunjung tinggi karena merupakan kunci perdamaian masyarakat Indonesia

30 Maret 2022

Pengertian Toleransi, Ciri, Tujuan, Manfaatnya
Freepik/rawpixel-com

Toleransi merupakan hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Banyaknya perbedaan di Indonesia membuat masyarakat menjunjung tinggi toleransi karena merupakan bentuk saling menghargai. Perbedaan tersebut menyangkut beberapa hal, yakni ras, suku bangsa, budaya, agama, hingga kondisi fisik.

Toleransi juga menjadi kunci perdamaian. Sebab, dengan adanya toleransi konflik dan perpecahan antar individu maupun kelompok tidak akan terjadi. Tidak heran jika toleransi menjadi hal penting guna menjaga keutuhan persaudaraan, tanpa memandang perbedaan.

Lantas, sebenarnya apa sih toleransi itu? Apa ciri-ciri, tujuan, dan manfaatnya ya?

Berikut ini telah Popmama.com rangkum tentang pengertian toleransi, ciri, tujuan, dan manfaatnya bagi kehidupan. Yuk disimak!

1. Apa itu toleransi?

1. Apa itu toleransi
Pexels/gabby-k

Toleransi berasal dari bahasa Latin, yakni "tolerare" yang memiliki arti sabar. Menurut istilah, toleransi merupakan sikap saling menghargai dan menghormati antar sesama manusia. 

Sementara itu, toleransi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sikap atau sifat toleran terhadap orang lain.

Adapun toleransi menurut beberapa ahli, yaitu sebagai berikut.

  • Michael Walzer mengatakan bahwa toleransi adalah keadaan yang harus ada dalam diri masyarakat guna memenuhi tujuan yang ada di dalamnya, salah satunya hidup damai di tengah perbedaan.
  • Menurut Friedrich Heiler, toleransi merupakan sikap yang mengakui bahwa banyaknya agama yang ada di masyarakat adalah sesuatu yang tidak bisa dipungkiri, sehingga setiap pemeluk agama harus mendapat perlakukan yang sama.
  • Toleransi menurut Max Isaac Dimont ialah sikap saling menghargai tindakan orang lain. Dengan begitu, perdamaian akan tercipta selama tidak ada tindakan yang keluar dari batasan norma di masyarakat.

Editors' Picks

2. Ciri-ciri dari sikap toleransi

2. Ciri-ciri dari sikap toleransi
Freepik/Jcomp

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sikap toleransi harus dimiliki oleh setiap orang. Sebab, saat seseorang memiliki yoleransi yang yinggi, seseorang tersebut akan disukai dan tidak akan dicela atau memaksakan kehendaknya sendiri.

Dengan begitu, orang tersebut juga akan dihargai oleh orang lain. Berikut adalah ciri-ciri dari sikap toleransi yang biasa diterapkan.

  1. Menghargai dan menghormati orang lain meskipin berbeda kondisi fisik, suku, ras, dan agama.
  2. Membiarkan orang lain menganut agama sesuai kepercayaannya sendiri.
  3. Memberi kebebasan kepada orang lain.
  4. Tidak memandang perbedaan dalam bersosialiasasi.

3. Tujuan toleransi

3. Tujuan toleransi
Freepik

Toleransi dapat tumbuh dengan kesadaran bahwa segala perbedaan, baik suku, ras, agama, bahasa, dan budaya terjadi akibat beberapa faktor yang memengaruhinya. Tidak terkecuali sejarah maupun latar belakang setiap manusia.

Adapun tujuan toleransi yaitu sebagai berikut.

1. Menyatukan perbedaan

Toleransi diciptakan dengan tujuan agar saling melengkapi dan menyatukan perbedaan. Sebab, perbedaan dapat menyebabkan konflik. Apabila konflik terus berlanjut, akan ada perpecahan, baik individual maupun kelompok.

2. Menghindari atau mencegah perpecahan

Perpecahan dapat membuat masing-masing individu kehilangan banyak hal. Bahkan, merugikan masyarakat dalam melakukan aktivitas. Oleh sebab itu, toleransi memiliki tujuan untuk menghindari atau mencegah perpecahan yang diakibatkan banyaknya perbedaan.

3. Menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat

Toleransi dapat membentuk sikap seseorang untuk menghargai orang lain. Dengan begitu, hubungan dalam bermasyarakat akan terjaga dan tetap harmonis di tengah perbedaan. Hal tersebut juga dapat meminimalisir konflik dan membuat masyarakat menjadi aman, nyaman, dan tentram.

4. Meningkatkan perdamaian
Setiap warga negara bangsa Indonesia diwajibkan memiliki sikap toleransi. Sebab, toleransi dapat mengurangi permasalahan yang muncul di masyarakat, sehingga tidak menimbulkan konflik.

4. Manfaat toleransi bagi kehidupan

4. Manfaat toleransi bagi kehidupan
Freepik/rawpixel-com

Seperti yang telah diketahui, toleransi merupakan suatu elemen penting dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab, toleransi dapat mencegah terjadinya perpecahan dan menciptakan perdamaian bangsa.

Selain itu, toleransi juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat menciptakan masyarakat yang adil. Berikut adalah manfaat toleransi bagi kehidupan bermasyarakat.

  1. Membuka pandangan
  2. Menerima nilai-nilai orang lain
  3. Membangun rasa nasionalisme
  4. Menanamkan rasa persaudaraan
  5. Menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang
  6. Mengurangi sifat egois
  7. Mempermudah proses musyawarah
  8. Menguatkan tali persaudaraan
  9. Menciptakan keharmonisan dan kedamaian
  10. Mendukung kebebasan dan pemenuhuan hak manusia

5. Contoh dari sikap toleransi

5. Contoh dari sikap toleransi
Freepik/rawpixel-com

Dalam bermasyarakat, ada banyak hal-hal sederhana yang dapat dijadikan sebagai contoh dari sikap toleransi. Berikut contoh sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

  1. Toleransi budaya
  2. Toleransi berpolitik
  3. Toleransi beragama
  4. Toleransi sekolah
  5. Toleransi lingkungan keluarga
  6. Toleransi pergaulan
  7. Toleransi bermedia sosial

Itu dia pengertian toleransi, ciri, tujuan, dan manfaatnya bagi kehidupan. Dengan adanya toleransi, kehidupan dalam bermasyarakat akan terasa nyaman dan damai. Bersosialisasi pun menjadi lebih mudah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk