Tips agar Anak Bisa Makan Sendiri Tanpa Berantakan

Ada cara jitunya, Ma

9 Agustus 2019

Tips agar Anak Bisa Makan Sendiri Tanpa Berantakan
mysouthernhealth.com

Mengajarkan anak makan adalah hal penting untuk perkembangannya karena anak tidak akan selamanya disuapi oleh Mama, kan. 

Namun, butuh cara yang tepat untuk mengajarkan anak makan. Mulai dari langkah pengenalan alat makan, sampai cara menyendok dan mengambil makanan yang tepat. 

Saat makan sendiri, yang paling sering terjadi adalah area makan si Kecil yang berantakan. Seperti area perang. 

Oleh karena itu, Popmama.com memberikan tips agar si Kecil bisa makan sendiri tanpa berantakan:

1. Berikan alat makan yang sesuai

1. Berikan alat makan sesuai
Cooking Light

Setiap kegiatan adalah wadah belajar bagi anak-anak, termasuk saat makan. 

Mereka juga belajar makan dengan bertahap. Mulai dari menggenggam makanan sampai akhirnya bisa menggunakan alat makan seperti sendok, garpu, atau sumpit.

Jika ingin si Kecil belajar rapi saat makan, pastikan untuk memberikan alat makan yang sesuai. Bayangkan saja, jika si Kecil harus makan menu berkuah di piring. Betapa banyak nasi dan kuah yang akan keluar dari wadah makannya. Maka dari itu, pastikan untuk memberikan alat makan sesuai yang sesuai ya Ma.

Gunakan mangkok jika ingin memberikan menu berkuah. Sediakan garpu plastik jika ada menu dengan mie atau bihun. Serta, berikan sendok atau garpu yang sesuai dengan bentuk tangan dan mulutnya. 

Karena jika tidak, sendok yang terlalu besar akan membuat makan tidak masuk semua. Akhirnya, makanan yang tidak muat masuk akan jatuh ke sekeliling dan malah jadi kotor. 

Editors' Picks

2. Berikan area makan yang tepat

2. Berikan area makan tepat
lovechildorganics.com

Salah satu tips jitu membuat si Kecil bisa rapi saat makan adalah memberikan area makan. Caranya, Mama bisa menyiapkan alas makan untuk si Kecil. 

Nah, makanan boleh jatuh hanya di alas makan itu saja. Di luar area alas makan, mereka harus mengambilnya dan menaruhnya di alas makan. 

Lakukan secara rutin dan bertahap, kecilkan area makannya. Misal yang tadinya menggunakan alas makan, bisa diganti jadi menggunakan 2 lembar tisu yang disatukan. 

Semakin lama, semakin kecil area makan yang diberikan. Mereka akan terbiasa untuk berhati-hati untuk makan agar tidak sembarangan. 

Sampai akhirnya nanti mereka tak perlu lagi area makan karena sudah terbiasa untuk makan dengan rapi. 

3. Siapkan tempat untuk makanan yang jatuh

3. Siapkan tempat makanan jatuh
Freepik/Bearfotos

Salah satu cara selanjutnya adalah bisa menyiapkan tempat untuk makanan yang jatuh. Misal, tempatkan piring atau wadah kecil di dekatnya dan ajak anak untuk menaruh remah makanan yang jatuh ke wadah tersebut. 

Pastikan untuk selalu mengingatkan anak saat ada remah jatuh, segera tempatkan di wadah yang tersedia. Dengan begitu, ia selalu sadar mengenai remah yang jatuh saat ia makan. 

Nantinya, mereka akan langsung membersihkan saat ada remah yang jatuh. Bahkan, mereka akan lebih berhati-hati saat makan agar tidak ada kegiatan membersihkan makanan yang harus mereka lakukan. 

Jika dilakukan dengan rutin dan disiplin, cara ini akan ampuh diterapkan pada anak-anak. Makan di manapun tak khawatir berantakan karena mereka sudah sadar mengenai cara makan yang baik dan rapi. 

Tertarik menerapkannya pada si Kecil?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;