Kapan Saatnya Anak Perempuan Memakai Miniset? Ini Jawabannya!

Umur berapa sih seharusnya anak mulai pakai miniset? Cari tahu jawabannya di sini

6 November 2019

Kapan Saat Anak Perempuan Memakai Miniset Ini Jawabannya
pixabay.com

Selamat tinggal masa kanak-kanak. Selamat datang masa remaja! Bagi anak-anak, masa transisi ini merupakan masa yang membingungkan sekaligus menyenangkan. Bakal  terjadi banyak perubahan pada anak Mama, tak terkecuali perubahan fisiknya.

Pada anak perempuan, transisi dari masa kanak-kanak menuju ke remaja ini sangat terlihat jelas pada fisiknya. Salah satunya adalah hormon yang berubah yang membuat payudaranya semakin besar. 

Banyak pertanyaan yang muncul, terutama dari para Sahabat Popmama.com yang baru pertama kali menghadapi momen ini. Kapan sih saatnya anak perempuan memakai miniset? Berikut Popmama.com merangkum serba-serbinya, dilansir dari verywellfamily.com:

Kapan Saatnya Anak Perempuan Memakai Miniset?

Kapan Saat Anak Perempuan Memakai Miniset
Freepik/kristina_igumnova

Saat memasuki masa puber, hormon pertumbuhan anak sedang aktif-aktifnya. Pada anak perempuan, tunas payudara mulai tumbuh. Seringkali hal ini menimbulkan ketidaknyamanan, terutama saat anak tidur tengkurap atau berlari. 

Walaupun tidak sakit, tunas payudara ini mengakibatkan rasa mengganjal serupa benjolan. Jika anak hanya menggunakan kaos dalam saja, ia bisa merasa canggung karena ada tonjolan yang muncul di balik bajunya. Bila anak Mama mulai mengeluhkan tentang ini, sudah saatnya ia menggunakan miniset.

Apa Perbedaan Bra dengan Miniset?

Apa Perbedaan Bra Miniset
Pexels/Pixabay

Miniset dirancang lebih sederhana. Tidak ada fitur-fitur khusus yang dibuat untuk menunjang atau menopang payudara karena memang pada usia 8-13 tahun, umumnya jaringan payudara anak perempuan masih belum berkembang pesat. 

Sedangkan bra dirancang lebih kompleks bagian per bagiannya. Secara umum, bra untuk remaja perempuan yang lebih besar dan perempuan dewasa dibuat dengan busa dan kawat penyangga. Ada yang ditujukan untuk mengangkat payudara agar lebih indah dalam berpakaian, ada pula yang tujuannya digunakan untuk mencegah payudara menjadi kendur.

Editors' Picks

Apa Sih Fungsi Miniset?

Apa Sih Fungsi Miniset
anthropologie.com

Miniset pada dasarnya ditujukan bukan untuk melatih dan membentuk payudara. Pakaian dalam ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kuncup dan puting payudara serta memberikan kamuflase dalam berpakaian. 

Miniset juga merupakan tahapan awal seorang perempuan dalam menyesuaikan diri mengenakan bra yang sesungguhnya. Dengan mengenakan bra, seorang gadis seolah bersiap memulai perjalanan hidup sebagai seorang wanita sesungguhnya. 

Tipe-tipe Miniset yang Dijual di Pasaran

Tipe-tipe Miniset Dijual Pasaran
Pexels.com

Ada banyak jenis miniset yang dijual di pasaran, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi anak Mama. Umumnya, inilah tipe-tipe miniset yang mudah dijumpai di toko-toko pakaian dalam:

  1. Racerback sports bra: Cocok untuk anak perempuan yang suka berolahraga karena lebih ketat digunakan, tetapi lebih nyaman jika anak banyak bergerak
  2. Bralette: Bra kecil yang modelnya feminin, biasanya didominasi renda. Tidak memiliki kait, gesper atau pun kawat sehingga nyaman dikenakan dan bahannya lembut
  3. Kemben atau kamisol atas: Untuk anak perempuan yang kuncup payudaranya masih kecil, kemben atau kamisol atas dapat mengakali tonjolan puting sehingga anak lebih percaya diri dalam berpakaian

Itu dia beberapa hal terkait miniset yang perlu Mama ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dalam mempersiapkan perubahan fisik anak gadis Mama ya!

Baca Juga:


 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!