Ini 4 Alasan Kenapa Mama Perlu Rutin Membacakan Dongeng untuk Anak

Yuk tanamkan minat baca pada anak sejak dini, Ma.

16 Juli 2019

Ini 4 Alasan Kenapa Mama Perlu Rutin Membacakan Dongeng Anak
Shutterstock/By Pond's Saksit

Terkejut, sekaligus bangga. Ini biasanya yang Mama rasakan tiap kali melihat kemampuan baru Si Buah Hati. Di masa tumbuh kembang anak ini, terutama di dua tahun pertamanya, merupakan periode emas bagi perkembangan otak dan pertumbuhan fisiknya. Untuk itu, manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya untuk memberikan stimulasi yang tepat. Salah satu kegiatan yang bisa Mama lakukan bersama Si Buah Hati adalah membacakan dongeng untuknya. Apalagi kegiatan ini semakin lama sudah terlupakan diiringi dengan semakin majunya teknologi. Padahal mendongeng untuk anak memiliki beragam manfaat untuk tumbuh kembang Si Buah Hati lho, Ma. Apa saja? Mari simak berikut ini.

1. Merangsang minat baca pada anak

1. Merangsang minat baca anak
Shutterstock/Makistock

Mama memiliki buah hati yang tengah dalam masa tumbuh kembang? Ada baiknya mulai menanamkan minat membaca sejak dini. Salah satu cara menanamkan minat baca pada anak sejak dini adalah dengan membacakan dongeng. Dengan membacakan dongeng sebelum tidur anak perlahan akan tertarik untuk membaca buku. Setelah mendengarkan dongeng, biasanya Si Buah Hati akan tertarik untuk membaca buku dongeng dengan cerita dan tema yang lain. 

Editors' Picks

2. Mengenalkan etika dan budaya Indonesia

2. Mengenalkan etika budaya Indonesia
Shutterstock/Pond's Saksit

Mendongeng untuk anak juga merupakan upaya mengenal budayanya asli Indonesia lho ma. Dongeng yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara ini, punya cerita yang tidak kalah seru dan pesan moral yang baik untuk tumbuh kembang anak, lho. Dengan mendongengkan cerita asli Indonesia bisa menjadi salah satu cara untuk mengajarkan anak nilai-nilai moral yang berasal dari kearifan lokal, sekaligus mengapresiasi kebudayaan Nusantara sejak dini. Dengan kata lain, mendongeng cerita asli Indonesia bisa menjadi cara yang lebih mudah dipahami anak untuk mengenal daerah asalnya dan juga membantunya mengasah karakter positif, dibanding hanya memberikan nasihat. 

Lalu, pesan moral apa saja sih, yang bisa diajarkan kepada Si Buah Hati melalui cerita asli Indonesia? Menurut Dra. Ratih Ibrahim, M.M., seorang Psikolog, beberapa hal yang bisa diajarkan kepada Si Buah Hati melalui mendongeng adalah berani menghadapi tantangan, berpikir logis dan kritis, kreatif dalam memecahkan masalah, tolong menolong, hormat dan santun terhadap orang lain, disiplin, serta mandiri. 

Nah, kegiatan mendongeng bisa dibilang sederhana dan mudah dilakukan kapan saja. Selain itu, aktivitas ini punya peran yang tidak kalah penting untuk tumbuh kembang anak, terutama mengasah kecerdasannya dan membantunya mengembangkan karakter anak Indonesia yang unggul. Yuk, luangkan waktu berkualitas Mama bersama Si Buah Hati dengan membaca dongeng. 

3. Menjalin kedekatan orang tua dan anak

Pastinya orang tua zaman sekarang disibukan dengan berbagai kegiatan padat sehari-hari. Dengan membacakan dongeng untuk Si Buah Hati, Mama bisa mulai membangun hubungan yang lebih erat dengannya. Mendongeng dapat menjadi sarana berkumpul anak dan orang tua setelah seharian disibukkan oleh aktivitas masing-masing. Dengan melakukan kegiatan ini bersama, anak akan merasa lebih disayangi dan diperhatikan oleh orang tuanya. 

4. Menstimulasi anak

Selain nutrisi, stimulasi jadi salah satu kunci untuk optimalkan potensi Si Buah Hati. Hal ini dijelaskan oleh Prof. Dr. dr. Soedjatmiko SpA (K), MSi, pakar tumbuh kembang anak. Menurutnya, stimulasi yang sesuai dengan usia Si Buah Hati menjadi salah satu kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi agar ia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Semua ini bisa diwujudkan dengan mendukungnya bereksplorasi. Dengan cara bermain dan mengenal lingkungan di sekitarnya, Si Buah Hati didorong untuk belajar hal-hal baru yang dibutuhkan untuk mengembangkan potensinya.  

Pastinya, Mama ingin terus berusaha memberikan stimulasi yang tepat untuk Si Buah Hati, kan? Ada nih beberapa aktivitas seru yang bisa Mama lakukan bersama Si Buah Hati, salah satunya ya dengan membaca dongeng ini, Ma.

Dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog, menyarankan agar Mama mengajak Si Buah Hati membaca dongeng untuk mengoptimalkan kecerdasan anak. Ini karena kegiatan mendongeng dapat membantu mengembangkan kemampuan bahasa, cara berpikir logis, daya ingat, imajinasi kreatif, dan juga pembentukan karakter positif. Tentunya, semua hal ini menjadi bekal penting bagi anak untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.   

Membaca dongeng bisa jadi salah satu stimulasi yang seru untuk Si Buah Hati, karena pada dasarnya anak suka menyimak suatu informasi yang disampaikan dengan bercerita (storytelling). Bentuk penyampaiannya bermacam-macam, bisa berupa kata-kata, gambar, foto, suara, atau video.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.