Si Buah Hati Bisa Bereksplorasi di Rumah Dengan Lakukan 6 Hal Ini

Lengkapi nutrisinya agar sehat selalu Ma

26 Maret 2020

Si Buah Hati Bisa Bereksplorasi Rumah Lakukan 6 Hal Ini
Shutterstock/topperspix

Mama pasti sudah tahu kalau saat ini dianjurkan untuk melakukan social distance, dimana masyarakat diharuskan berkegiatan di rumah saja. Memang sih nggak mudah untuk melakukan ini, tapi Mama dan keluarga harus mulai mencoba. Bisa jadi ini mampu meningkatkan bonding antara Mama dengan si Buah Hati. Dengan hal ini, Mama tak hanya bisa meningkat bonding dengan si Buah Hati, ia juga bisa tetap bereksplorasi dan terstimulasi tumbuh kembangnya dengan baik, dan dalam pengawasan Mama. 

Coba deh, selagi berkegiatan di rumah, Mama bisa lakukan 6 kegiatan simple ini bareng si Buah Hati agar ia nggak jenuh walau hanya di rumah saja. 6 ide aktivitas dari Nutridods Council Expert, Psikolog Ratih Ibrahim ini bisa membantu stimulasi 5 dimensi tumbuh kembang si Kecil lho Ma. 

1. Bermain mozaik biji-bijian untuk stimulasi motoriknya

1. Bermain mozaik biji-bijian stimulasi motoriknya
Shutterstock/Travelerpix

Untuk permainan ini Mama hanya perlu menyediakan biji-bijian dan pinset. Mama bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, misalnya: kacang hijau, biji jagung, dsb. Ajak si Buah Hati membuat gambar sederhana, misalnya rumah, hewan-hewan, dsb. Lalu beri lem di atas gambar itu. Kemudian minta ia mengisi gambar (semacam mewarnai) dengan biji-bijian yang ada, menggunakan pinset. Dengan menggunakan pinset ini akan melatih motorik halus anak, terutama kekuatan tangan dan jari-jari, keterampilan menggenggam dan kestabilan siku dan lengan si Buah Hati. Selamat mencoba Ma!

2. Bernyanyi bersama untuk stimulasi bahasanya

2. Bernyanyi bersama stimulasi bahasanya
Shutterstock/Ronnachai Palas

Mama bisa mengajak Si Buah Hati mendengarkan dan menyanyikan lagu yang memiliki kata-kata baru dan konsep yang menarik untuknya. Misalnya lagu Head, Shoulders, Knees, and Toes, Balonku, Twinkle Twinkle little Star, lagu ABC dan masih banyak lagi. Usahakan lagu anak-anak saja ya Ma. Dengan melakukan kegiatan ini, Mama bisa mengenalkan anak pada kata-kata dan konsep baru dan bisa melatih keterampilan anak mengaplikasikan bahasa di dalam lagu. Tentunya juga bisa meningkatkan kepercayaan diri Si Buah Hati.

Editors' Picks

3. Membuat konten tutorial video untuk stimulasi bahasa si Buah Hati

3. Membuat konten tutorial video stimulasi bahasa si Buah Hati
Shutterstock/Pond Saksit

Daripada menonton video saja di smartphone, Mama bisa kok mengajak Si Buah Hati untuk membuat konten video tutorial. Ajak Si Buah Hati membuat video atau vlog seru yang kekinian. Mengasah keterampilan. Mama bisa mengajaknya untuk membuat konsep seperti apa yang mereka inginkan. Dengan kegiatan ini, Mama bisa mengasah keterampilan berbahasa anak dalam merangkai kalimat yang lebih kompleks dengan cara yang menyenangkan serta meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri anak. 

Mama juga bisa membuat konten video keseharian si Buah Hati dalam mewarnai atau menyusun puzzle. Cobain deh Ma!

4. Ajak Si Buah Hati masak bersama Mama untuk stimulasi motoriknya

4. Ajak Si Buah Hati masak bersama Mama stimulasi motoriknya
Shutterstock/Nuamfolio

Mama jika sedang masak, jangan lupakan Si Buah Hati ya. Kegiatan masak bisa menjadi kegiatan belajar sambil bermain juga bagi Si Buah Hati. Mama mengajak Si Buah Hati menghias kue sebagai bentuk belajar sambil bermain. Dengan melakukan kegiatan ini, Si Buah Hati bisa berlatih keterampilan motorik halusnya serta meningkatkan kreativitas. Biarkan Si Buah Hati berkreasi dengan hiasan kuenya ya Ma!

5. Playing doctor untuk stimulasi kesehatannya

5. Playing doctor stimulasi kesehatannya
Shutterstock/fizkes

Bermain dokter-dokteran atau playing doctor bisa menjadi metode belajar sambil bermain untuk menstimulasi Si Buah Hati lho Ma. Ajak Si Buah Hati saling bertukar peran dengan Mama ya. Dengan permainan ini, Mama bisa memperkenalkan membiasakan Si Buah Hati mengenai konteks pergi ke dokter. Jadi, saat Si Buah Hati pergi ke dokter, ia nggak akan begitu takut pada sosok dokter dan perawat yang ia temui.

6. Lets exercise biar Si Buah Hati gemar berolahraga untuk stimulasi kesehatan

6. Lets exercise biar Si Buah Hati gemar berolahraga stimulasi kesehatan
Shutterstock/fizkes

Kegiatan ini enaknya dilakukan di pagi hari, bersama-sama keluarga. Mama bisa menggunakan musik kesukaan Si Buah Hati agar ia semakin bersemangat bergerak.Kegiatan seperti ini bisa meningkatkan kesehatan Si Buah Hati melalui gerakan senam sederhana serta embangun kebiasaan baik untuk berolahraga demi menjaga kesehatan.

Menurut Nutritods Council Expert, Ratih Ibrahim, “Semua kegiatan tersebut adalah ide aktivitas menarik yang bisa dilakukan di rumah untuk menstimulasi tumbuh kembang Si Buah Hati di masa toddler dan prasekolah, yakni bermain sambil belajar.” Untuk melihat inspirasi ide aktivitas lainnya untuk si Buah Hati dari Psikolog Ratih Ibrahim, Mama bisa cek di sini ya. 

Tak hanya melakukan kegiatan di atas saja. Mama juga harus pastikan eksplorasi Si Buah Hati tetap terlindungi dengan memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Berikan ia DANCOW dengan Nutritods dengan kandungan probiotik atau bakteri baik Lactobacillus rhamnosus, serat inulin dan 3x vitamin D membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Buah Hati. 

Bakteri baik Lactobacillus rhamnosus yang terkandung dalam DANCOW ini terbukti klinis dapat membantu menurunkan risiko ISPA, seperti flu dan batuk dan menurunkan risiko diare serta meningkatkan daya tahan tubuh Si Buah Hati sehingga tidak mudah sakit. Dilengkapi juga dengan 0 gram sukrosa dan lebih banyak laktosa sebagai sumber energi yang lebih sehat. 

Yuk Ma tetap lindungi Si Buah Hati meski hanya berkegiatan di rumah saja!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.