Ajaib! Lumpuh karena Spina Bifida, Bocah ini Sembuh Berkat Baby Shark

Cacat lahir bisa dibantu untuk disembuhkan dengan berbagai cara, salah satunya terapi musik

7 Mei 2019

Ajaib Lumpuh karena Spina Bifida, Bocah ini Sembuh Berkat Baby Shark
abcactionnews.com

Harper Comparin yang berusia dua tahun dilahirkan dengan kondisi spina bifida yang parah, pergerakannya terhambat. Tetapi gadis mungil itu punya semangat sangat besar untuk sembuh.

Harper telah melakukan serangkaian operasi, tentu saja itu hal yang paling melelahkan bagi anak seusianya.

Tapi seorang dokter di Rumah Sakit Johns Hopkins All Children di St. Petersburg telah berhasil membuat Harper belajar berjalan mengikuti rehabilitas dengan irama dari lagu Baby Shark.

Untuk mengetahui lebih dalam lagi, berikut ulasannya dari Popmama.com :

1. Bagaimana spina bifida terjadi?

1. Bagaimana spina bifida terjadi
Freepik/Pressfoto

Spina bifida itu sendiri adalah cacat lahir yang ditandai dengan terbentuknya celah pada tulang belakang dan saraf tulang belakang bayi.

Kelainan ini dipicu oleh pembentukan saraf tulang belakang yang tidak sempurna sejak bayi berada dalam kandungan.

Spina bifida bisa muncul di bagian mana saja pada tulang belakang jika tabung saraf bayi tidak tertutup sempurna.

Jika proses tabung saraf terbentuk tidak sempurna menjadi tulang belakang, maka cairan otak yang mengelilingi saraf tulang belakangnya dapat mendorong hingga terbentuk kantung yang dapat terlihat di bagian punggung bawah.

2. Bagaimana dokter menangani kasus Harper Comparin?

2. Bagaimana dokter menangani kasus Harper Comparin
southernliving.com

Untuk mengatasi kasus Harper Comparin, dokter dari Rumah Sakit Johns Hopkins All Children di St. Petersburg meminta Harper menjalani rehabilitas dengan cara berbeda.

"Aku membantu mendapatkan kepercayaan Harper kembali setelah dia menjalani beberapa operasi. Aku ingin dia berjalan sesuai irama," kata Schultz dari ABC Action News.

Harper pun dengan senang hati mengikuti irama dari lagu Baby Shark. Meski kondisinya tidak mampu bergerak, tapi tidak menghalangi kemampuannya untuk berjalan dan memiliki banyak gerakan.

Editors' Picks

3. Rangkaian apa saja yang diikuti Harper?

3. Rangkaian apa saja diikuti Harper
Metro.co.uk

Gadis mungil itu mengikuti rangkaian belajar jalan di atas treadmill kecil di ruang rehabilitasi yang dipantau oleh Schultz di sisinya. Mereka mulai berjalan sambil bernyanyi lagu Baby Shark dengan senang gembira.

"Saya ingin dia berjalan sesuai irama itu dan meningkatkan kecepatannya, jalanlah lebih cepat,” kata Schultz.

Lambat laun karena kegigihan Harper maupun sang dokter, akhirnya gadis mungil tersebut mulai mengambil 5, 6, 7 langkah melintasi ruangan.

4. Hasil dari rehabilitas yang Harper ikuti?

4. Hasil dari rehabilitas Harper ikuti
Metro.co.uk

Lagu Baby Shark yang dijadikan irama untuk setiap langkahnya Harper, pada akhirnya membuat Harper memancarkan senyuman manis.

Dengan penuh keyakinan Harper, hasil dari rehabilitas yang dipandu oleh Schultz akhirnya pun memiliki banyak perubahan baik. Harper mulai berjalan, tersenyum dan berbicara lebih banyak dari hari-hari sebelumnya.

"Hal itu membantu Harper mendapatkan kembali kemampuannya," kata Schultz. Lalu sang Dokter melatih motorik Harper menggunakan sebuah mainan.

5. Menilik asal-usul lagu Baby Shark

5. Menilik asal-usul lagu Baby Shark
bbc.co.uk

Lagu Baby Shark telah menjadi fenomena. Bahkan banyak orang yang terhipnotis oleh lagu Baby Shark dan mengunggah video yang berisi aksi joget mereka dengan tagar #BabySharkChallenge.

Sementara lagu Baby Shark pertama kali hadir ketika channel YouTube Pinkfong merilisnya pada bulan November 2015 lalu. Lagu ini pun disajikan secara sederhana dan memiliki lirik yang mudah dihapal oleh anak-anak.

Kepopuleran Pinkfong pun sebagai penyedia lagu anak-anak juga diapresiasi oleh YouTube dengan memberikan penghargaan "YouTube Gold Play Button" setelah perempuan itu berhasil memiliki lebih dari 3,5 juta subscriber.

Itulah ulasan mengenai Harper Comparin yang berhasil melalui spina bifida dengan mengikuti serangkaian operasi dan akhirnya bisa berjalan karena kegigihannya pada proses rehabilitas dengan lagu Baby Shark.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!