Beri Banyak Manfaat, Yuk Ajak Anak Bermain Lego

Tidak hanya menyenangkan, lego bermanfaat bagi perkembangan anak lho, Ma

8 November 2019

Beri Banyak Manfaat, Yuk Ajak Anak Bermain Lego
Lego.com

Pembelajaran dapat didapatkan dari mana saja, termasuk dari permainan. Bahkan bagi anak-anak, belajar sambil bermain terbukti lebih efektif. Tidak heran, banyak sekali permainan edukatif yang diciptakan khusus untuk perkembangan anak.

Nah, salah satu permainan edukatif yang bisa Mama pilih adalah lego. Mama tentunya sudah sangat familiar dengan permainan ini bukan? Bahkan mungkin, Mama juga memainkannya saat masih kecil dulu.

Permainan yang terdiri dari balok-balok ini memang disukai oleh hampir semua anak. Ia memungkinkan anak untuk berimajinasi dan merangkai berbagai macam bentuk, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.

Ternyata, permainan lego tidak hanya menyenangkan tapi juga memiliki segudang manfaat. Tidak percaya? Yuk, simak manfaat bermain lego berikut!

1. Mengenalkan anak pada warna, bentuk, serta hitungan

1. Mengenalkan anak warna, bentuk, serta hitungan
Pixabay/Semevent

Balok-balok pada lego memiliki bentuk, ukuran, serta warna yang berbeda-beda. Otomatis, saat bermain lego anak akan berkenalan dengan macam-macam bentuk, ukuran dan warna.

Selain itu, Mama juga bisa mengajak anak belajar menghitung lingkaran-lingkaran menonjol yang terdapat pada lego lho, Ma.

2. Meningkatkan keterampilan dan koordinasi motorik

2. Meningkatkan keterampilan koordinasi motorik
Pixabay

Ketika merangkai lego, anak harus memilih balok yang tepat dan menempatkannya dengan posisi yang pas. Secara tidak langsung, koordinasi antara tangan dan mata anak pun terlatih.

Selain itu, balok-balok lego membutuhkan tekanan yang pas agar bisa mengait satu sama lain. Proses ini menjadi latihan yang baik bagi tangan anak. Anak dapat mengeksplorasi kekuatan tangan serta jari-jari mereka ketika menyusun balok lego tersebut.

3. Merangsang kreativitas anak

3. Merangsang kreativitas anak
Lego

Permainan lego identik dengan kreativitas. Pasalnya, anak membutuhkan imajinasi ketika membentuk rangkaian-rangkaian tertentu. Otomatis, kreativitas anak pun akan terangsang.

Nah, Mama bisa memicu kreativitas tersebut dengan mengajak anak membuat rangkaian tertentu, seperti istana atau mobil-mobilan. Setelah itu, biarkan anak berkreasi untuk memodifikasi rangkaian tersebut.

Editors' Picks

4. Mendorong anak untuk memecahkan masalah

4. Mendorong anak memecahkan masalah
Pixabay/Sweetlouise

Beberapa rangkaian lego bisa sangat menantang untuk anak-anak lho, Ma. Apalagi jika anak ingin membuat rangkaian dengan bentuk yang kompleks. Namun, biarkan anak melakukannya. Hal tersebut akan melatih kemampuan anak dalam membuat perencanaan.

Selain itu, anak akan belajar memecahkan masalah ketika menemui kesulitan. Ia akan terdorong untuk menganalisis bagian yang salah dan memperbaikinya.

5. Meningkatkan fokus anak

5. Meningkatkan fokus anak
Brickyourself.com

Meski terkadang tidak disadari, merangkai lego menuntut konsentrasi dan fokus anak agar rangkaian berhasil dibuat dengan baik lho, Ma.

Untuk itu, Mama dapat menjadikan lego sebagai latihan jika anak Mama memiliki kesulitan konsentrasi. Latihan ini pun akan menjadi latihan yang menyenangkan bagi anak.

Selain itu, lego juga mengajarkan anak untuk gigih dan tidak mudah menyerah saat menemui kesulitan.

6. Mengembangkan rasa percaya diri

6. Mengembangkan rasa percaya diri
chicagoparent

Manfaat selanjutnya dari permainan lego adalah meningkatkan kepercayaan diri anak. Bagi anak, menyusun rangkaian lego adalah sebuah tantangan. Ketika ia berhasil menyelesaikannya, pasti akan timbul rasa bangga dan percaya diri.

Rasa percaya diri adalah hal yang penting agar anak tidak tumbuh menjadi anak yang pemalu. Hal ini juga dibutuhkan agar anak lebih siap untuk menghadapi tantangan kehidupan nantinya.

7. Meningkatkan kemampuan sosialisasi anak

7. Meningkatkan kemampuan sosialisasi anak
Brick Dave

Lego dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi anak saat dimainkan bersama lho, Ma. Apalagi jika anak ditantang untuk membuat suatu rangkaian secara berkelompok.

Mereka akan terlibat proses komunikasi dengan anak lain untuk menentukan ide atau gagasan. Anak pun akan terdorong untuk bekerja sama dengan anak lainnya. Ia juga mengajarkan anak untuk bersabar dan menunggu giliran bermain.

Untuk itu, ajaklah anak ke tempat bermain lego yang tersedia di tempat umum atau ajak anak bermain bersama teman atau saudaranya.

Itulah manfaat-manfaat yang akan anak dapatkan dari bermain lego.

Ternyata, permainan ini tidak hanya menyenangkan tapi juga baik untuk perkembangan anak ya, Ma. Oleh karena itu, yuk ajak anak bermain lego!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!