7 Penyebab Anak Mogok Makan dan Cara Mengatasinya

Bisa karena anak depresi juga, Ma

24 Maret 2020

7 Penyebab Anak Mogok Makan Cara Mengatasinya
nbcnews.com

Mogok makan saat anak-anak sering membuat Mama kebingungan karena khawatir dengan kesehatan anak. Sedangkan mogok makan saat anak-anak adalah fase yang harusnya normal. Namun Mama mesti khawatir jika mengalami beberapa kasus tertentu. 

Banyak orangtua mengeluhkan anak-anaknya yang sulit makan dan tidak berselera jika disuruh makan. Bagaimanapun, wajar adanya jika anak sekitar umur 2 sampai 5 tahun mengalami penurunan selera makan. 

Namun yang harus diperhatikan adalah jika mereka malas makan secara berulang dan disertai dengan badan lesu dan turunnya berat badan. 

Disusun Popmama.com yang dilansir dari Mom Juction, inilah 7 penyebab anak malas makan dan bagaimana cara menanganinya.

1. Pertumbuhan yang melambat

1. Pertumbuhan melambat
You are Mom

Jika waktu bayi ada fase Grow Spurt atau masa pertumbuhan cepat, maka saat anak-anak ada juga fase pertumbuhan yang melambat. 

Pada tahun pertama, anak mengalami perkembangan tubuh yang pesat. Namun setelahnya, mereka akan melambat dan dari sanalah sumber penyebab mereka jadi malas makan. 

Di fase ini, anak yang lebih tidak selera makan adalah hal yang normal. Faktanya, anak hanya butuh tambahan 2,3 kg dan 12 cm di setiap tahunnya setelah ia berumur 2 tahun dan lebih. Sedangkan di satu tahun pertama, mereka naik 7 kg dan bertambah panjang 21 cm. 

Perubahan kepesatan ini merupakan pengaruh besar mereka jadi malas makan. 

2. Anak yang sedang sakit

2. Anak sedang sakit
Freepik/Prostooleh

Seringnya, anak jadi malas makan karena mereka sedang sakit. Jika si Kecil mengalami sakit tenggorokan, diare, sakit perut, sakit kepala, demam, dan penyakit sejenis, mereka biasanya jadi malas makan. 

Namun hal ini akan membaik saat mereka sembuh. Malah mereka jadi lebih semangat makan setelah membaik dari penyakitnya. 

3. Si Kecil mengalami stres

3. Si Kecil mengalami stres
flickr.com

Stres tak hanya dialami orang dewasa. Anak-anak pun bisa juga mengalaminya. 

Banyak efek negatif dari stres, salah satunya adalah kehilangan selera makan. Jika Mama melihat si Kecil malas makan dan sulit tidur, bisa jadi itu pertanda mereka sedang stress. 

Mama perlu mencari tahu akar penyebab mereka stres dan mengurai masalah tersebut. Beberapa penyebab mereka stres adalah kematian keluarga terdekat, bully di sekolah, dan masalah internal keluarga. 

Editors' Picks

4. Anak mengalami depresi

4. Anak mengalami depresi
Freepik/Ksandrphoto
Ilustrasi

Hati-hati, Ma, si Kecil juga bisa mengalami depresi. Kebanyakan orangtua salah tanggap antara kesedihan dan depresi yang dialami anak. 

Sedih bisa hilang seiring dengan berjalannya waktu. Sedangkan depresi tidak akan hilang dan akan mempengaruhi keseharian mereka. 

Jika anak terlihat seperti tidak minat dengan kegiatan bermain yang biasanya sangat disukainya, bisa jadi itu tanda depresi. Kurangnya selera makan juga bisa jadi indikator kuat mereka mengalami depresi. 

Sangat disarankan untuk mengunjungi dokter dan tenaga ahli untuk mengurai masalah ini. 

5. Anak sedang alami anemia

5. Anak sedang alami anemia
Freepik/poringdown

Penyebab lain anak jadi malas makan adalah karena mengalami anemia. Anak dengan anemia terlihat mudah lelah dan cepat merasa terganggu. 

Jika tidak ditangani dengan baik, anemia bisa berpengaruh pada perkembangan si Kecil dan performanya di sekolah. 

Mama bisa mengajaknya tes darah untuk melihat apakah ia mengalami anemia atau tidak. Jika ya, segera tangani sampai tuntas. 

6. Cacingan buat si Kecil jadi malas makan

6. Cacingan buat si Kecil jadi malas makan
Freepik/Joaquincorbalan

Satu lagi masalah yang sering dialami anak-anak malas makan adalah cacingan. Ketika mereka cacingan, sistem pencernaan jadi terganggu dan bisa menyebabkan banyak keluhan. 

Beberapa keluhan yang berefek dari cacingan adalah usus yang berdarah, malas makan, disentri, dan lainnya. 

Mama bisa memberikan obat cacing secara berkala untuk menuntaskan masalah ini. 

7. Kembung berulang

7. Kembung berulang
parenting.firstcry.com

Pencernaan yang terganggu bisa membuat perut kembung secara berulang. Inilah yang jadi anak malas makan karena perutnya sering terasa penuh dan tak enak jika ditambahkan makanan. 

Jika ini memang masalahnya, Mama bisa memberikan makanan hangat untuk mengurangi kembung. Berikan minyak telon agar tubuh tetap hangat dan berikan pakaian yang agak tertutup. 

Cara Meningkatkan Selera Makan Anak

Cara Meningkatkan Selera Makan Anak
fillyourplate.org

Banyak strategi yang bisa dilakukan jika si Kecil malas makan tanpa alasan yang jelas.  Cara pertama adalah membatasi camilan tinggi gula dan garam. Selanjutnya mendisiplinkan waktu nyemil. 

Menambahkan kacang dalam menu harian juga bisa meningkatkan nafsu makan mereka. Menyajikan makanan dalam bentuk yang lebih kecil bisa juga dicoba untuk mereka yang sedang menolak makan. 

Jika si Kecil terus menolak makan meski telah mencoba banyak hal, Mama bisa mengajaknya ke dokter anak untuk konsultasi lebih lanjut. 

Yang tak kalah penting adalah untuk tidak menghukum anak jika mereka tak mau makan karena itu hanya memperburuk keadaan. Lebih baik melihat gaya makan mereka dan menyiasatinya dengan baik. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.