Temukan 6 Cara Cepat Mengatasi Biang Keringat pada Anak Balita

Si Kecil kepanasan dan muncul biang keringat? Temukan cara cepat mengatasinya!

31 Desember 2020

Temukan 6 Cara Cepat Mengatasi Biang Keringat Anak Balita
Momjunction.com

Mendekati musim liburan, biasanya si Kecil akan menghabiskan waktu berpergian ke luar bersama keluarga. Bagaimana denganmu? 

Pergi berlibur memang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tetapi perlu diingat tetaplah jaga kesehatan tubuh si Kecil selama berada di luar rumah. Salah satunya dari biang keringat yang mungkin timbul pada kulitnya. 

Biang keringat yang terjadi pada kulit si Kecil diakibatkan oleh keringat yang terjebak dibalik kulit. Ini diawali dengan terhambatnya kelenjar keringat sehingga menyebabkan tubuh mengalami inflamasi dan ruam. Selain itu, penggunaan pakaian yang tebal, sinar matahari, dan aktivitas fisik selama berlibur dapat menjadi penyebab terjadinya biang keringat.

Ketika biang keringat mulai muncul pada kulit anak, Mama tidak perlu khawatir.

Cara mengobati gangguan kulit ini cukuplah sederhana dan mudah dilakukan. Mama dapat mengetahui cara-cara cepat mengatasi biang keringat pada kulit anak balita di Popmama.comSimak artikel ini sebaik-baiknya ya, Ma!

1. Mengoleskan lotion pada kulit si Kecil.

1. Mengoleskan lotion kulit si Kecil.
Freepik/Yanadjana

Ketika biang keringat muncul pada kulit si Kecil, salah satu cara cepat untuk mengatasinya ialah dengan memakaikan lotion pada kulitnya. Pemakaian lotion dapat meredakan rasa gatal juga menghilangkan sisik pada kulit. 

Perlu Mama ketahui, sebenarnya lotion tidak dapat sepenuhnya menyembuhkan biang keringat anak. Meskipun begitu, pemakaian lotion dapat mencegah biang keringat si Kecil melebar ke area kulit yang lain.

Pilihlah lotion yang memiliki pH 5.5 karena itu sama dengan tingkat keasaman kulit bayi. Kandungan calamine pada lotion juga sangat direkomendasikan. Calamine sendiri sangat efektif meredakan rasa gatal di kulit akibat biang keringat. 

2. Menjauhkan si Kecil dari sinar matahari

2. Menjauhkan si Kecil dari sinar matahari
Pixabay/thinhvuongvn8088

Sinar matahari diketahui merupakan salah satu penyebab utama munculnya biang keringat pada kulit anak balita. Terlalu banyak terkena sinar matahari memudahkan biang keringat terjadi, apalagi jika anak  memiliki kulit yang sensitif. 

Untuk itu, jika pada kulit si Kecil ditemukan biang keringat, segera jauhkan ia dari tempat yang terkena terik sinar matahari. Sebaiknya tidak membiarkan kulit anak terpapar sinar matahari karena dapat memperparah biang keringatnya. 

Bawalah anak mama te tempat yang teduh untuk berlindung, seperti ke dalam ruangan atau ke tempat yang sejuk. Mama juga mengenakan topi atau payung pada si Kecil agar ia terhindar dari panas matahari. 

Editors' Picks

3. Menghindari udara dan suhu yang panas

3. Menghindari udara suhu panas
babycouture.in

Selain menghindarkan si Kecil dari sinar matahari, Mama juga perlu menjauhkannya dari udara dan suhu yang panas. Sama seperti sinar matahari, keduanya dapat memperburuk kondisi biang keringat pada kulit anak balita. 

Kamu dapat menghindarkan si Kecil dari udara panas dengan cara memindahkannya ke dalam ruangan yang sejuk dan teduh. Lebih baik lagi jika pada ruangan tersebut terdapat kipas angin atau memiliki jendela yang terbuka.  

Cara lainnya ialah dengan melepaskan atau melonggarkan pakaian yang anak mama kenakan. Lalu tempatkan handuk yang dapat menyerap keringat dan lap tubuhnya menggunakan kain atau waslap yang sejuk. 

Pastikan juga anak mama minum cukup air putih agar suhu tubuhnya terkendali dan ia tidak kehilangan cairan tubuh akibat keringat. 

4. Menjaga kulit anak tetap kering

4. Menjaga kulit anak tetap kering
Freepik/Sersobol

Cara cepat lainnya yang dapat Mama lakukan untuk mengatasi biang keringat ialah dengan menjaga kulit anak tetap kering. Ini perlu dilakukan agar keringat tidak menumpuk pada area kulit yang terdapat biang keringat. 

Ketika anak mama berkeringat, keringkan dengan menggunakan handuk atau tisu basah yang lembut. Setelahnya, Mama dapat mengeringkannya kulit anak kembali menggunakan lap ataupun handuk. 

Terkadang, keringat juga dapat timbul akibat baju anak mama yang terlalu ketat dan tebal. Untuk itu, segera ganti baju si Kecil dengan baju yang lebih sejuk agar keringat tidak menyebar.  

5. Gunakan Bedak bayi

5. Gunakan Bedak bayi
bronx.com

Selain menjaga kulit anak dari panas dan keringat, Mama juga dapat memberikan bedak bayi untuk meredakan dan menghindarkan penyebaran biang keringat. 

Bedak bayi sendiri dikenal dapat menjaga kulit anak mama tetap kering dan terhindar dari keringat. Tidak hanya itu, bedak bayi juga membantu mengatasi kulit kemarahan dan iritasi akibat biang keringat. 

Sebelum menggunakan bedak bayi, Mama pastikan terlebih dahulu kulit si Kecil berada dalam kondisi kering. Sebab jika kulitnya basah, pemaikaian bedak malah akan menyumbat pori-pori dan membuat biang keringatnya bertambah parah. 

6. Hindari kebiasaan mengendong

6. Hindari kebiasaan mengendong
Pexels/Đàm Tướng Quân

Anak mama akan sering sekali meminta untuk digendong, apalagi ketika ia berada di luar. Sebenarnya, hal ini perlu dihindari ketika ia mengalami biang keringat. 

Ketika berada di tempat dengan cuaca yang panas, Mama sebaiknya tidak menggendong si Kecil. Mengapa? Dengan digendong, anak akan berhadapan dengan dua sumber panas, yaitu cuaca dan suhu tubuh Mama sendiri. Hal tersebut jelas membuat tubuhnya semakin mudah berkeringat. 

Daripada digendong, ada baiknya Mama membiarkan si Kecil berbaring, merangkak, atau berjalan-jalan sendiri. Posisi ini membuat banyak udara masuk dari sela-sela tubuhnya. 

Dengan mengikuti cara cepat yang telah disampaikan, Mama mengatasi biang keringat pada kulit anak balita dengan mudah. Jagalah juga anak-anak agar tidak menggaruk biang keringatnya karena dapat memperburuk kondisibiang keringatnya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.