Ini 5 Tanda Si Kecil adalah Anak Hebat, Mama Pasti Bangga!

Kebahagiaan Mama adalah ketika si Kecil tumbuh menjadi anak hebat, setuju?

2 Desember 2019

Ini 5 Tanda Si Kecil adalah Anak Hebat, Mama Pasti Bangga
Shutterstock/Anutr Yossundara

Setiap orangtua pasti mengharapkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Namun nggak jarang kecerdasan hanya diidentikan dengan akademik saja. Padahal pada dasarnya ada dua jenis kecerdasan yang penting untuk dimiliki seorang manusia, yaitu kecerdasan berdasarkan intelegensi (IQ) dan emosi (EQ). Nah, kecerdasan-kecerdasan yang lainnya ini ternyata melibatkan peran besar dari Mama lho. 

Seperti apa ya tanda-tanda yang dapat kita lihat pada si Kecil jika ia memiliki jenis kecerdasan tersebut? Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Si Kecil punya rasa ingin tahu yang tinggi

1. Si Kecil pu rasa ingin tahu tinggi
Shutterstock/Dragon Images

“Ma, anak kupu-kupu lahirnya dari mana?” Mama pernah mendapat pertanyaan semacam ini dari si Kecil? Atau si Kecil sering bertanya tentang banyak hal yang ada di sekitarnya? Eits, jangan sampai hilang kesabaran ya, Ma. Ini merupakan salah satu tanda buah hati Mama memiliki kecerdasan intelegensi yang tinggi lho. Rasa ingin tahunya membuat ia ingin selalu eksplor apapun yang ada di sekitarnya. Semangat menjawab keingintahuannya ya, Ma!

2. Si Kecil punya rasa empati yang tinggi terhadap keadaan sekitar

2. Si Kecil pu rasa empati tinggi terhadap keadaan sekitar

“Ma, kasihan ya kucingnya,” ini adalah salah satu contoh yang paling mudah nih Ma, rasa kasihan yang dimiliki si Kecil merupakan salah satu tanda bahwa si Kecil punya rasa empati yang tinggi terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya. Dengan rasa empati yang tinggi membuatnya lebih peka terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya  ni, Ma. Hal ini juga termasuk tanda si Kecil punya emotional quotient yang tinggi lho.

Editors' Picks

3. Mudah bergaul dengan teman-teman sebayanya

3. Mudah bergaul teman-teman sebayanya
Shutterstock/Dragon Images

Sesekali bisa nih Ma ajak si Kecil playdate dengan teman-teman sebayanya. Dengan melakukan kegiatan ini, Mama bisa melihat bagaimana cara si Kecil dalam bersosialisasi. Jika ia mudah bergaul dan berkomunikasi dengan temannya, ada indikasi ia memiliki spiritual quotient yang tinggi, Ma. Jadi nggak perlu khawatir kan Ma saat harus melepaskan si Kecil di hari pertamanya sekolah?

4. Si Kecil nggak suka memaksakan kehendaknya

4. Si Kecil nggak suka memaksakan kehendaknya
Shutterstock/Dragon Images

Nggak perlu heran kalau si Kecil punya banyak teman ya, Ma. Hal ini biasanya memang karena karakter si Kecil yang membuatnya disenangi teman-temannya. Salah satu karakter yang biasanya paling menonjol pada si Kecil adalah sifatnya yang tidak pernah memaksakan kehendak. Sifat ini juga nggak lepas dari didikan Mama lho.

Kemampuan ini tentunya nggak langsung ada dengan sendirinya atau bawaan dari lahir. Ada peran Mama Hebat yang selalu memberikan dukungan untuk perkembangan si Kecil, baik lewat pola asuh hingga bagaimana Mama memastikan asupan terbaik yang kaya akan nutrisi untuk si Kecil. Soal nutrisi, pastikan Mama berikan asupan yang mendukung perkembangan dengan nutrisi tepat ya.

Ini 5 Tanda Si Kecil adalah Anak Hebat, Mama Pasti Bangga
Popmama/Bebelac

Nah, dalam rangka menyambut Hari Ibu tanggal 22 Desember 2019 nanti, Bebelac ingin memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk Mama Hebat yang tanpa lelah selalu ada di balik hebatnya si Kecil nih. Coba deh kali ini sharing tentang apa sih arti Ibu Hebat menurut, Mama? Dan bagaimana menurut Mama anak hebat itu? Mama bisa menuliskan jawaban Mama di kolom komentar di akun resmi Facebook/Instagram Bebeclub sebelum tanggal 22 Desember 2019, Mama berkesempatan memenangkan hadiah langsung dari Bebelac X Minitoday! Wah, jangan sampai kelewatan ya, Ma. Langsung klik di sini yuk untuk info lebih lanjut!

5. Si Kecil mampu mengekspresikan perasaannya

5. Si Kecil mampu mengekspresikan perasaannya
Shutterstock/Dragon Images

Jangan sepelekan momen saat si Kecil mengungkapkan rasa sedih atau kebahagiaannya ya, Ma. Ini merupakan salah satu cara untuk mendeteksi bagaimana kemampuan si Kecil dalam mengenali emosi yang ia miliki. Semakin baik lagi, jika si Kecil paham bagaimana caranya mengekspresikan emosi yang ia rasakan dan mengolahnya dengan baik lewat lisan maupun tindakan. Mama pasti bisa membimbingnya!

Wah, ternyata banyak ya Ma tanda kecerdasan pada si Kecil. Jadi, nggak hanya jadi juara umum nih Ma, siapa tau kecerdasan si Kecil memang lebih dominan di bidang lainnya. Yang penting jangan pernah lelah untuk mendukung perkembangannya ya, Ma, karena kita Ibu Hebat!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.