Ungkap 5 Fakta Mengenai Unyeng-unyeng di Kepala Anak

Semua orang pasti punya unyeng-unyeng di kepalanya

11 September 2019

Ungkap 5 Fakta Mengenai Unyeng-unyeng Kepala Anak
Freepik/Lifeforstock

Apakah Mama penah mendengar istilah unyeng-unyeng?

Ya, unyeng-unyeng itu adalah pusaran di rambut kepala seseorang. Sebagai orangtua, tentunya Mama pernah memerhatikan secara detail bentuk rambut si Kecil bukan?

Pasti Mama pernah mendapati unyeng-unyeng di kepalanya, yaitu ada sebuah titik rambut tumbuh secara melingkar.

Sementara unyeng-unyeng atau hair whorl menyimpan beberapa kepercayaan masyarakat yang sudah diyakininya sekian lama.

Nah, dalam kesempatan kali ini Popmama.com akan membahas 5 fakta mengenai unyeng-unyeng di kepala anak. Berikut pemaparannya:

1. Bentuk unyeng-unyeng di setiap kepala anak beragam jenisnya

1. Bentuk unyeng-unyeng setiap kepala anak beragam jenisnya
Freepik/Prostooleh

Tahukah, Ma? Sebenarnya bentuk unyeng-unyeng di setiap kepala anak beragam jenisnya. Jika diperhatikan, ternyata bentuk unyeng-unyeng seperti berputar searah dengan jarum jam atau malah berlawanan.

Selain itu, keberadaannya juga bisa ditemukan dua atau bahkan tiga buah di rambut kepala anak-anak. Banyak yang percaya, jika anak yang pusar rambutnya mengikuti arah jarum jam maka akan menggunakan tangan kanan dalam berbagai aktivitas. Namun sebaliknya, anak yang memilki unyeng-unyeng berlawanan arah jarum jam kemungkinan ia kidal.

Dilansir dari Lifetickler.com, bahwa hair whorl adalah bagian rambut yang tumbuh berlawanan dengan arah helai rambut lainnya. Ada bagian rambut terlihat menonjol keluar atau gerakan rambut yang tidak biasa.

2. Unyeng-unyeng sudah ada sejak anak lahir

2. Unyeng-unyeng sudah ada sejak anak lahir
Freepik/freestockcenter

Fakta selanjutnya mengenai unyeng-unyeng adalah keberadaannya sudah ada sejak anak lahir.

Selain itu, kebanyakan orang menganggap unyeng-unyeng hanya gangguan berupa gumpalan rambut yang tumbuh dari arah berbeda dari pertumbuhan rambut lainnya.

Sementara untuk anak yang memiliki rambut panjang, hair whorl sulit diketahui di mana letaknya. Jika pun terlihat, unyeng-unyeng sulit dihilangkan. Keberadaanya hanya bisa hilang dengan melakukan waxing, elektrolisis atau bedah plastik.

Editors' Picks

3. Anak yang memiliki dua buah unyeng-unyeng dikenal cerdas, benarkah?

3. Anak memiliki dua buah unyeng-unyeng dikenal cerdas, benarkah
health.clevelandclinic.org

Sebenarnya keberadaan hair whorl di kepala anak-anak tidak menganggu penampilannya.

Namun pada kenyatannya, masih banyak mitos yang beredar di masyarakat. Salah satunya jika sang anak memiliki dua buah unyeng-unyeng yang menandakan pada perilaku anak-anak, di mana mengartikan sebuah kenakalan.

Tapi di sisi lain ada juga pernyataan kalau dua buah unyeng-unyeng di kepala mereka dikenal cerdas dan andal dalam melakukan segala sesuatu layaknya seorang leader.

Apakah Mama percaya pada dua hal tersebut?

4. Keberadaan tiga buah unyeng-unyeng diyakini punya pribadi yang ulet

4. Keberadaan tiga buah unyeng-unyeng diyakini pu pribadi ulet
todaysparent.com

Dalam bahasa Jawa unyeng-unyeng berarti pusaran rambut di kepala. Sebagian masyarakat meyakini bahwa unyeng-unyeng merupakan pusat nyawa seseorang. Tentu kepercayaan tersebut tidak ada hal yang membuktikan kebenarannya.

Lalu bagaimana jika anak memiliki tiga unyeng-unyeng?

Ternyata ada pula yang punya sudut pandang berbeda, salah satunya bisa mengindikasikan sesuatu yang buruk pada sang anak. Kemungkinan keberadaannya terdapat perkembangan otak yang tidak normal.

Meski orang dengan tiga unyeng-unyeng sangat jarang ditemui. Tapi ada juga sebagian orang berpandangan kalau keberadaan hair whorl mengartikan bahwa sang anak punya pribadi ulet dan berkemauan keras.

5. Jumlah unyeng-unyeng menentukan karakter seorang anak

5. Jumlah unyeng-unyeng menentukan karakter seorang anak
Freepik/Prostooleh

Banyak orangtua yang masih khawatir dengan keberadaan hair whorl di kepala anaknya. Mereka menganggap unyeng-unyeng memengaruhi kelakuan sang anak. Padahal karakter anak yang di masa kecil bisa berubah seiring dengan proses pendidikan yang ia terima.

Ya, sebenarnya jumlah unyeng-unyeng di kepala seorang anak dengan kenakalannya itu merupakan sesuatu hal yang tidak benar. Sebab hingga kini belum ada riset membuktikan pernyataan tersebut.

Sementara jumlah pusar di kepala dikarenakan faktor genetik dari orangtuanya dan lingkungan tempat ia tumbuh.

Itulah kelima fakta mengenai unyeng-unyeng di kepala anak. Meskipun memang belum jelas fungsi keberadaan unyeng-unyeng, jadi bukan berarti anak punya abnormalitas genetis, fisik ataupun psikologis.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;