Ini Hubungan Kesehatan Saluran Cerna, Otak, dan Emosional Anak

Ternyata ketiganya saling terkait lho Ma

2 Maret 2021

Ini Hubungan Kesehatan Saluran Cerna, Otak, Emosional Anak
Shutterstock/Richy99

Si Kecil yang berada dalam masa pertumbuhan membuat Mama harus banyak belajar. Ada beberapa hal yang menjadi ilmu baru bagi para Mama. Termasuk masalah kecerdasan dan mengontrol emosi anak. 

Ternyata kecerdasan dan emosi si Kecil ada hubungannya dengan saluran cernanya lho. Yuk simak ulasannya yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini!

Editors' Picks

1. Saluran cerna sebagai otak kedua si Kecil

1. Saluran cerna sebagai otak kedua si Kecil
Shutterstock/soo hee kim

Ternyata kesehatan saluran cerna saling terkait dengan kecerdasan otak dan emosi si Kecil lho Ma. Hal itu karena otak dan saluran pencernaan saling terikat melalui ‘Gut Brain Axis’ yang berasal dari sel yang sama. Otak dan saluran pencernaan ini saling berkomunikasi untuk memastikan keduanya berfungsi dengan baik. 

Suasana hati dan perilaku si Kecil dipengaruhi oleh Brain-Gut Axis karena pencernaan mengirim sinyal ke otak untuk mengatur emosi, suasana hati dan perilaku si Kecil.[1] Maka dari itu, dengan terjaganya saluran cerna si Kecil dengan baik dapat berpengaruh pada kecerdasan otak dan emosinya. Kenapa begitu? Karena ternyata saluran cerna bisa dibilang adalah otak kedua pada tubuh manusia. [3] Jadi, keduanya bisa saling mempengaruhi. 

Nggak sampai di situ, mikroorganisme usus terbukti mampu memodulasi perkembangan otak bahkan perilaku anak. Komposisi mikroorganisme usus yang sehat terbukti berhubungan dengan aspek temperamen pada balita.[4] Maka dari itu, penting banget buat Mama untuk menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil agar ia tumbuh cerdas baik otak maupun emosinya.

2. Jaga kesehatan pencernaan si Kecil dengan cara ini Ma

2. Jaga kesehatan pencernaan si Kecil cara ini Ma
Shutterstock/KK Tan

Lantas, bagaimana ya cara terbaik untuk menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil? Popmama paham, setiap Mama pasti ingin yang terbaik untuk pertumbuhan si Kecil. Selain dengan menjaga kebersihan, mencukupi nutrisi dengan makanan bergizi saja sepertinya belum cukup untuk menjamin saluran cerna si Kecil terjaga. 

Itulah pentingnya memenuhi nutrisi si Kecil dengan susu pertumbuhan yang dilengkapi FOS dan GOS seperti Bebelac 3 untuk menjaga kesehatan pencernaan terutama usus si Kecil. Susu pertumbuhan Bebelac 3 dilengkapi dengan FOS GOS 1:9 yang secara klinis terbukti membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik yang menguntungkan pada saluran cerna si Kecil. 

Nggak cuma itu Ma. Bebelac 3 juga dilengkapi dengan Minyak Ikan Omega 3 dan 6, 13 vitamin dan 9 mineral. Kandungan zat besi, iodium, vitamin A dan kalsium dapat membantu tumbuh kembang si Kecil. 

Dengan segala usaha di atas, si Kecil akan memiliki happy brain, happy tummy dan happy heart yang akan memaksimalkan tumbuh kembangnya. Mama siapkan untuk jadi saksi tumbuh kembang si Kecil nanti? (CSC)

--------

[1] Carabotti, Marilia, et al, Annals of gastroenterology: quarterlu publication of Hellenic Society of Gastroenterology 2015; 28(2) : 203.
[2] Carabotti M et al, Annals of gastroenterology: quarterly publication of the Hellenic Society of Gastroenterology 2015; 28(2): 203
[3] Grenham, Sue, et al. "Brain–gut–microbe communication in health and disease." Frontiers in physiology 2011; 2: 94 2. Christian, Lisa M., et al, Brain, behavior, and immunity 2015; 45: 118-127. 3. Kelly, John R.,
et al, Frontiers in neuroscience 2017; 11 : 490.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.