Mengharukan, Papa Ajarkan Anak Tertawa Saat Mendengar Bom

Membuat rasa takut menjadi kebahagiaan

19 Februari 2020

Mengharukan, Papa Ajarkan Anak Tertawa Saat Mendengar Bom
Freepik/Jcomp

Menjadi seorang Papa perlu jadi sahabat serta pelindung bagi anak-anaknya. Bahkan menjadi Papa juga harus bisa menghibur sang Anak saat merasa sedih, takut, ataupun terancam. Seperti seorang Papa yang satu ini.

Seorang Papa di Suriah memiliki cara tersendiri agar anak perempuannya tidak mengalami ketakutan ataupun trauma terhadap suara bom disana. Hidup di negara konflik tidak jarang banyak serangan dengan bunyi-bunyian yang cukup keras.

Untuk menghindari anaknya mengalami trauma, Sang Papa mengajarinya tertawa jika mendengar suara bom.

Kali ini Popmama.com telah merangkum kisahnya dibawah ini.

1. Walaupun telah mengungsi, Abdullah dan keluarga masih mendengar suara bom

1. Walaupun telah mengungsi, Abdullah keluarga masih mendengar suara bom
freepik.com

Memiliki caranya sendiri demi menghibur anak perempuannya, Abdullah a-Mohammad mempunyai cara unik agar anaknya tidak mengalami trauma saat mendengar suara bom. Yaitu, dengan tertawa ketika mendengar suara ledakan bom.

Awal cerita, Abdullah membawa keluarganya, termasuk anak perempuannya Salwa untuk mengungsi dari rumah mereka di Saraqib ke kota di sebelah timur idlib.

Saat ini, keluarga Abdullah tinggal dirumah mereka di Sarmada yang masih di dalam wilayah Idlib. Walaupun telah mengungsi, mereka seringkali masih mendengar suara ledakan bom.

2. Mengubah rasa takut anak dengan tertawa saat mendengar suara ledakan bom

2. Mengubah rasa takut anak tertawa saat mendengar suara ledakan bom
Youtube.com/Salvo Sattilo

Abdullah melihat bahwa banyak anak-anak di lingkungan rumahnya mengalami krisis psikologi karena mendengar suara dentuman bom atau peledak yang jatuh ke tanah. Hal ini yang membuat Abdullah membuat suara menakutkan itu menjadi permainan untuk melindungi psikis Salwa.

Setiap kali mendengar bom yang dijatuhkan, Abdullah mengatakan pada anak perempuannya yang berusia tiga tahun tersebut bahwa itu adalah suara kembang api dan pistol mainan.

"Dia adalah anak-anak yang tidak mengerti perang. Saya memustuskan untuk mengajari Salwa sebuah permainan untuk mecegah kondisi psikologisnya menurun," ujar Abdullah yang dilansir dari Sky News.

Bersama dengan istrinya, mereka memutuskan untuk membuat suara menakutkan itu menjadi sumber kebahagian dan memberikan rasa aman untuk Salwa.

Editors' Picks

3. Tindakan Abdullah yang menarik perhatian dari warganet dan menuai ratusan komentar

3. Tindakan Abdullah menarik perhatian dari warganet menuai ratusan komentar
Pixabay/MoteOo

Abdullah membagikan keceriaannya bersama Salwa ke akun media sosialnya, ia memperlihatkan bagaimana Salwa yang sangat riang tertawa pada saat munculnya suara ledakan.

Dari unggahannya tersebut, ternyata menarik perhatian dari warganet sehingga menuai ratusan komentar. Banyak warganet yang merasa sedih dan juga tersentuh dengan apa yang dilakukan oleh Abdullah pada anaknya.

Tidak jarang, banyak pula warganet yang memberikan pujian pada mereka, dengan menyebutnya sebagai orangtua yang pemberani yang mampu menekan rasa takut anaknya.

4. Banyak yang menyamakan aksi Abdullah dengan film Oscar Life is Beautiful

4. Banyak menyamakan aksi Abdullah film Oscar Life is Beautiful
Instagram.com/theacademy

Pengguna media lainnya juga menyamakan aksi Abdullah dengan film pemenang Oscar, yang berjudul Life Is Beautiful, yang menceritakan tentang Papa dan anak yang terjebak di sebuah kamp saat Perang Dunia II.

Film drama komedi yang berasal dari Italia tersebut berkisah tentang seorang Papa yang membuat anaknya percaya bahwa penderitaan akibat Nazi Jerman merupakan permainan semata.

Aksi dari Papa Abdullah ini dapat menjadi inspirasi bagi orangtua lainnya untuk membuat anak terhindar dari rasa takut agar anak tidak memiliki trauma dikemudian hari.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.