Buat 5 Kesepakatan Antar Mama dan Babysitter Baru untuk Rawat si Kecil

Memudahkan pekerjaan pengasuh dan membuat Mama jadi lebih percaya

2 Maret 2021

Buat 5 Kesepakatan Antar Mama Babysitter Baru Rawat si Kecil
Freepik/Vgstockstudio

Mengasuh anak memang bukan pekerjaan yang mudah bagi setiap orangtua, terlebih bagi Mama dan Papa yang aktif bekerja di kantor sehingga tidak bisa selalu mengawasi anak di rumah.

Salah satu solusinya adalah menggunakan jasa babysitter atau pengasuh.

Ketika Mama menggunakan jasa seorang babysitter, tandanya orangtua sudah memercayai pengasuhnya tersebut hal yang paling berharga di dunia, yaitu anaknya. Sayangnya tidak semua babysitter mengerti bagaimana menunjukkan kesan pertama yang baik.

Sehingga sangat penting bagi Mama untuk menunjukkan bagaimana cara kerja pengasuh yang bisa dipercaya dan bertanggung jawab sebelum orangtua meninggalkan rumah dan menitipkan buah hatinya.

Setelah mempekerjakan seorang pengasuh, penting untuk membuat beberapa kesepakatan bekerja agar pengasuh dapat bekerja sesuai ketentuan yang berlaku, kali ini Popmama.com akan membahas lima kesepakatan yang bisa Mama buat bersama babysitter yang baru dipekerjakan.

1. Datang lima menit lebih awal

1. Datang lima menit lebih awal
Freepik/Tamaradigovets

Terlambat bekerja membuat kesan pertama yang buruk, yang membuat seolah-olah pengasuh tidak bisa mengatur waktu dengan tepat.

Dengan membuat kesepakatan bersama pengasuh untuk datang lima menit lebih awal, pengasuh dapat lebih menenangkan pikiran Mama bahwa pengeluaran tambahan Mama ditangani dengan baik oleh pengasuh yang bertanggung jawab.

Ketepatan waktu juga sangat penting dalam industri pengasuhan anak, karena Mama mungkin memiliki kewajiban terjadwal seperti pesta, rapat di kantor, atau acara keluarga. Mama juga bisa memberikan tips agar pengasuh datang tepat waktu.

  • Siapkan barang-barang dan pakaian sehari sebelum bekerja
  • Siapkan sarapan di malam hari
  • Isi bensin setelah pulang bekerja di hari sebelumnya
  • Pasang alarm

Tips di atas dapat Mama sampaikan pada pengasuh agar tidak datang terburu-buru, dan juga mencegah sampai di rumah Mama dalam keadaan kelelahan dan kurang produktif, dan pastinya mencegahnya datang terlambat.

Editors' Picks

2. Mencuci tangan sebelum menangani si Kecil

2. Mencuci tangan sebelum menangani si Kecil
Freepik

Jika pengasuh menangani balita, kebersihan dari rumah ke rumah sangat penting. Maka dari itu penting untuk membuat kesepakatan agar babysitter selalu mencuci tangan sebelum masuk ke kamar anak atau menangani si Kecil.

Ketika Mama melihat bahwa pengasuh selalu berhati-hati tentang kebersihan untuk menghindari penyebaran penyakit ke keluarga, maka Mama bisa melihat bahwa babysitter yang dipekerjakan adalah tipe pengasuh yang mau bekerja lebih untuk menjaga kesehatan dan kebersihan orang yang mempercayainya.

3. Sampaikan beberapa hal penting mengenai anak

3. Sampaikan beberapa hal penting mengenai anak
Freepik/Shurkin-son

Menyampaikan beberapa hal penting tentang si Kecil dapat membantu pengasuh untuk memahami dan mengetahui apa saja tanggung jawabnya merawat anak dari orang lain. Beberapa hal yang bisa Mama sampaikan adalah sebagai berikut:

Kesehatan dan keselamatan

  • Alergi yang dimiliki anak
  • Pengobatan atau kebutuhan khusus yang dimiliki anak
  • Perawatan yang perlu diberikan seperti CPR atau Pertolongan Pertama (jika pengasuh memiliki sertifikasi)

Jika tidak memiliki sertifikasi CPR, minta pengasuh untuk tidak mencobanya. Namun, hubungi 911 sebagai gantinya.

Aturan

  • Tempat terlarang yang tidak boleh anak datangi
  • Aktivitas yang tidak diperbolehkan untuk anak
  • Pengasuh boleh/tidak boleh keluar rumah mengajak anak

Preferensi

  • Makanan atau camilan yang disukai si Kecil
  • Aktivitas favorit anak
  • Rutinitas waktu tidur anak.

4. Selalu membawa catatan sewaktu-waktu ada informasi penting

4. Selalu membawa catatan sewaktu-waktu ada informasi penting
Freepik/Kbza

Mendengarkan dan mencatat secara aktif sementara Mama memberi tahu tentang jadwal anak adalah bagian penting dari menjadi pengasuh yang baik. Sehingga Mama bisa membuat kesepakatan dengan pengasuh untuk selalu membawa catatan, terutama di bulan awal kerja.

Minta pengasuh untuk menuliskan apa yang boleh atau tidak boleh dimakan anak, jam berapa anak tidur, dan detail lain yang sekiranya diperlukan agar tugasnya berjalan lancar. Mencatat menjadi cara yang baik untuk menghindari kelupaan, sehingga hal ini dapat membantu pengasuh jauh dari rasa bersalah jika terjadi kelupaan akan kebutuhan anak.

Khususnya dalam perawatan bayi dan balita, penjadwalan sangat penting. Tidur siang yang terlalu lama atau waktu makan yang terlewat bisa membuat pengasuh terlihat lalai atau tidak bertanggung jawab.

5. Hindari penggunaan ponsel kecuali dalam keadaan yang sangat penting

5. Hindari penggunaan ponsel kecuali dalam keadaan sangat penting
Freepik/Dragana_Gordic

Mama dan pengasuh dapat berdiskusi terlebih dahulu untuk kesepakatan yang satu ini. Namun penting bagi pengasuh untuk menjauhkan ponselnya kecuali untuk mengonfirmasi sesuatu saat Mama atau Papa sedang tidak ada di rumah.

Selama bekerja, Mama bisa meminta agar pengasuh tidak mengeluarkan ponsel sama sekali dan letakkan ponsel di tempat yang mudah dijangkau, agar jika ada informasi penting dari keluarga pengasuh, ia tetap bisa menerimanya.

Kesepakatan-kesepakatan di atas dapat membantu babysitter dan Mama agar bekerja sama dengan baik untuk merawat si Kecil. Pengasuhan anak adalah profesi yang melibatkan pribadi, promosi dari mulut ke mulut menjadi iklan terbaik.

Jika pengasuh bisa bersikap profesional dan melakukan pekerjaan dengan antusias, Mama dapat mempercayakan pengasuh yang sama di bulan-bulan selanjutnya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.