Fakta Burung Unta: Punya Sayap Tapi Tak Bisa Terbang, Larinya Kencang

Namanya burung unta, tapi kok nggak bisa terbang ya?

14 September 2021

Fakta Burung Unta Pu Sayap Tapi Tak Bisa Terbang, Lari Kencang
Pexels/Ernesto Velazquez

Ketika membahas tentang burung, yang terlintas di pikiran kita mungkin adalah hewan yang kecil dengan kemampuan terbang yang menakjubkan. Terbang tinggi di langit dengan mengepakkan sayap kuatnya.

Tetapi ternyata ada lho jenis burung yang ukurannya besar dan memiliki sayap tapi tidak terbang, namun kemampuan berlarinya sangat kencang, yaitu burung unta.

Yuk simak penjelasan Popmama.com mengenai fakta burung unta yang unik!

1. Mengenal habitat burung unta

1. Mengenal habitat burung unta
Pexels/Markus Distelrath

Burung unta adalah burung yang besar, memiliki sayap dan memiliki bulu seperti burung pada umumnya. Burung ini adalah jenis unggas endemik di Afrika. Namun, berbeda dengan jenis-jenis burung lain yang ukurannya kecil atau sedang, burung unta dapat tumbuh hingga tingginya lebih dari dua meter. 

Habitat asli burung unta adalah di gurun pasir di Afrika.

Burung unta punya nama lain Struthio camelus. Ia merupakan jenis mamalia yang termasuk dalam famili Aves. Karena ukurannya yang sangat besar, maka burung unta jadi tidak bisa terbang.

Editors' Picks

2. Burung unta, hewan pelari cepat yang menakjubkan

2. Burung unta, hewan pelari cepat menakjubkan
Pexels/Guyo Adhi

Yang menakjubkan dari burung unta adalah ia tidak terbang seperti pada umumnya jenis burung. Ia dapat berlari sangat kencang, 65 hingga 70 KM per jam.

Kemampuan berlarinya yang luar biasa bukan tanpa alasan lho. Kecepatan berlarinya bermanfaat untuk menghindari predator yang akan menyerang. Tak heran jika burung unta dianggap sebagai musuh yang tangguh.

3. Dimana burung unta tinggal?

3. Dimana burung unta tinggal
Pexels/Roger Brown

Burung unta dapat ditemukan di berbagai habitat di seluruh wilayah semi-kering Afrika. Setiap spesies punya daerahnya masing-masing.

Misalnya burung unta Afrika Utara dikenal sebagai burung unta utara. Spesies yang lain, seperti Somalia dan Masai, dapat ditemukan di timur Afrika. Sementara itu burung unta Afrika Selatan, seperti namanya, dapat ditemukan di selatan benua Afrika dan merupakan spesies yang terbesar. 

4. Kawanan Burung Unta

4. Kawanan Burung Unta
Pexels/Pixabay

Burung unta adalah jenis hewan yang hidup dalam kelompok. Cara hidup ini disebut dengan kawanan. Mereka hidup dalam kawanan yang berisi sepuluh hingga 12 burung unta. 

Sebagai pemimpin, burung unta jantan bertanggungjawab atas kawanannya. Jangan salah, demi mendapat posisi pemimpin, beberapa burung unta jantan bersaing dan sang pemimpin lah yang mengambil inisiatif membawa kelompok ke depan.

Di sisi lain, seekor burung unta betina yang dominan juga hadir di setiap kelompok. Nantinya burung unta betina dominan ini hanya akan kawin dengan burung unta jantan dominan. Tetapi burung unta jantan dominan bisa kawin dengan burung unta betina yang berbeda-beda.

5. Populasi burung unta mulai langka

5. Populasi burung unta mulai langka
Pexels/Nirav Shah

Sebuah studi terbaru memperkirakan bahwa hanya ada 150.000 burung unta yang tersisa di alam liar di dunia. Jumlah burung unta yang semakin berkurang signifikan disebabkan karena perburuan dan degradasi habitat. Salah satu jenis burung unta yang termasuk dalam daftar hewan yang di ambang kepunahan adalah burung unta Somalia.

Umumnya, seekor burung unta dapat hidup hingga 40-45 tahun, tergantung pada lingkungan di mana ia tinggal. 

Burung unta boleh punya badan yang besar. Tetapi faktanya, ukuran otak burung unta sangat kecil, hanya sebesar kacang, dan tidak memiliki ingatan. 

Itu dia fakta burung unta yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini menambah wawasan seputar kehidupan unik ini, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk