5 Cara Sederhana Quality Time Bersama Balita Mama

Sesederhana menaruh ponsel di meja, Ma

29 April 2019

5 Cara Sederhana Quality Time Bersama Balita Mama
drolesdemums.com

Si Kecil mulai beranjak besar, makin banyak kemampuannya, ia pun jadi makin mandiri. Namun bukan berarti mereka tidak butuh keberadaan Mama. 

Karena bagaimanapun, mereka tetap butuh perhatian kasih sayang Mama. Quality time atau menghabiskan waktu yang berkualitas bersama si Kecil sangat penting baik untuk perkembangan mental dan perasaannya.

Dengan menyisihkan waktu untuk si Kecil, mereka merasa dihargai dan disayangi. Nah, tak sulit kok, Ma, jika ingin menghabiskan quality time yang sederhana bersama si Kecil. Disusun Popmama.com, inilah 5 cara sederhana untuk quality time bersama buah hati:

1. Singkirkan ponsel

1. Singkirkan ponsel
Freepik/prostooleh

Jangankan anak kecil, orang dewasa juga akan tidak suka jika lawan bicaranya sibuk dengan ponsel. Jadi, satu langkah paling mudah untuk menciptakan quality time bersama buah hati adalah menyingkirkan ponsel.

Habiskan waktu bersama, tanpa ada ponsel di antara Mama dan si Kecil. Taruh ponsel di meja atau tempat aman lainnya dan curahkan perhatian seluruhnya untuk buah hati.

Dengan begitu, bonding akan terbentuk dan si Kecil pun akan makin menyayangi Mama. Jangan heran jika setelah quality time ini, ia akan jadi lebih mudah diberi tahu dan lebih penurut. 

2. Dengarkan dan tatap matanya

2. Dengarkan tatap matanya
Freepik/prostooleh

Saat ia mengeluh, sedih, atau sedang senang, pernahkah Mama benar-benar mendengarkan mereka? Mungkin ada beberapa waktu saat Mama terlalu sibuk sehingga tak benar-benar peduli dengan apa yang sedang mereka keluhkan. 

Salah satu quality time sederhana dan singkat namun sangat bermakna adalah memberi waktu untuk mendengarkan dan menatap matanya. Baik itu saat ia sedang sedih atau sedang senang. 

Dengan begitu, lagi-lagi anak akan merasa disayang dan dicinta oleh orang yang paling penting dalam hidup mereka. 

Editors' Picks

3. Tertawa bersama

3. Tertawa bersama
Pixabay.com/5712495

Quality time tidak melulu tentang pergi ke suatu tempat dan membiarkan mereka main dengan sepuasnya. Namun satu hal sederhana yang bisa Mama lakukan bersama si Kecil yaitu tertawa bersama. 

Banyak hal lucu dan menarik yang bisa membuat Mama dan si Kecil benar-benar tertawa lepas. Baik itu bercanda, menonton film lucu, membaca buku lucu, dan aneka hal menarik lainnya.

Meski tingkat kelucuan anak pastinya berbeda dengan Mama, namun turunkanlah standar dan turut tertawa dari hati bersama mereka. Dari sana, lihatlah sendiri betapa besar efek bonding yang akan terbentuk antara Mama dan buah hati.

4. Membacakan buku

4. Membacakan buku
Freepik

Kegiatan bersama yang sederhana untuk quality time adalah membacakan buku. Mama bisa membacakannya buku. Tak meski berjam-jam, 30 menit pun sudah berkualitas. Asal lakukan dengan sepenuh hati.

Jika Mama merasa tak punya waktu sepanjang hari, bisa memilih untuk membacakan buku pada malam hari sebelum ia tidur. Selain untuk quality time, membacakan buku sesaat sebelum tidur memiliki segudang efek positif.

5. Tidur bersama

5. Tidur bersama
Freepik

Sekali-kali, tak apa memilih ikut tidur saat si Kecil tidur siang. Meski ia sedang nyaman terlelap, namun keberadaan Mama di sebelahnya mampu terekam dalam alam bawah sadarnya. 

Sekali-kali, tak apa untuk menunda memasak dan membereskan rumah kala mereka tidur. Tak apa menjadikan waktu tidur siang sebagai quality time bersama si Kecil. 

Banyak sekali hal sederhana yang bisa dilakukan bersama si Kecil untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama. Bisa dicontoh kan, Ma?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!