5 Pilihan Buah Terbaik untuk Dikonsumsi Anak 1 Tahun

Jangan ragu memberi si Kecil buah alpukat, Ma

16 Juni 2019

5 Pilihan Buah Terbaik Dikonsumsi Anak 1 Tahun
Freepik/wavebreakmedia

Saat si Kecil sudah beranjak usia 1 tahun, selain tetap memberikan ASI atau susu formula Mama juga bisa memberikan mereka buah-buahan maupun sayuran.

Dikutip dari HealthXchange.sg-SingHealth ternyata buah dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, serat dan sumber anti oksidan yang baik untuk anak-anak.

Anak yang rutin mengonsumsi buah sangat bagus bagi kesehatan dan melindunginya terhadap penyakit, baik sekarang maupun di masa depannya.

Untuk mengetahui apa saja buah yang dapat orangtua berikan pada anak usia 1 tahun, simak ulasannya dari Popmama.com berikut ini :

1. Alpukat

1. Alpukat
Freepik/narong27

Pemberian varian makanan anak 1 tahun berperan penting dalam fase tumbuh kembangnya. Untuk mengimbanginya, pastikan Mama memberi makanan yang tepat seperti buah-buahan.

Si Kecil yang menginjak usia satu tahun sudah waktunya diberi buah-buahan seperti alpukat. Buah yang satu ini memiliki lemak baik dan mampu mengembangkan otak anak.

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh dan vitamin E yang memiliki tekstur lembut dan rasa enak, sehingga pas untuk dijadikan sebagai makanan pendamping ASI anak.

2. Jeruk

2. Jeruk
Freepik/spkphotostock

Salah satu cara yang tepat dalam memberikan makanan bernutrisi yakni menyajikan mereka buah-buahan seperti jeruk.

Mengapa jeruk diperbolehkan untuk diberikan kepada balita 1 tahun? Karena tidak semua jeruk rasanya asam, ada juga buah jeruk yang rasanya manis.

Sementara pada buah jeruk terkandung vitamin C yang cukup baik untuk membantu penyerapan zat besi untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dan mencegah anemia pada anak.

Kandungan vitamin C di dalam jeruk bisa meningkatkan sistem imun si Kecil, sehingga mempercepat penyembuhan virus flu dan batuk.

Berikan buah ini dengan cara dihaluskan atau diolah menjadi jus agar anak mudah mengonsumsinya.

Editors' Picks

3. Pepaya

3. Pepaya
Freepik/bowonpat

Sangat penting bagi anak mengonsumsi buah-buahan untuk memenuhi tumbuh kembang mereka secara optimal.

Dilansir dari Wholesome-Baby Food, bahwa pepaya merupakan makanan yang tepat untuk anak balita. 

Nah, bagi balita sangat disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya. Pepaya yang rasanya manis dan lezat ini kaya akan folat, serat, vitamin A, C dan E.

Kandungan serat dan enzim pada pepaya juga sangat bagus untuk pencernaan anak. Potonglah pepaya menjadi dadu kecil atau dalam bentuk jus untuk sang buah hati yang masih berusia 1 tahun.

4. Pisang

4. Pisang
Freepik/Prostooleh

Anak berusia 1 tahun tidak bisa sembarangan diberikan makanan. Pasalnya mereka masih sulit untuk menelan dan mencerna makanan yang sifatnya keras. Buah yang dapat Mama berikan untuk si Kecil yakni pisang.

Sumber makanan yang mengandung kalium, vitamin B6 dan C, kalsium dan zat besi ini bisa dijadikan makanan pendamping ASI terbaik.

Pisang memiliki tekstur yang lembut dan halus, jadi tidak menyulitkan si Kecil untuk memakannya. Pisang akan membantu perutnya terasa lebih baik dan mengatasi sembelit pada anak usia dini.

5. Tomat

5. Tomat
Freepik/maria_sbytova

Menurut Parents, sejak anak usia 1 tahun maka makanan padat akan menggantikan banyak susu dalam makanan si Kecil.

Mama dapat mencoba perkenalkan variasi makanan yang lebih luas pada sang buah hati dengan memberikannya buah tomat. Sementara tomat adalah sumber likopen, pigmen anti oksidan yang membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Jika sedari kecil sudah dijaga kesehatannya, maka penyakit tersebut tidak akan mudah menghampiri sang buah hati.

Mama bisa menyajikan jus tomat untuk si Kecil dengan cara dihaluskan dan ditambahkan gula agar tidak masam rasanya.

Itulah 5 jenis buah yang baik untuk dikonsumsi anak 1 tahun. Mulai dari sekarang cobalah untuk memberi anak dengan makanan sehat dan bergizi seperti buah-buahan yang kaya akan vitamin.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!