Yuk, Ajak Anak Bermain Bersama untuk Peringati Hari Anak Nasional 2022

Bisa jadi inspirasi permainan di rumah nih, Ma

26 Juli 2022

Yuk, Ajak Anak Bermain Bersama Peringati Hari Anak Nasional 2022
Freepik/jcomp

Peringatan Hari Anak Nasional diselenggarakan pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Peringatan tersebut dilakukan dengan untuk memberikan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Menurut Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984, anak merupakan generasi penerus bangsa, karena itulah anak perlu dibekali dengan hal-hal positif, termasuk keimanan, kepribadian, kecerdasan, dan keterampilan.

Pada tahun 2022 ini, tema peringatan Hari Anak Indonesia adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Tema tersebut sekaligus mengajak kita semua untuk peduli pasca pandemi Covid-19 dan mendukung anak untuk tangguh pasca pandemi.

Akibat pandemi, banyak dampak buruk yang memengaruhi kondisi anak, misalnya kesehatan, pendidikan, perlindungan anak dan cara anak bermain, menurunkan semangat anak, bahkan semangat untuk bermain.

Sebab itu, kita perlu melakukan kerja-kerja aktif yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak agar anak dapat terus semangat dan semakin tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan pasca pandemi Covid-19.

Sebagai brand es krim anak dari Unilever Indonesia, Paddle Pop, turut ikut berpartisipasi dalam acara Peringatan Hari Anak Nasional 2022 yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo.

Acara Peringatan Hari Anak 2022 tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) pada tanggal 23 Juli di Kebun Raya Bogor.

Nah, agar Mama tidak penasaran, berikut telah Popmama.com rangkumkan mengenai permainan apa saja yang bisa dilakukan sebagai peringatan Hari Anak Nasional. Yuk, bermain bersama anak mama!

1. Ajak anak untuk memakai kostum petualang

1. Ajak anak memakai kostum petualang
Freepik/pvproductions

Agar anak semakin tergugah imajinasinya, cobalah untuk bermain bersama dengan memakai kostum petualang di rumah.

Permainan ini dapat dilengkapi dengan kostum yang akan digunakan anak, misalnya topi, baju, dan ransel yang membuat anak merasa seperti petualang.

Editors' Picks

2. Berpetualang di sekitar rumah

2. Berpetualang sekitar rumah
Freepik/jcomp

Selain dengan menggunakan kostum, Mama juga bisa mengajak si Kecil dengan berpetualang di sekitar rumah. Mama bisa mengajak anak untuk mengamati warna-warna yang ada pada benda di sekitar rumah, seperti warna pink, kuning, dan biru.

Pengenalan warna sangat penting dilakukan agar dapat mengenali benda-benda yang ada di sekitarnya dan mengembangkan daya imajinasinya.

Untuk memainkan permainan ini, Mama hanya perlu ajak anak mencari benda yang memiliki warna serupa di dalam atau sekitar rumah. Siapa yang paling cepat menemukan tiga benda berwarna pink, kuning, dan biru akan jadi pemenangnya.

3. Berpetualang di taman

3. Berpetualang taman
Freepik

Ketika anak telah berhasil menemukan benda-benda di rumah, cobalah ajak si Kecil ke lokasi yang berbeda dan lebih luas. Mama bisa mengunjungi taman bermain terdekat dan ajak anak untuk kembali mencari benda berwarna pink, kuning, dan biru yang ada di taman.

Taman bermain dapat membuat si Kecil lebih imajinatif dan kreatif. Sebab, anak tidak hanya bermain satu atau dua hal layaknya berada di rumah, tetapi banyak hal. 

Selain itu, bermain di taman secara perlahan dapat melatih keberaniannya karena si Kecil akan banyak berinteraksi dengan anak-anak yang lainnya dan menemukan berbagai benda dan permainan secara langsung.

4. Tahukah Mama bahwa bermain merupakan salah satu dari 10 hak anak?

4. Tahukah Mama bahwa bermain merupakan salah satu dari 10 hak anak
Freepik/rawpixel.com

Seperti yang diketahui sebelumnya, Hari Anak Nasional merupakan bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. 

Terdapat sepuluh hak anak yang tercantum berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Convention on the Rights of the Child (Konvensi Hak-Hak Anak), di mana salah satunya adalah “Hak untuk Bermain”.

Hal tersebut pun membuktikan kalau bermain sama pentingnya dengan 9 hak lainnya. 

Menurut Mayra Mendez, PhD, LMFT, seorang program coordinator di Providence Saint John’s Child and Family Development Center di Santa Monica, California, menjelaskan bahwa bermain itu penting karena memberikan fondasi utama untuk belajar.

Selain mendukung tumbuh kembang yang sehat dan kemampuan berpikir kritis, bermain juga memampukan anak menggunakan indera mereka dan bereksplorasi dengan rasa ingin tahu yang besar.

Berikut adalah 10 hak anak yang perlu Mama ketahui:

  1. Hak untuk bermain
  2. Hak untuk mendapatkan pendidikan
  3. Hak untuk mendapatkan perlindungan
  4. Hak untuk mendapatkan nama (identitas)
  5. Hak untuk mendapatkan status kebangsaan
  6. Hak untuk mendapatkan makanan
  7. Hak untuk mendapatkan akses kesehatan
  8. Hak untuk mendapatkan rekreasi
  9. Hak untuk mendapatkan kesamaan
  10. Hak untuk mendapatkan peran dalam pembangunan

Itu dia permainan yang bisa dilakukan bersama anak dan keluarga tercinta sebagai wujud peringatan Hari Anak Nasional. Ada banyak hal baik dimulai dari bermain lho, Ma.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk