9 Rekomendasi Merek Pasta Gigi yang Aman untuk si Kecil

Dengan formulasi yang aman sehingga tidak berbahaya jika tak sengaja tertelan

19 Juni 2020

9 Rekomendasi Merek Pasta Gigi Aman si Kecil
Unsplash/Shoeib Abolhassani

Mengajari si Kecil untuk rutin menyikat gigi dua kali dalam sehari pada pagi dan malam hari merupakan penting dilakukan. Hal ini karena menyikat gigi dapat membantu menghilangkan bakteri dan plak yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. 

Selain membiasakan anak menjaga kesehatan gigi dan mulut, pemilihan pasta gigi yang tepat juga tak kalah penting, Ma. Pasta gigi yang perlu Mama pilih adalah khusus anak-anak sehingga bahan-bahannya aman bahkan jika tak sengaja tertelan. 

Kemudian, pilih juga pasta gigi anak yang memiliki beragam varian rasa buah kesukaan agar buah hati terasa nyaman saat menyikat giginya.

Untuk menjawab kebingungan Mama, berikut Popmama.com berikan beberapa rekomendasi merek pasta gigi anak-anak yang aman untuk kesehatan mulut si Kecil.

1. Cussons kids toothpaste 3x protection

1. Cussons kids toothpaste 3x protection
Cussonskids.co.id

Pasta gigi Cussons Kids telah diformulasikan oleh ahli perawatan gigi dan mulut anak sehingga aman bagi si Kecil, Ma. Pasta gigi ini dapat membantu memperkuat gigi, menjaga kesehatan gigi, dan nafas yang lebih segar.

Diperkaya dengan kandungan fluoride, kalsium dan xylitol sehingga menghasilkan 3x perlindungan untuk gigi dan mulut anak. Bagi anak dibawah usia 6 tahun, gunakan pasta sebesar biji jagung & dibawah pengawasan orang dewasa. 

Tersedia dalam beragam varian rasa, tetapi tidak disertai dengan gula tambahan. Jadi, pasta gigi ini tetap nyaman dan juga aman, Ma. Selain itu, juga dikemas dalam kemasan bergambar yang menarik. 

2. Dr Browns natural baby toothpaste

2. Dr Browns natural baby toothpaste
Tororo.com

Dr Browns Natural Baby Toothpaste adalah odol/pasta gigi khusus untuk bayi yang bebas flouride sehingga lebih aman apabila tertelan.

Pasta gigi ini juga tidak menggunakan pewarna buatan dan tanpa pengawet. Namun, menggunakan perasa alami dari buah pear dan apel yang disukai si Kecil, Ma. 

Pasta gigi Dr Browns diperuntukkan bagi bayi dari usia 0 sampai anak usia 3 tahun. Jadi, dapat dijadikan pilihan pasta gigi anak Mama dalam mendukung rutinitas sikat gigi secara rutin saat pagi dan malam hari. 

3. Enzim Anak pasta gigi

3. Enzim Anak pasta gigi
Dampudesign.com

Pasta gigi Enzim Anak dibuat tanpa detergen dan mengandung zat-zat baik seperti amiloglucosidase, glucose oxidase dan lactoperoxidase. Kandungan ini dapat bermanfaat dalam mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di mulut. 

Selain itu, Enzim Anak diformulasikan untuk anak-anak dari bahan food grade sehingga ramah bagi lingkungan mulut dan aman bila tertelan, Ma. Dibuat dengan kandungan rasa manis xylitol, Enzim Anak tak merusak gigi.

Mengutip laman resmi Enzim, rasa manis pada pasta gigi ini menggunakan xylitol, pemanis rasa yang dapat mencegah gigi berlubang. Tersedia dalam 4 varian rasa sehingga dapat disesuaikan dengan anak Mama. 

Editors' Picks

4. Jack n Jill natural toothpaste

4. Jack n Jill natural toothpaste
Jackandjillkids.com

Pasta gigi dari Jack n Jill berbentuk gel sehingga memiliki warna yang bening seperti air dan sedikit padat. Sesuai dengan namanya, pasta gigi ini terbuat dari bahan-bahan alami. 

Tidak mengandung SLS, tidak mengandung alergen atau zat pencetus alergi, dan tidak mengandung fluoride sehingga akan tetap aman jika pasta gigi tidak sengaja tertelan, Ma. 

Diperkaya dengan xylitol yang terbukti ampuh melawan pengeroposan gigi pada anak. Selain itu, juga mengandung ekstrak calendula yang memiliki sifat anti bakteri dan juga anti radang. 

5. Kodomo pasta gigi anak

5. Kodomo pasta gigi anak
Klikindomaret.com

Pasta gigi Kodomo mengandung active fluoride yang dapat membantu cegah gigi berlubang pada anak. Selain itu, juga diperkaya dengan xylitol untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi si Kecil. 

Xylitol juga memberikan rasa manis alami buah yang tidak menyebabkan kerusakan gigi, bahkan mampu menghambat pertumbuhan bakteri di mulut sehingga nafas selalu segar.

Pasta gigi ini hadir dengan aroma dan rasa buah-buahan yang segar dan disukai anak sehingga dapat membuat anak senang dan rajin menggosok gigi, Ma. 

6. Little tree organic toothpaste

6. Little tree organic toothpaste
Littletree-naturally.com

Little Tree merupakan merk pasta gigi yang diformulasikan khusus anak-anak. Pasta gigi ini minim busa sehingga lebih nyaman dan kesehatan mulut Si Kecil pun terjaga karena bebas dari bahan pengawet. 

Selain itu, terbuat dari xylitol untuk perawatan mulut yang lebih baik, dan diperkaya ekstrak Blueberry, Vitamin C dan E. Juga bebas flouride dan aman apabila tak sengaja tertelan anak, serta mengandung ekstra kalsium sebagai zat pendukung pertumbuhan dan kekuatan gigi. 

7. Pepsodent kids toothpaste

7. Pepsodent kids toothpaste
Shopee.co.id/daimahubs

Pepsodent kids toothpaste diformulasikan khusus untuk gigi susu anak dan disempurnakan dengan flouride, kalsium, serta rotein dari ekstrak susu dan rasa buah yang disukai anak. 

Pepsodent dapat membantu melindungi dan menjaga gigi susu agar tetap kuat dan sehat, Ma. Selain itu, pasta gigi Pepsodent kids juga dibuat dengan sedikit busa sehingga lebih aman. 

8. Pigeon toothpaste for childern

8. Pigeon toothpaste for childern
Klikindomaret.com

Pasta gigi Pigeon adalah pasta pembersih yang sangat baik untuk gigi anak-anak. Hal ini karena dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan meningkatkan kesehatan gusi anak. 

Pasta gigi ini juga tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) yang menyebabkan busa berlebih sehingga tidak berbahaya bahkan jika tak sengaja tertelan anak saat menyikat gigi. Selain itu, pasta gigi Pigeon juga dapat membantu membersihkan gigi secara efektif, Ma. 

9. Total care junior toothpaste

9. Total care junior toothpaste
Shopee.co.id/jameel_store

Total Care Junior Toothpaste adalah pasta gigi yang secara khusus diformulasikan untuk membantu merawat gigi dan perlindungan kesehatan mulut anak. Pasta gigi ini dapat membersihkan hingga ke sela-sela gigi dan ampuh membunuh kuman/bakteri pada gigi.

Selain itu, produk dari Total Care ini juga cenderung aman untuk si Kecil karena tidak mengandung alkohol dan sudah teruji secara klinis, Ma. 

Itulah 9 rekomendasi merek pasta gigi khusus anak yang aman untuk si Kecil. Semoga dapat bermanfaat bagi Mama dalam membiasakan anak untuk peduli terhadap kesehatan gigi dan mulut. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.