5 Hal yang Harus Disiapkan Saat Ajak Anak Mudik Pertama Kali

Ikuti langkah ini agar mudik berjalan lancar

16 Mei 2019

5 Hal Harus Disiapkan Saat Ajak Anak Mudik Pertama Kali
mothering.com

Lebaran sebentar lagi yang berarti sudah dekat dengan waktunya mudik. Tentu mudik kali ini jadi lebih seru karena akan ada tambahan personel yaitu si Kecil. 

Di tengah semangat ingin pulang kampung bersama, tentu terbersit rasa khawatir dan penasaran bagaimanakah kira-kira perjalanan mudik si Kecil yang pertama kalinya. 

Apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana perjalanan agar berjalan seru serta lancar. Popmama.com telah merangkumnya untuk Mama.

1. Jelaskan rencana perjalanan

1. Jelaskan rencana perjalanan
Pixabay/Amber McAuley

Seperti diketahui, anak-anak tidak terbiasa dengan kegiatan di luar rutinitas. Jadi saat akan mengajak mereka mudik, pastikan mereka sudah mengenal rencana tersebut. Jika tidak, jangan heran mereka akan rewel sebagai bentuk kebingungan mereka. 

Dari jauh hari, pastikan untuk menjelaskan rencana mudik pada si Kecil. Baik itu naik pesawat, kapal, bus, atau mobil, jelaskan bagaimana caranya. Semakin menarik Mama bercerita, semakin semangat si Kecil. 

Dengan begini, mereka akan tak sabar menunggu kapan waktu mudik dan perjalanan pun jadi lebih mudah. Si Kecil begitu penasaran dengan rencana yang telah disiapkan dari lama. 

2. Ajak anak packing kebutuhannya

2. Ajak anak packing kebutuhannya
restaurants-in-vietnam.com

Salah satu cara terbaik membuat anak-anak mau duduk tenang selama mudik adalah dengan memberikannya mainan yang tepat. Mainan apa saja yang jadi favoritnya?

Ajak si Kecil packing sendiri. Namun harus batasi berapa mainan yang boleh dibawa, agar tidak terlalu repot. 

Selain itu, bawa juga benda favorit mereka. Misalnya si Kecil tak bisa ketinggalan boneka atau selimut kesayangannya. Biarkan mereka yang masukkan ke tas sendiri. Dengan begitu, mereka akan jadi lebih tanggung jawab. 

Serta yang paling utama adalah, mereka bebas membongkar tas mainan mereka sepanjang perjalanan mudik. 

Editors' Picks

3. Pertimbangkan jam perjalanan

3. Pertimbangkan jam perjalanan
pixnio.com/Amanda Mills

Setelah memiliki anak, pertimbangan utama adalah kenyamanan si Kecil. Jika dulu Mama bisa mudik kapan saja untuk menghindari macet atau jam penuh, kini harus mempertimbangkan jam tidur anak. 

Pastikan anak tidak terganggu jadwal tidurnya saat perjalanan mudik. Karena jika begitu, mereka akan lebih mudah rewel dan sulit diajak kerja sama. 

Juga, pastikan untuk tidak jalan terlalu dekat waktu Lebaran agar tidak terlalu padat dan lama di jalan. Semakin lama di jalan, semakin mudah rewel si Kecil.

4. Siapkan cemilan dan air putih

4. Siapkan cemilan air putih
Freestockphotos

Hal lain yang tak kalah penting adalah stok cemilan dan air putih karena, rasa lapar si Kecil tak bisa ditahan. Kalau ternyata belum sampai tujuan dan si Kecil sudah keburu lapar, maka camilan akan jadi penyelamat. 

Pilihlah camilan yang ringkas dan tidak mudah tumpah. Biskuit dan sejenisnya bisa jadi pilihan. Pastikan juga membawa tempat aman untuk menyimpan camilan agar tidak tumpah di tas. 

Si Kecil juga butuh air putih yang cukup agar tetap terhidrasi. Jika tidak, bisa mengganggu kesehatan mereka. Tentu Mama tidak mau kan si Kecil malah sakit selama pulang kampung?

5. Pastikan si Kecil nyaman

5. Pastikan si Kecil nyaman
skift.com

Memilihkan kostum yang nyaman adalah hal wajib lain yang harus disiapkan. Mulai dari memilih tas nyaman, pakaian, sampai bantal tambahan yang bisa dipakai kalau ia tidur selama perjalanan. 

Jika nyaman, si Kecil bisa istirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup merupakan kunci si Kecil tetap semangat dan ceria selama perjalanan. 

Dengan persiapan yang matang, perjalanan mudik bisa berlangsung dengan lancar dan ceria. Yang pasti, jangan samakan ketahanan tubuh Mama dengan si Kecil. Pandai-pandailah membaca bahasa tubuh mereka dan perjalanan pun bisa lancar.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!