5 Gejala Usus Buntu pada Anak-Anak, Cermati dengan Baik Ya!

Si Kecil terlihat lemas dan mengeluh sakit perut? Itu artinya harus waspada.

8 November 2018

5 Gejala Usus Buntu Anak-Anak, Cermati Baik Ya
childrenshospital.org

Usus buntu, pasti Mama pernah mendengarnya. Ma, biasanya usus buntu menempel pada usus besar memiliki panjang sekitar 5 centimeter hingga 10 cm, disebut dengan usus buntu karea bagian ujung usus ini tertutup.

Jika mengalami perdagangan dan pembengkakan, maka penyakit ini disebut dengan istilah appendicitis (radang usus buntu).

Sedangkan penyakit usus buntu sering ditemukan pada orang dewasa, namun kondisi ini juga bisa terjadi pada anak-anak kecil lho.

Sebenarnya penyakit usus buntu ini tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Secara umum, gejala penyakit usus buntu adalah sakit perut.

Sehingga terkadang orangtua tidak menyadari bahwa usus buntu pada anak telah terganggu.

Setelah itu usus buntu biasanya berada dan menjadi menetap sehingga si Kecil merasakan sakit bagian perut yang parah.

Kalau sudah begitu Mama harus waspada akan hal itu.

Nah, sebelum peradangan usus buntu pada anak semakin parah lebih baik simak apa saja gejala usus buntu. Berikut ulasannya Ma:

1. Demam

1. Demam
Peoplecreations / Freepik

Ma, jika anak mengalami demam maka itu artinya ada yang salah dengan tubuhnya ya? Biasanya terjadi demam ringan sampai demam tinggi jika usus buntunya sudah parah.

Dari hal ini Mama harus curiga jika memang anak sering demam dan terjadi lagi, bisa jadi mereka mengalami gejala usus buntu.

2. Sakit perut

2. Sakit perut
thesun.co.uk

Gejala kedua yang bisa Mama pahami untuk mengetahui apakah si Kecil mengalami usus buntu atau tidak adalah anak merasakan sakit perut dimulai dengan rasa sakit di bagian tengah perut yang mungkin hilang timbul.

Dalam beberapa jam, rasa sakit bergerak ke sisi kanan bawah perut Ma. Jika benar anak mengalami usus buntu maka biasanya sakit perut itu akan terasa di bagian perut bawah. Dimana semakin menjadi rasa sakitnya ketika perut ditekan.

Jika anak menangis ketika perutnya ditekan Mama harus waspada bahwa itu gejala usus buntu ya.

Editors' Picks

3. Mual muntah

3. Mual muntah
thenewageparents.com

Gejala kedua yang bisa Mama perhatikan yaitu jika sang anak mengalami mual atau muntah. Jika anak mengalami usus buntu maka perutnya akan terasa nyeri dan tidak nyaman.

Otomatis sistem pencernaannya juga ikut terganggu, namun apabila anak merasa sakit pada bagian perut dan sering mual muntah maka juga harus curiga jika itu adalah tanda- tanda peradangan usus buntu.

4. Hilang nafsu makan

4. Hilang nafsu makan
motherjones.com

Gejala usus buntu pada anak yang bisa Mama pahami selanjutnya yaitu hilangnya nafsu makan pada anak.

Mengalami usus buntu bisa menjadi salah satu penyebab mereka susah makan karena perutnya terasa sakit dan nyeri.

Oleh karna itu tugas Mama ialah harus tanggap dan pandai melihat situasi yang terjadi pada si Kecil.

5. Diare

5. Diare
pottytrainingdaze.com

Ma, saat anak juga mengalami diare pastinya Mama akan merasa sangat khawatir bukan? Mama harus lebih perhatikan jika diare yang anak alami tidak segera sembuh.

Sebab salah satu ciri jika anak-anak mengalami usus buntu adalah mereka akan mengalami diare.

Selama beberapa hari diarenya tidak membaik, maka Mama harus segera memeriksakannya ke dokter. Bisa jadi itu mungkin karena usus buntu yang mereka alami.

Ma, sebaiknya jangan menganggap sepele sakit perut yang terjadi pada anak, karena 5 kondisi tersebut memerlukan penanganan dokter segera.