Manfaat Main Air untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Memang naluri anak-anak senang dengan air

11 April 2019

Manfaat Main Air Tumbuh Kembang si Kecil
Pexels/Yulianto Poitier

Hampir seluruh anak kecil tak ada yang akan menolak saat diajak main air. Baik itu air di kamar mandi, tempat cuci piring, tepi jalan, atau air laut, semua menarik bagi mereka. 

Seringnya, semakin dilarang, semakin semangat mereka memainkan air. Saat diperbolehkan main air, mereka akan lupa waktu. Biasanya anak-anak hanya akan berhenti main air saat setelah melewati perdebatan panjang dengan Mama. 

Lalu, kenapa ya anak-anak senang sekali bermain air? Berikut Popmama.com berikan 5 alasannya dan aneka manfaat baik dari main air:

1. Sudah terbiasa dengan air 

1. Sudah terbiasa air 
momjunction.com

Menurut penulis buku The Emotionally Healthy Child dan pemilik Klinik Growing Happy Kids di AS bernama Maureen Healy, anak sudah terbiasa dengan air sejak mereka dari kandungan. 

Seperti diketahui, janin hidup di perut Mama bersama air ketuban selama 9 bulan. Jadi air dikenal sebagai media yang aman dan nyaman bagi mereka. 

2. Mengasah kelima indera

2. Mengasah kelima indera
Pexels/Pixabay

Healy melanjutkan, anak-anak biasanya senang dengan permainan yang mengasah indera mereka. Baik itu hanya sebagian indera, ataupun kelima inderanya. 

Untuk air, mereka bisa mendapat rangsangan pada kelima inderanya secara langsung. Mereka bisa mendengar suara air bekecipuk, merasakan sensasi dingin dari air, melihat warna bening dari air, mencicip rasa air (jika di laut akan lebih terasah), dan lainnya.

Editors' Picks

3. Bisa jadi media belajar

3. Bisa jadi media belajar
kidspot.co.nz
Permainan anak laki-laki

Karena memiliki efek sensori yang begitu besar pada anak, akhirnya air bisa berguna untuk metode pembelajaran si kecil.

Healy menjelaskan, air bisa tak saja berguna untuk membuat nyaman si kecil, tapi juga jadi media belajar yang efektif.

Belajar apapun jika melibatkan air, hasilnya bisa luar biasa. Tanpa harus dipaksa, mereka akan tertarik dengan sendirinya dan bahkan durasinya bisa lebih lama dibanding pembelajaran dengan media yang lain. 

4. Bisa mengasah kekurangan si Kecil

4. Bisa mengasah kekurangan si Kecil
today.com
Permainan anak laki-laki

Selain untuk belajar, air juga bisa melengkapi kemampuan si Kecil yang masih kurang. Jika ia sulit bersosialisasi, maka ajaklah ia main air bersama teman sebayanya. 

Jika ingin mengasah motorik halusnya, ajak ia bermain tuang air ke wadah menggunakan sendok atau cup kecil. Serta masih banyak kegiatan lain yang bisa mengasah kekurangannya. Tinggal tambahkan air ke dalam kegiatannya, Ma.

5. Bisa mendekatkan hubungan dengan orangtua

5. Bisa mendekatkan hubungan orangtua
Pexels/Pixabay

Terakhir, tentu hal paling penting bagi perkembangan si Kecil yaitu kedekatan emosional kepada orangtuanya. Jika di tempat bermain air atau di pantai, biasanya anak-anak harus didampingi orangtua. 

Ini jadi momen berharga bagi mereka. Karena dengan adanya orangtua di sisinya, ia merasa disayangi, merasa penting, dan mampu meningkatkan kedekatan emosional pada Mama dan Papa.

Namun ada satu hal yang harus diperhatikan saat main air yaitu keamanan si Kecil. Pastikan untuk selalu menggunakan pelampung dan jaket keselamatan jika sedang bermain air seperti di waterpark dan laut.

Jadi, jangan ragu untuk bermain air bersama si Kecil ya, Ma!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!