6 Jenis Pisang di Indonesia yang Menarik Diketahui Anak

Apakah kamu sudah pernah mencicipi semua jenis pisang ini?

26 September 2021

6 Jenis Pisang Indonesia Menarik Diketahui Anak
Freepik

Siapa yang tidak tahu buah pisang? Buah yang satu ini umum dikonsumsi di Indonesia sebagai buah segar maupun diolah menjadi camilan yang enak. Pisang goreng, banana bread ... Hmm, nikmat!

Pisang mudah tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Tetapi tahukah kamu, ternyata buah pisang itu punya banyak jenis lho.

Sama warna kulitnya, tetapi bisa jadi jenisnya berbeda. Kali ini Popmama.com akan mengajak kamu berkenalan dengan berbagai jenis pisang yang ada di Indonesia:

1. Pisang cavendish

1. Pisang cavendish
Pexels/Dom J

Pisang cavendish adalah jenis pisang dengan kulit berwarna kuning. Ukuran tiap buahnya cukup panjang, sekitar 14-15 cm. Rasa pisang cavendish ini manis. Daging buah pisang cavendish ini biasanya padat sehingga cukup mengenyangkan meski hanya makan satu buah saja. 

Pisang cavendish dijual ke pasaran saat kulitnya masih berwarna hijau atau kuning pucat. Ketika matang sempurna, pisang cavendish berubah warna menjadi kuning tua dengan bintik-bintik coklat. Pisang cavendish yang terlalu matang bisa diolah untuk membuat roti pisang atau menjadi smoothies.

2. Pisang susu

2. Pisang susu
Freepik/topntp26

Pisang susu adalah jenis pisang yang ukurannya lebih kecil, kira-kira separuh dari ukuran pisang cavendish. Jenis pisang ini kulitnya tipis, berwarna kuning cerah, dan buahnya melengkung.

Pisang susu digemari oleh anak-anak karena rasanya yang gurih dan manis. Tekstur buahnya lembut dan padat, mirip dengan pisang cavendish.

Editors' Picks

3. Pisang raja

3. Pisang raja
Unsplash/Louis Hansel

Untuk kamu pecinta pisang goreng, apakah kamu sudah mengenal jenis pisang yang digunakan? Ya, pisang raja. Pisang ini juga dikenal dengan nama Musa Belle bananas.

Pisang raja sangat populer di Indonesia sebagai bahan pembuatan pisang goreng. Rasanya khas karena sangat manis dan bisa mengeluarkan gula alami yang meleleh saat digoreng. Aromanya pun sangat harum. Pisang ini berukuran sedang, dengan kulit berwarna kuning keoranye-oranyean saat matang, dan kulit buahnya tebal.

4. Pisang kepok

4. Pisang kepok
Pexels/Louis Quintero

Jika kamu sering pergi ke pasar, pasti tidak asing dengan jenis pisang yang satu ini. Pisang kepok bentuknya lebih lebar dan pipih ketimbang jenis-jenis pisang lainnya.

Ada dua jenis pisang kepok di pasaran, yaitu kepok putih dan kuning. Pisang kepok putih daging buahnya keras dan rasanya sepat sehingga lebih banyak diberikan sebagai pakan burung. Sementara pisang kepok kuning daging buahnya sangat lembut dan umumnya diolah terlebih dahulu sebelum dimakan. Pisang kepok enak dikonsumsi dengan cara dikukus terlebih dahulu atau dibuat kolak.

5. Pisang ambon

5. Pisang ambon
Pexels/alleksana

Pisang tak hanya berwarna kuning lho. Kalau kamu sering melihat pisang berwarna hijau yang bisa dimakan langsung, salah satunya adalah pisang ambon. Pisang ini punya daging buah yang lembut, dengan rasa manis sedikit asam. 

Selain enak dimakan langsung, pisang ambon dapat diolah menjadi keripik pisang, roti bolu pisang, dan lain-lain.

6. Pisang klutuk

6. Pisang klutuk
Wikipedia

Pernahkah kamu mendengar jenis pisang yang satu ini? Pisang klutuk atau juga sering disebut dengan pisang batu memiliki banyak sekali biji di dalamnya.

Rasa pisang klutuk cenderung pahit dan tidak bisa dikonsumsi begitu saja seperti jenis-jenis pisang lainnya. Biasanya pisang bernama ilmiah Musa balbisiana ini dijadikan campuran rujak uleg atau rujak cingur. Kebanyakan orang menggunakannya untuk pengobatan, seperti mengatasi wasir, diare, atau pun maag.

Itulah beberapa jenis pisang yang menarik diketahui. Mana saja jenis pisang yang pernah kamu cicipi? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.