5 Daftar Makanan Sehat Ini Bisa Dikonsumsi Anak Autisme

Sebaiknya selalu membuat daftar makanan untuk sang anak

16 September 2019

5 Daftar Makanan Sehat Ini Bisa Dikonsumsi Anak Autisme
Freepik

Autisme adalah gangguan perilaku yang luas seperti gangguan pada komunikasi, interaksi sosial, perilaku motorik, emosi, dan persepsi sensorik yang ada pada anak-anak.

Namun gizi anak dengan sindrom spektrum autisme harus diperhatikan oleh orangtua agar ia mendapatkan nutrisi yang tepat untuk menunjang kegiatan dan penyembuhan secara alami melalui makanan sehat.

Sebaiknya tidak sembarangan memberi makanan pada anak autisme, karena proses penyembuhan penyandang autisme kemungkinan dapat diatasi dengan makanan atau minuman tertentu.

Meski menyajikan menu yang sehat dan aman merupakan sebuah tantangan bagi orangtua, tapi hal itu harus Mama lakukan demi kesehatan sang buah hati.

Berikut ini ada 5 daftar makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk anak autisme. Yuk, cek ulasannya dari Popmama.com :

1. Makanan berkarbohidrat dan bebas gluten

1. Makanan berkarbohidrat bebas gluten
Unplash/Mgg Vitchakorn

Tahukah, Ma? Pada umumnya anak autisme tidak bisa mencerna makanan yang mengandung gluten dengan sempurna.

Untuk anak autisme, gluten tidak bisa dipecah secara sempurna menjadi asam amino tunggal oleh sistem pencernaannya.

Makanan sehat untuk anak autisme yang pertama adalah karbohidrat yang tidak memiliki kandungan gluten.

Mama dapat memberikan mereka makanan karbohidrat yang bebas gluten seperti beras, singkong, ubi, talas, dan jagung.

2. Makanan yang mengandung asam folat dan lemak omega 3

2. Makanan mengandung asam folat lemak omega 3
Qubies.com

Sebagai orangtua yang memiliki anak penyandang autisme, pastinya pola asuh anak akan berbeda dengan pola asuh pada biasanya. Salah satunya pemilihan dan pemberian menu makanannya.

Zat gizi tak kalah penting dalam membantu meningkatkan fokus sang buah hati. Mama dapat memberikan ia makanan yang bisa meningkatkan konsentrasinya seperti asam folat. Di mana asam folat ini dipercaya sebagai salah satu zat gizi yang diperlukan anak dengan autisme.

Sementara untuk menyembuhkan usus, penting untuk makan makanan yang kaya akan sifat anti inflamasi seperti asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan salmon dan sarden.

Tentunya kebutuhan asam lemak essential bagi penyandang autisme lebih besar dibandingkan anak normal.

Editors' Picks

3. Makanan yang mengandung pra-biotik dan probiotik

3. Makanan mengandung pra-biotik probiotik
Pixabay/EliasSch

Pengaturan makanan yang bergizi dapat mendukung kualitas hidup anak penderita autisme. Hal ini akan membuat fungsi organ dan sistem tubuhnya tercukupi akan kebutuhan gizi yang seimbang.

Salah satu makanan lainnya yang menyehatkan dan bisa dikonsumsi oleh para penyandang autisme adalah pra-biotik dan probiotik.

Makanan yang mengandung pra dan probiotik juga bisa mengurangi peradangan usus dan meningkatkan jumlah bakteri usus yang sehat pada anak autisme.

Mama bisa memberikan ia makanan pra-biotik yang ada pada pisang, asparagus dan bawang putih.

Sementara makanan probiotik dapat ditemukan dalam makanan fermentasi seperti yogurt non-susu dan fermentasi minyak ikan cod untuk melindungi saluran pencernaannya.

4. Protein tanpa kandungan kasein

4. Protein tanpa kandungan kasein
Thedailymeal.com

Tentunya makanan menjadi salah satu hal yang dapat mendukung berkurangnya gejala dan meningkatkan kualitas hidup pada anak autisme.

Jika tidak adanya kandungan protein di dalam tubuh sang anak, kemungkinan tulangnya akan menjadi lemah.

Sedangkan makanan yang bisa Mama berikan selanjutnya adalah makanan berprotein tanpa kandungan kasein seperti ice cream dan susu dalam kemasan. Jadi hindarkan kedua makanan tersebut.

Makanan sumber protein nabati tanpa kasein ada pada kacang merah dan kacang kapri. Sedangkan protein hewani ada di daging, ikan segar, daging unggas, telur, udang, dan kerang.

5. Sayuran dan buah-buahan dengan 3-5 porsi per harinya

5. Sayuran buah-buahan 3-5 porsi per harinya
Freepik

Seorang anak autisme juga memiliki fungsi organ yang tidak seperti orang normal pada umumnya. Maka dalam hal memilih makanan untuk penderita autisme maka tidak boleh sembarangan.

Makanan lainnya yang dapat dikonsumsi oleh anak autisme adalah sayuran dan buah buahan.

Jus alami dan smoothies dari buah dan sayur adalah minuman yang lezat untuk menambah nutrisinya.

Contoh sayuran dan buah yang dapat dikonsumsi oleh anak penyandang autisme ada pada bayam, brokoli, buncis, kembang kol, wortel, timun, terong, labu siam, sawi dan tomat.

Sedangkan buah-buahan seperti apel, pepaya, mangga, pisang, jambu, jeruk, semangka bisa Mama berikan untuk sang buah hati dengan 3-5 porsi per hari.

Itulah beberapa daftar makanan sehat untuk anak autisme yang aman dikonsumsi. Vitamin dan mineral yang terbaik adalah dari makanan alami, namun untuk lebih jelasnya Mama bisa berkonsultasi pada dokter anak atau ahli gizi.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!