Probiotik Dapat Membuat Saluran Pencernaan si Kecil Lebih Sehat

Beri si Kecil nutrisi probiotik yuk, Ma

13 September 2019

Probiotik Dapat Membuat Saluran Pencernaan si Kecil Lebih Sehat
pepper.ph

Anak-anak yang sehat memiliki tumbuh kembang yang baik, untuk mendukung perkembang anak saluran pencernaannya harus sehat.

Dengan saluran pencernaan yang sehat nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya dapat diserap secara optimal. Selain itu pencernaan dapat mendukung kesehatan anak karena 80% dari sistem kekebalan tubuh terdapat dalam saluran pencernaan. 

Sejak dini si Kecil harus diajarkan pola makan yang sehat untuk memastikan saluran pencernaan tetap sehat, hal ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti mengajak si Kecil untuk memilih bahan makanan dan memasak makanan sehat di rumah.

Salah satu jenis pangan yang memiliki manfaat baik untuk menyehatkan saluran cerna si Kecil yaitu dengan probiotik. Apa itu probiotik dan apa manfaatnya ya? Kali ini Popmama.com sudah merangkum informasinya, disimak yuk!

1. Apa itu probiotik?

1. Apa itu probiotik
Freepik/Senivpetro

Probiotik adalah salah satu jenis pangan yang memiliki fungsi yang bermanfaat bagi pencernaan, probiotik merupakan bakteri baik salah satunya yaitu lactobacillus reuteri.

Bakteri baik ini mampu membuat metabolisme pencernaan menyerap makanan secara optimal. Dengan adanya probiotik memicu pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

“Probiotik tidak hanya berperan di dalam saluran, tapi juga berperan dalam tumbuh kembang bahkan kebahagiaan anak. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dapat membantu peningkatan jumlah bakteri baik di dalam saluran cerna lebih terjaga, membantu penyerapan gizi dan meningkatkan kekebalan tubuh”, dr. Ryan Carvalho, MD MBA, Associate Prof of Pediatrics.

Editors' Picks

2. Sistem pencernaan yang sehat dapat membuat si Kecil menjadi periang dan aktif

2. Sistem pencernaan sehat dapat membuat si Kecil menjadi periang aktif
Freepik

Pencernaan yang sehat membuat anak tidak rentan terjangkit penyakit pastinya, kesehatan sistem pencernaan dapat membuat si Kecil menjadi periang dan aktif.

Hal ini terkait sistem pencernaan berkaitan langsung dengan otak atau sering disebut gut brain axis. “Pembentukan sistem saluran pencernaan dan otak berasal dari satu sel yang sama” dr Ryan.

Memberikan makanan yang mengandung probiotik dapat mencegah diare pada si Kecil, selain itu probiotik digunakan untuk mencegah beberapa alergi seperti eksim. Namun dalam memberikan makanan yang mengandung probiotik juga tidak boleh berlebihan.

3. Makanan yang bergizi dan mengandung probiotik

3. Makanan bergizi mengandung probiotik
Freepik/Svetlana_cherruty

Pemberian probiotik pada si Kecil dapat ditemui pada beberapa makanan seperti tempe dan susu. Saat si Kecil sudah tidak menghisap ASI ia memerlukan makanan pengganti seperti dari susu dan makanan lainnya.

Mama bisa memberinya tempe dan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi probiotik sehingga si Kecil saluran pencernaannya tetap terjaga.

Selain itu susu juga mudah didapatkan dan dapat dikonsumsi oleh anak setiap hari. “Susu merupakan salah satu sumber gizi penting yang membantu melengkapi kebutuhan gizi harian anak seperti protein, kalsium, dan vitamin D”, ujar dr Ryan.

4. Pribiotik dapat mengatasi diare dan peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan

4. Pribiotik dapat mengatasi diare peradangan terjadi saluran pencernaan
Pixabay/Sbtlneet

Jika anak Mama mengalami diare jangan panik ya, sebab nutrisi probiotik memiliki manfaat untuk mengatasi diare akibat infeksi bakteri.

Selain itu bakteri baik dapat membuat anak yang mempunyai peradangan di dalam saluran cernanya menjadi lebih sehat.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola makan yang sehat ya, supaya si Kecil terbiasa menjaga asupan makanannya sejak dini.

Dengan begitu pencernaan si Kecil akan selalu sehat dan optimal dalam menyerap nutrisi dari makanan yang sehat.

5. Probiotik aman namun tetap ada efek sampingnya bila dikonsumsi dalam dosis tinggi

5. Probiotik aman namun tetap ada efek samping bila dikonsumsi dalam dosis tinggi
Freepik/Prostooleh

Segala sesuatu harus seimbang agar tidak terjadi efek yang berbahaya, sama halnya seperti memberi si Kecil nutrisi makanan yang mengandung probiotik. Mama perlu mengetahui dosis yang pas seperti melihat dalam kemasan susu. Sebab dosis yang berlebihan bisa memicu infeksi pada pencernaan.

Selain itu dapat memperburuk kondisi tubuh yang sistem kekebalannya kurang baik, dan dapat menimbulkan beberapa gangguan seperti perut terasa kembung, diare, atau nyeri di bagian perut.

Untuk itu Mama perlu memerhatikan takaran yang pas, jika ingin memberi nutrisi probiotik pada si Kecil ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.