Cara Mengatur Jadwal Makan, Tidur dan Kegiatan Si Kecil

Yuk Ma, ketahui cara mengatur kegiatan sehari-hari si kecil

19 Maret 2021

Cara Mengatur Jadwal Makan, Tidur Kegiatan Si Kecil
pexels/emma-bauso

Tumbuh kembang anak pada usia dini tergantung dari perilaku sehat yang diterapkan oleh orangtua kepada si kecil.

Agar tumbuh sehat secara fisik dan mental, si kecil memerlukan asupan gizi yang seimbang, pola tidur yang benar, dan kegiatan si kecil lainnya. Untuk itu Mama perlu paham bagaimana cara mengatur pola makan, tidur dan kegiatan si kecil.

Berikut Popmama.com telah merangkum cara bagaimana Mama bisa melakukan pengaturan jadwal makan, tidur dan kegiatan sehari-hari anak di usia balita.

1. Tahap perkembangan motorik pada si kecil

1. Tahap perkembangan motorik si kecil
pexels/pixabay

Tahap perkembangan motorik anak berbeda-beda, Ma. Pada si kecil yang berusia 0-1 tahun, perkembangannya berupa mampu mengangkat kepala, merangkak, berdiri, dapat memasukan benda ke dalam mulut.

Untuk perkembangan anak 1-2 tahun ditandai dengan berjalan, memegang benda, menendang, dan melempar bola.

Sedangkan untuk anak 2-3 tahun perkembangannya berupa memanjat, melompat, berlari, bersepeda roda 3 dan bisa makan sendiri.

Pada webinar yang diselenggarakan oleh Baby Happy, psikolog Saskhya Aulia sebagai pembicara mejabarkan bahwa, kesuksesan perkembangan motorik pada anak bisa Mama lakukan dengan memberikan aktivitas fisik dan interaksi membahagiakan kegiatan anak sehari-hari, Ma.

Editors' Picks

2. Pola Makan

2. Pola Makan
pexels/alexander-dummer

Jadwal makan dan menyusui teratur penting untuk merangsang rasa lapar bagi si kecil yang sudah berumur diatas 3 bulan.

Untuk bayi yang berusia 6 bulan Mama bisa membiasakan makan maksimal hanya 30 menit dan jangan memberikan iming-iming hadiah kepada anak, dalam menghabiskan makanan.

Biasakan anak untuk makan di meja makan, berikan makanan setiap 2-3 jam sekali dengan dijeda air putih.

3. Pola tidur

3. Pola tidur
pexels/andrea-piacquadio

Jadwal tidur yang baik sesuai dengan usia anak penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan kecerdasan intelektual (IQ), pemulihan energi, juga berdampak pada kondisi mental dan emosi anak.

Untuk menentukan pola tidur pada anak, Mama dianjurkan untuk memberikan waktu tidur yang konsisten, jangan lupa untuk memberikan tempat tidur yang bersih dan nyaman untuk si kecil. Selain itu, pastikan anak tidur dakam keadaan kenyang.

Dr.Kanya dalam webinar Baby Happy memberikan tips untuk metode menidurkan si kecil, yaitu dengan memperkenalkan cara menidurkan yang mudah dan tidak menyusahkan di kemudian hari, yaitu dengan menggunakan stroller, ayunan gantung, atau ditepuk-tepuk saja di kasur.

4. Sharing dengan pasangan

4. Sharing pasangan
pexels/andrea-piacquadio

Sebagai orangtua, sudah menjadi tugas bersama untuk memberikan yang terbaik demi menjaga amanah membesarkan anak.

Untuk mengetahui proses tumbuh kembang si kecil, Mama perlu sering-sering saling sharing dengan pasangan mengenai keadaan si kecil agar dapat memberikan solusi yang terbaik dalam tumbuh kembang anak.

5. Orangtua sebagai role model

5. Orangtua sebagai role model
pexels/valeria-ushakova

Anak kerap kali meniru perilaku orangtua selama masa pertumbuhannya. Sebagai role model, untuk memberikan pengaruh dan dampak yang baik bagi anak, Mama dan Papa harus  aktif dalam menemani si kecil.

Selain itu, berikan contoh-contoh baik yang nantinya bisa ditiru si kecil dalam menjalani kehidupannya.

Itulah informasi mengenai pengaturan jadwal makan, tidur, maupun kegiatan sehari-hari anak balita yang bisa Mama dan pasangan terapkan. Semoga informasi diatas dapat membantu Mama dalam menemani tumbuh kembang si kecil ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.