John Legend Usul Adakan Tempat Ganti Popok di Toilet Pria

Karena yang mengganti popok anak tak cuma tugas Mama

14 Juni 2019

John Legend Usul Adakan Tempat Ganti Popok Toilet Pria
lifeandstylemag.com

Bisa dibilang John Legend adalah sosok Papa idaman saat menyangkut mengurus anak. Baru-baru ini, ia mengusulkan untuk dibuatnya tempat ganti popok di toilet umum. 

Bukan sekadar bercanda, karena ia serius mengatakan hal itu. Karena menurutnya, mengurus anak bukan hanya urusan para Mama namun juga jadi urusan para Papa. 

Disusun Popmama.com, inilah alasan kenapa John Legend minta adakan tempat ganti popok di toilet umum pria:

1. Karena tidak semua Mama harus selalu mengurus anak

1. Karena tidak semua Mama harus selalu mengurus anak
dailymail.co.uk

John Legend menyebutkan bahwa menyerahkan pengurusan anak ke Mama secara keseluruhan merupakan cara yang lama. Di masa kini, mengurus anak merupakan tanggung jawab bersama. 

Jika dulu hampir semua pria yang bekerja, namun sekarang tidak begitu halnya. Menurut John, saat ini banyak pekerjaan dan karir yang digeluti para orangtua. 

Banyak juga yang membebaskan sang istri untuk berkarir dan sang suami memilih jadi bapak rumah tangga. Sehingga, perihal mengurus anak jadi urusan Papa juga. 

 2. Ia juga sering mengganti popok anaknya

 2. Ia juga sering mengganti popok anaknya
Instagram.com/johnlegend

Nyatanya, pekerjaan mengganti popok anak tak hanya saat ia syuting iklan Pampers. Karena pada kenyataannya, John juga sering mengganti popok anak-anaknya. 

Lagu "Stinky Booty" yang dinyanyikan di iklan tersebut merupakan lagu yang diciptakannya agar Luna mau diajak kerja sama saat mengganti popok.

Ia juga mengaku sulitnya mengganti popok anak di tempat umum. Maka dari itu, John ingin adanya tempat ganti popok di toilet pria agar para Papa bisa lebih mudah dan nyaman melakukan tugas menjadi orangtua di mana saja, terutama di tempat umum. 

Editors' Picks

3. Orangtua lain mengeluhkan hal yang sama


Sebuah akun Instagram bernama @3boys_1goal merupakan salah satu Papa yang merasa kebutuhan untuk adanya tempat ganti popok di toilet umum pria. Ia membagikan fotonya saat mengganti popok anaknya di toilet umum. 

Karena tidak ada fasilitas tempat ganti popok, ia terpaksa jongkok dan menjadikan kedua kakinya sebagai alas tempat ganti popok. Fotonya jadi viral dan menyadarkan banyak orang akan butuhnya hal tersebut. 

Saat ini ia sedang berkampanye untuk mengadakan tempat ganti popok di toilet umum pria. Ia telah membentuk kesadaran masyarakat dan mengumpulkan donasi untuk membuat hal itu jadi nyata. 

John Legend pun turut serta. Dengan bekerja sama bersama Pampers dan Koala Care, ia berencana membuat 5.000 tempat ganti popok di AS dan Kanada yang akan selesai pada tahun 2021. Semoga di Indonesia segera menyusul ya!

4. John Legend dibesarkan oleh orangtua tunggal

4. John Legend dibesarkan oleh orangtua tunggal
people.com

Empati dan rasa peduli yang tinggi kepada sesama Papa yang kebingungan ternyata dilatarbelakangi oleh masa kecilnya. Sewaktu kecil, ia dibesarkan oleh orangtua tunggal yaitu ayahnya. 

Dari sanalah ia paham bahwa perihal mengurus anak bukanlah hal yang mudah. Ia juga sadar tidak semua anak memiliki orangtua yang lengkap. Di mana ada juga orangtua tunggal di luar sana yang harus berjuang mengurus anak sendiri, termasuk mengganti popok di tempat umum. 

Saat sang ayah tunggal harus mengganti popok di tempat umum, setidaknya John ingin memberikan sedikit kenyamanan untuk mereka. Yaitu dengan memberikan fasilitas tempat mengganti popok di toilet umum. 

Jika fasilitas ini tersedia di Indonesia, apakah para Papa akan jadi lebih terlibat dalam perihal mengurus anak?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!