7 Cara yang Bisa Papa Lakukan agar Dekat dengan Anak

Kedekatan Papa dan si Kecil bisa terjalin dengan cara yang sederhana, lho

12 November 2020

7 Cara Bisa Papa Lakukan agar Dekat Anak
Unsplash/Kelli McClintock

Biasanya, hubungan anak dengan orangtua identik dengan Mamanya saja. Hal ini karena Mama memiliki waktu yang lebih banyak di rumah sehingga lebih dekat dengan si Kecil. 

Padahal, hubungan anak dengan sosok Papa juga perlu perhatian. Jadi, porsi kedekatan antara kedua orangtua dan anak seimbang. Anak pun dapat mengambil banyak sisi positif baik dari Mama atau Papanya. 

Namun, para Papa mungkin saja kebingungan dalam mencari cara agar anak dapat dekat dengannya. Untuk itu, Popmama.com berikan cara yang dapat dilakukan untuk menjalin kedekatan dengan anak. Yuk, disimak, Pa!

1. Memandikan si Kecil

1. Memandikan si Kecil
Unsplash/Kelli McClintock

Salah satu cara sederhana yang dapat Papa lakukan untuk menjalin hubungan dekat dengan anak, yaitu dengan memandikannya. Papa dapat membantu anak saat mandi pagi atau sore. 

Ajak anak untuk mandi secara menyenangkan. Dengan membawa mainan atau benda kesukaan anak sehingga aktivitas mandi berjalan seru, Pa. 

2. Menyuapi makan anak

2. Menyuapi makan anak
Unsplash/Christin Hermann

Papa juga bisa menjalin kedekatan bersama anak dengan menyuapi si Kecil ketika makan. Anak-anak umur 1–3 tahun biasanya masih sulit untuk makan sendiri. Jadi, Papa bisa membantunya. 

Suapi makanan anak sambil membawa mereka bermain atau menonton acara kegemarannya, Pa. Kegiatan makan anak pun akan terasa lebih menyenangkan dan mereka bisa makan dengan lahap. 

Editors' Picks

3. Membantu ganti popok

3. Membantu ganti popok
Unsplash/Rob Hayman

Di usia balita, anak-anak biasanya masih mengenakan popok atau pampers. Hal ini karena anak masih sulit untuk buang air kecil atau besar sendiri di toilet. 

Papa dapat memanfaatkan waktu saat popok penuh untuk mempererat hubungan dengan buah hati. Aktivitas mengganti popok bisa diselingi dengan obrolan ringan atau nyanyi bersama agar terasa lebih seru bagi anak, Pa. 

4. Meluangkan waktu untuk bercanda bersama

4. Meluangkan waktu bercanda bersama
Unsplash/Bermix Studio

Meskipun Papa mungkin sudah lelah pergi ke luar rumah untuk bekerja, jangan sampai tidak ada waktu berkualitas dengan si Kecil saat di rumah, ya. Usahakan Papa tetap dapat meluangkan waktu untuk bercanda dengan anak.

Adanya humor atau komedi akan menghadirkan canda tawa dan keceriaan dalam diri anak. Papa pun bisa menjadi sosok orangtua yang nyaman. Selain itu, anak biasanya akan lebih santai dan mudah terbuka karena sering bercanda dengan Papa.  

5. Memanfaatkan waktu sebelum tidur untuk bercerita

5. Memanfaatkan waktu sebelum tidur bercerita
Unsplash/Mikael Stenberg

Apabila Papa merupakan orang yang sibuk bekerja sehingga tidak memiliki banyak waktu di rumah. Bisa lho, memanfaatkan jam malam atau sebelum tidur untuk menjalin kedekatan dengan buah hati. 

Papa dapat mengajak si Kecil bercerita tentang apa saja di kamar tidur. Mulai dari kegiatan anak selama seharian di rumah, atau pun sebaliknya. Bercerita dan temanilah anak hingga terlelap. 

Cara ini akan menciptakan rasa nyaman dan aman dalam diri anak. Jadi, anak bisa lebih dekat, terbuka, dan tidak segan untuk menceritakan beragam hal pada Papanya. 

6. Mengajak buah hati bermain bersama

6. Mengajak buah hati bermain bersama
Unsplash/Peter Dhly

Bermain bersama anak merupakan cara yang paling sederhana dan cukup ampuh untuk Papa terapkan untuk menjalin kedekatan. Hal ini karena anak-anak pada hakikatnya memang senang bermain. 

Jadi, dampingilah ketika anak bermain dan manfaatkan waktu sebaik mungkin sehingga Papa dekat dengan si Kecil. Jangan ragu untuk bermain bersama anak, Pa. 

Justru, anak akan merasa senang ketika orangtuanya mau menemani. Apalagi, jika permainan yang dilakukan adalah hal yang disukai anak. Jika ada kesulitan saat bermain, Papa juga bisa sigap membantu anak. 

7. Melakukan ibadah dengan anak

7. Melakukan ibadah anak
Unsplash/G. V.

Salah satu cara lain yang patut Papa coba agar dekat dengan anak, yaitu beribadah bersama. Cobalah untuk mengajak si Kecil berdoa bersama. 

Selain dapat menjalin kedekatan, beribadah bersama juga bisa meningkatkan rasa syukur serta keimanan Papa dan anak. Selingi juga waktu ibadah dengan mengajarkan nilai-nilai keagamaan yang dapat dipelajari buah hati. 

Itulah 7 cara yang dapat Papa terapkan dalam menjalin kedekatan dengan anak. Papa bisa mulai mencobanya di rumah sekarang juga, semoga berhasil ya! 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.