5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Anak

Intip cara ini jika tak ingin minum obat

13 April 2019

5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Anak
shoutmesidd.com

Musim pancaroba, makanan yang tidak terkontrol dan teman sebaya yang sedang sakit membuat si Kecil lagi-lagi terkena radang tenggorokan. Kasihan ya Ma melihatnya.

Ditambah, mereka jadi sulit makan jika sedang radang tenggorokan. Ingin sekali memberikan mereka obat agar lekas sembuh. Namun untuk Mama yang tidak ingin langsung memberikan obat pada si Kecil, ada beberapa langkah pengobatan alami.

Disusun Popmama.com, inilah 5 cara alami untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak:

1. Berkumur dengan air garam

1. Berkumur air garam
Pxhere

Yang pertama bisa dilakukan saat si Kecil sedang radang tenggorokan adalah berkumur dengan air garam. Hal ini dapat membantu meredakan gejala radang tenggorokan pada anak. 

Tapi, pastikan melakukan kegiatan ini saat anak sudah bisa berkumur. Karena jika tidak, mereka akan menelan air tersebut. 

Untuk membuat air garam, bisa mencampur setengah sendok teh garam ke dalam segelas air. Larutkan, dan kemudian air garam bisa digunakan untuk berkumur.

2. Campuran madu dan lemon

2. Campuran madu lemon
purebread.com

Jika anak Mama sudah berumur lebih dari 18 bulan, bisa mencoba metode ini yaitu campuran madu dan lemon. Masing-masing berbanding 1:1. 

Jika lemon 1 sendok makan, maka porsi madunya juga 1 sendok makan. Buatlah campuran tersebut dan campurkan 1 sendok teh madu lemon ke setengah gelas air hangat. Mama bisa memberikan campuran ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari pada si Kecil.

Lemon sendiri merupakan sumber vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara madu memiliki efek lebih baik untuk meredakan radang tenggorokan dibanding obat batuk. 

Editors' Picks

3. Minum air jahe 

3. Minum air jahe 
Pexels/Pixabay

Memang agak pedas, namun rempah yang satu ini mengandung anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa membantu meredakan nyeri tenggorokan. Sebuah penelitian menyebutkan, jahe mampu membunuh bakteri juga. 

Jika dirasa terlalu pedas, Mama bisa menambahkan jahe pada campuran madu lemon di atas ya. 

4. Atasi dengan yoghurt

4. Atasi yoghurt
Pexel/Life of Pix

Produk turunan susu ini memiliki banyak bakteri baik. Sehingga dengan menambahkan bakteri baik ke dalam tubuh, bisa membantu proses penyembuhan penyakit si Kecil. 

Pastikan untuk memberikan yoghurt yang dengan sedikit atau tanpa pemanis. Untuk rasa manis bisa ditambahkan dari buah segar seperti blackberry, strawberry, kiwi dan sejenisnya. 

Untuk hasil yang maksimal, usahakan untuk tidak memberikan makanan lain setelah mengkonsumsi yoghurt setidaknya selama 30 menit. Ini berguna untuk membantu bakteri baik bekerja lebih maksimal untuk menghilangkan bakteri di tenggorokannya.

5. Bawang bombay dan putih

5. Bawang bombay putih
Pixabay/congerdesign

Jika si Kecil sedang sakit, berikan sup bawang yang lezat, Ma. Selain mudah dicerna, sup dengan banyak kandungan bawang bombay dan bawang putih bisa membantu penyembuhan radang tenggorokannya. 

Bawang bombay memiliki kandungan alami anti bakteri dan antiseptik. Sedangkan bawang putih memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membantu penyembuhan. 

Jika mereka tidak terlalu suka tekstur bawang, Mama bisa membuat krim sup dengan bawang yang dihaluskan. Pastikan untuk banyak memasukkan krim, keju, dan bahan makanan lain agar makanan terasa lezat ya Ma. 

Semoga si Kecil lekas sembuh!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!