5 Tips Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut si Kecil Sejak Dini

Yuk jaga kesehatan gigi dan mulut si Kecil sebagai investasi di masa depan!

2 Maret 2019

5 Tips Menjaga Kebersihan Gigi Mulut si Kecil Sejak Dini
Pexels/Di Lewis

Banyak Mama bertanya-tanya sebenarnya di usia berapa bulan sih si Kecil mulai tumbuh gigi? Normalnya gigi pertama akan muncul sekitar usia 5 hingga 7 bulan dan bervariasi antar anak tergantung pada jumlah asupan kalsium Mama selama masa kehamilan.

Ciri bayi akan tumbuh gigi yaitu jadi lebih sering memasukkan jari ke mulut disertai dengan tangisan. Air liur bayi juga kemungkinan akan lebih banyak dari biasanya. Tak jarang Mama akan menjumpai si Kecil mengalami demam sekitar 38 derajat selama beberapa hari.

Jika gigi si Kecil sudah tumbuh, Mama harus lebih memperhatikan kesehatan gigi, mulut dan gusinya dengan cara membersihkannya secara rutin. Bagaimana tips menjaga kesehatan gigi dan mulut pada si Kecil? Popmama.com sudah merangkumnya sebagai berikut:

1. Gunakan sikat gigi yang tepat atau kain lap lembut

1. Gunakan sikat gigi tepat atau kain lap lembut
Blogspot/langitberlian

Saat gigi bayi sudah mulai tumbuh, Mama dapat membersihkan gigi dan rongga mulutnya menggunakan sikat gigi kecil khusus anak yang memiliki ujung sikat lembut dan terbuat dari karet lunak.

Mama juga bisa menggunakan kain lap lembut anti bakterial khusus anak yang memiliki desain menarik untuk membersihkan mulut yang banyak tersedia di toko bayi. 

2. Menyikat gigi dengan baik dan benar

2. Menyikat gigi baik benar
Pexels/Henley Design Studio

Mama yang baru pertama kali memiliki anak mungkin sedikit kebingungan mengenai cara menyikat gigi yang benar.

Caranya adalah Mama memangku bayi dengan tangan kiri. Kemudian tangan kanan Mama digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut bayi.

Sikatlah perlahan secara searah dimulai dari bagian atas ke bawah, dan ingat untuk tidak menyikat gigi secara bolak balik karena dapat melukai gusi si Kecil. Jangan lupa untuk membersihkan seluruh sudut dengan baik termasuk gusi dan lidah.

Editors' Picks

3. Jangan lupa bersihkan bagian dalam gigi

3. Jangan lupa bersihkan bagian dalam gigi
Pexels/rawpixel.com

Mama jangan lupa untuk juga membersihkan bagian dalam gigi si Kecil yang berbatasan dengan lidah. Karena bila tidak dibersihkan dengan baik maka sisa makanan yang menempel akan menjadi plak yang sulit dihilangkan. 

4. Mengganti sikat gigi yang rusak

4. Mengganti sikat gigi rusak
Pexels/Pixabay

Berapa lama sebaiknya sikat gigi anak diganti?

Untuk menjaga kebersihannya dan keefektifannya maka Mama dapat mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan atau jika sikat gigi terlihat sudah usang, berubah warna ataupun rusak.

5. Simpan sikat gigi dalam keadaan kering

5. Simpan sikat gigi dalam keadaan kering
Pexels/Joey

Agar sikat gigi tidak mudah rusak dan terjaga kebersihannya maka Mama dapat menyimpannya dalam keadaan kering. Setelah digunakan biarkan mengering kemudian dimasukkan ke dalam wadah sikat dan simpan di tempat sejuk. Dengan begitu sikat gigi akan memiliki umur simpan yang lebih panjang.

Nah itulah 5 tips membersihkan gigi dan mulut si Kecil. Kesehatan gigi, gusi serta rongga mulut sangat penting diperhatikan ya Ma. Gigi yang sehat adalah investasi masa depan yang perlu dijaga.

Baca juga: