Ini Ma, Daftar Obat Cacing untuk Anak

Cacingan paling rentan terjadi pada anak usia 1-5 tahun, dan inilah Ma daftar obatnya!

28 Januari 2019

Ini Ma, Daftar Obat Cacing Anak
m.mplusdeti.ru

Mungkin Mama sering khawatir saat melihat tubuh si Kecil yang kurus, lemah, lesu dan tidak mau makan. Hingga munculah dalam benak Mama jika si Kecil mengalami cacingan.

Cacingan yang terjadi pada si Kecil adalah penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan yang kurang sehat. Salah satunya, kesadaran mencuci tangan sebelum menyentuh dan memasukan makanan ke mulut.

Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun, cacingan paling sering terjadi pada anak-anak yang berusia 1-5 tahun.

Untuk mengatasi penyakit cacingan pada si Kecil, Mama perlu memberikannya obat cacing khusus anak-anak. Dan berikut ini, Popmama.com sudah merangkum daftar obat cacing untuk si Kecil.

1.Obat cacing Combantrin (pirantel pamoat)

1.Obat cacing Combantrin (pirantel pamoat)
combantrin.co.id

Combantrin merupakan obat cacing dengan kandungan pirantel pamoat yang dapat digunakan untuk pengobatan infeksi yang disebabkan oleh satu jenis cacing atau lebih.

Obat ini dapat dikonsumsi oleh bergai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun, tetap dalam dosis yang berbeda.

Mama bisa mendapatkan Combantrin di apotek, toserba dan minimarket terdekat.  Harganya berkisar Rp 18.000 untuk kemasan Combantrin sirup rasa jeruk, dan Rp 13.000 untuk kemasan tablet.

2. Obat cacing Konfermex (pirantel pamoat)

2. Obat cacing Konfermex (pirantel pamoat)
konimex.com

Konvermex merupakan obat cacing keluarga yang mengandung bahan aktif pirantel pamoat. Sehingga dapat bekerja dengan melumpuhkan dan menghancurkan cacing serta mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa melakukan pemahar.

Konvermex terbagi menjadi 4 varian, yaitu Konvermex 250 supensi dan kaplet untuk dewasa dan Konvermax 125 supensi dan kaplet  untuk si Kecil.

Mama bisa mendapatkan obat cacing yang satu ini di apotek, minimarket, dan supermarket. Harganya berkisar Konvermex 125 - suspensi Rp 14.960/botol, Konvermex 125 - kaplet Rp 11.550/strip, Konvermex 250 - suspensi Rp , dan Konvermax 250 - kaplet Rp 11.550.

Editors' Picks

3. Obat cacing Vermox (Mebendazol)

3. Obat cacing Vermox (Mebendazol)
tokopedia.com

Vermox adalah obat cacing keluarga dengan kandungan mebendazole 500mg yang berguna untuk mengatasi infeksi di dalam saluran pencernaan akibat berbagai jenis cacing, seperti cacing kremi, cacing gelang, cacing pita, cacing tambang, dan cacing cambuk.

Vermox bekerja dengan cara mencegah cacing menyerap gula yang merupakan sumber makanan yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup. Dalam beberapa hari, Vermox dapat melumpuhkan dan membunuh cacing penyebab infeksi.

Satu tablet Vermox bisa Mama dapatkan dengan harga Rp 22.000 di supermarket, apotek, atau toko farmasi lainnya.

Baca juga: 7 Bahaya Jika Anak Cacingan. IQ-nya Bisa Turun!

4. Obat cacing Vermoran (Mebendazol)

4. Obat cacing Vermoran (Mebendazol)
tokopedia.com

Obat cacing Vermoran memiliki kandungan mebendazole aktif yang tersedia dalam bentuk tablet. Sehingga dapat memberantas infeksi yang disebabkan oleh cacing.

Vermoran bekerja dengan cara membunuh cacing yang ada dalam sistem pencernaan dan cacing keluar dalam keadaan hancur.

Mama bisa membeli Vermoran  di apotek atau toko farmasi terdekat. Harganya berkisar  Rp10.000 unuk 1 buah tablet Vermoran.

5. Askamex (Levamisole)

5. Askamex (Levamisole)
konimex.com

Obat cacing Askamex sangat efektif mengatasi cacing gelang dan cacing tambang pada anak-anak dan dewasa. Askamex mengandung formula efektif yang terdiri dari Levamisole HCl 29,46 mg atau setara dengan Levamisole HCl base 25 mg.

Obat cacing Askamex bisa Mama beli di berbgai apotek atau supermarket terdekat. Harganya  hanya berkisar Rp 1.870 perstripnya lho Ma.

Kebanyakan obat cacing tidak dianjurkan untuk anak yang usianya kurang dari 2 tahun. Namun, Askamex bisa diberikan untuk anak usia 1 tahun dengan dosis 1 tablet setiap 6 bulan.

Obat cacing juga tidak dianjurkan untuk Mama yang sedang hamil, karena kandungan yang ada didalam obat cacing dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan bagi Mama maupun janin.

Nah, itulah Ma daftar obat cacingan untuk anak. Dampak cacingan pada anak memang sulit terdeteksi, tetapi Mama jangan anggap remeh penyakit ini.

Jika tidak segera diobati, cacing dalam tubuh anak akan terus menyerap nutrisi dari makanan. Sehingga mengakibatkan kuragnya gizi, anemia dan menurunya kecerdasan pada anak.

Baca juga: Ini Gejala Cacingan dan Cara Penanggulangannya

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!