Si Kecil Sulit Diajak Sikat Gigi, Coba Trik Ini, Ma!

Momen awal perkenalan sikat gigi memang yang paling sulit. Tapi tetap bisa disiasati kok, Ma

25 Februari 2019

Si Kecil Sulit Diajak Sikat Gigi, Coba Trik Ini, Ma
labartolina.com.mx

Salah satu perkenalan kebiasaan yang agak panjang adalah rutinitas sikat gigi.

Biasanya kegiatan sikat gigi sudah dimulai dari saat si Kecil mulai tumbuh gigi. Tantangannya adalah bagaimana membuat mereka mau melakukan kegiatan tersebut tanpa drama.

Seperti diketahui, banyak anak-anak merasa risih atau bahkan ketakutan saat diajak sikat gigi. Mungkin kegiatannya yang tidak biasa atau prosesnya yang tidak nyaman membuat mereka menolaknya mentah-mentah.

Dari sanalah, kadang Mama menyerah dan memilih untuk mencobanya esok hari. Sehingga anak tidak rutin sikat gigi dan giginya malah jadi keropos. Jangan sampai begitu ya, Ma.

Berikut trik yang bisa dilakukan Mama agar anak mau sikat gigi dengan rutin:

1. Kenalkan proses menyikat gigi

1. Kenalkan proses menyikat gigi
flickr.com

Proses ini bisa dilakukan jauh sebelum mereka siap untuk sikat gigi. Cara paling mudah adalah membacakan mereka buku mengenai gigi. Banyak sekali buku dengan tema ini, Mama tinggal pilih yang paling cocok untuk si Kecil.

Pastikan untuk rutin membaca buku ini. Sehingga saat kegiatan menyikat gigi, Mama bisa mengingat-ingat potongan buku yang telah dibacakan. Karena anak cenderung senang menjadi bagian dari buku yang telah dibacakannya, jadi perkenalan dengan proses menyikat gigi bisa lebih lancar.

Jika tidak mempan dengan buku, mari coba perkenalkan melalui video. Saat ini sudah banyak video mengenai gigi dan sikat gigi. Tinggal pilih mau yang mana.

Editors' Picks

2. Ajak memilih sikat gigi

2. Ajak memilih sikat gigi
Unsplash/Alex

Lagi-lagi, keterlibatan anak membuat mereka lebih tertarik melakukan sesuatu. Setelah mengetahui proses sikat gigi dengan menyenangkan, mari ajak si Kecil untuk memilih sikat gigi yang ia mau.

Berilah beberapa pilihan, tentunya yang cocok untuk umurnya, pastikan pilihan yang diberikan merupakan sikat sesuai umurnya dan lembut sehingga proses menyikat gigi tidak menyakitkan.

Setelah mereka memilih sikat gigi, mengajak menggosok gigi pun jadi lebih mudah. Dengan cara ini dapat membuat mereka akan senang saat menggunakan sikat tersebut.

3. Pilih pasta gigi dengan rasa favoritnya

3. Pilih pasta gigi rasa favoritnya
Freepik

Setelah mereka memilih sikat gigi, mengajak menggosok gigi pun jadi lebih mudah. Mereka akan senang saat menggunakan sikat tersebut.

Selain memastikan pasta gigi sang buah hati yang aman dari aneka bahan kimia berbahaya, penting juga untuk memilih dengan rasa yang disukai anak. Misal, si Kecil suka dengan buah jeruk, pilihlah yang rasa jeruk. Dengan begitu, akan lebih mudah merayu mereka.

Saat mereka ogah-ogahan diajak sikat gigi, Mama bisa merayu dengan memberikan pasta gigi tersebut. Setidaknya rasa penasaran mereka akan kembali meningkat.

4. Sikat gigi bersama

4. Sikat gigi bersama
Freepik/nensuria


Tentu anak merasa takut atau tidak nyaman jika melakukan kegiatan yang tidak biasa. Namun jika dicontohkan oleh orangtuanya, mereka akan lebih tertarik. Bagaimanapun, orangtua adalah idola pertama mereka.

Jika mereka masih enggan, contohkan bagaimana itu kegiatan menggosok gigi. Di lain waktu, Mama bisa mengajak mereka untuk menyikat gigi bersama.

Tak apa jika mereka ingin menyikat gigi sendiri, sementara Mama juga sedang menyikat gigi. Dengan begitu, Mama juga bisa sekaligus mencontohkan bagaimana cara menyikat dengan benar.

Tapi pastikan juga untuk membantu si kecil menyikat jika dirasa mereka belum bersih menggosok giginya.

5. Berikan reward

5. Berikan reward
Pxhere.com

Memberi reward atau hadiah di sini bisa ditujukan untuk keberanian mereka mencoba hal baru, yaitu menyikat gigi.

Hadiahnya pun pilih saja yang sederhana. Salah satunya adalah memberikan stiker yang bisa dikoleksinya sebagai tanda ia sudah berhasil menyikat gigi dengan baik.

Meski sulit, tapi Mama tidak boleh menyerah dalam mengajarkan kegiatan yang satu ini ya. Agar mereka paham betapa pentingnya rutinitas sikat gigi. Semoga berhasil ya, Ma!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merayu si Kecil agar ia mau menyikat giginya. Yuk Ma, bantu si Kecil untuk terbiasa menyikat gigi sejak dini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk