7 Cara Mengajarkan Anak 1 Tahun Sikat gigi, Jadi Tambah Seru!

Begini, Ma! cara biar tambah seru untuk mengajarkan anak 1 tahun agar mau menyikat gigi!

31 Desember 2021

7 Cara Mengajarkan Anak 1 Tahun Sikat gigi, Jadi Tambah Seru
Pinterest.com/@aprendicesvisuales

Menyikat gigi merupakan kebiasaan sehat yang perlu dilakukan anak sejak dini untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. 

Terkadang, ketika Mama sedang mencoba untuk menyikat gigi si Kecil, pasti ia selalu membuat ulah. Tetapi, Mama jangan pernah berhenti mencoba ya, karena Mama perlu selalu ingat bahwa membangun kebiasaan kebersihan gigi pada anak-anak adalah hal yang sangat penting. 

Kebiasaaan kebersihan gigi dapat membantu mereka memahami pentingnya merawat gigi mereka dan juga mengurangi kemungkinan bau mulut yang tidak sedap dan gigi berlubang pada usia dini. 

Oleh karena itu, penting sekali bagi para orangtua untuk mengajarkan cara menyikat gigi secara teratur kepada anak. 

Lalu, bagaimana cara mengajarkan anak 1 tahun untuk sikat gigi? Berikut Popmama.com telah merangkum bagaimana cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi yang dilansir dari Colley Ville Children's Dentistry. Yuk simak di bawah ini ya, Ma!

1. Sikat gigi bersama-sama

1. Sikat gigi bersama-sama
Freepik.com/@freepik

Anak-anak suka meniru orang dewasa. Jika Mama bertanya-tanya bagaimana cara membuat anak-anak ingin menyikat gigi? salah satu solusinya adalah berikan contoh. 

Mama bisa membiasakan untuk menyikat gigi bersama-sama. Karena dengan menyikat gigi bersama sekeluarga justru akan lebih menyenangkan.  

Anak-anak akan melihat aktivitas tersebut secara positif. Mereka akan berharap untuk menyikat gigi karena penguatan positif dari keluarganya. 

Tetapi hindari penggunaan kata-kata yang memaksa untuk membuat anak Mama menyikat gigi ya. Beri mereka waktu untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan ini.

2. Belikan sikat gigi spesial untuk anak

2. Belikan sikat gigi spesial anak
Pinterest.com/@curaproxbrasil

Memiliki sikat gigi spesial adalah salah satu alat yang akan memudahkan mengajari anak menyikat gigi. Karena dengan memiliki sikat gigi baru yang spesial akan membuat anak Mama bersemangat.  

Mama dapat pergi berbelanja untuk yang baru bersama-sama. Kemungkinan anak Mama akan memilih sikat gigi warna-warni dengan bulu yang bertema kartun. Ide menggunakan sikat gigi Mickey Mouse juga akan membuat anak-anak menantikan kegiatan tersebut.

Saat melakukannya, pastikan bulunya cukup lembut ya, Ma. Agar sikat gigi yang ingin dipakai tidak akan melukai gusi si Kecil. Pastikan untuk mengganti sikat setiap 3 hingga 4 bulan.

Mama juga bisa membelikannya sikat gigi Little Toothbrush 1-3 Years ini sesuai dengan namanya yang didesain khusus untuk anak berusia 1-3 tahun karena memiliki kepala sikat yang lebih kecil dibandingkan sikat gigi biasa.
 

Editors' Picks

3. Ceritakan kisah menarik

3. Ceritakan kisah menarik
Pinterest.com/@contentspots

Dilansir dari hellosehat.com, Mama bisa coba untuk mengarang cerita tentang kesehatan gigi dan mulut sebelum anak tidur. 

Misalnya kisah peri gigi yang memberi hadiah kepada anak yang bergigi bersih. Semakin menyenangkan Mama bercerita, kian mudah Anak menyerap informasi tentang kesehatan gigi.

Menyikat gigi untuk anak-anak bisa Mama jadikan sebagai kegiatan yang menyenangkan dengan menceritakan kisah menarik yang akan membuat mereka tertawa terbahak-bahak.  
 

4. Berikan anak hadiah

4. Berikan anak hadiah
Pexels/cottonbro

Menyikat gigi secara teratur sudah suatu kebiasaan yang cukup bermanfaat. Namun anak-anak tetap akan menginginkan sesuatu yang dapat mereka lihat dan hubungkan dengan aktivitas yang menyenangkan itu. 

Mama bisa memberikan anak hadiah penghargaan yang nantinya dapat memotivasi si Kecil untuk menyikat gigi.
 
Mama bisa memberikan poster berhias yang mewakili kesehatan mulut yang baik. Nantinya si Kecil dapat menempelkan stiker di poster untuk menunjukkan hari-hari mereka disaat sudah menyikat gigi.

Ketika mereka mengisi semua hari di poster, Mama dapat memberi mereka mainan atau bahkan pelukan ucapan selamat yang besar. Hal ini penting agar dapat menanamkan disiplin dari waktu ke waktu.  

Dalam jangka panjang, anak-anak akan mengetahui pentingnya menyikat gigi, dan mereka tidak membutuhkan hadiah untuk menikmati aktivitas tersebut.

5. Putar musik sambil menyikat gigi

5. Putar musik sambil menyikat gigi
Pinterest.com/@healing

Sikat gigi idealnya dilakukan selama dua menit. Sayangnya, menyikat gigi selama dua menit bagi anak Mama dapat menjadi hal yang sangat membosankan. Selain bosan, anak juga belum mampu menghitung sendiri waktu dua menit tersebut. 

Sebagai orang tua yang kreatif, Mama dapat mengakalinya dengan memutar lagu anak-anak favorit si kecil yang memiliki durasi kurang lebih dua menit sambil menggosok gigi. Trik ini membuat durasi anak menyikat gigi menjadi lebih akurat dan mencegah si kecil bosan. 

Dengan mengajari anak menyikat gigi sambil mendengarkan lagu favorit bisa menjadi lebih menyenangkan. Mama dan si Kecil bisa menari bersama sambil menyikat. 

6. Biarkan Anak Mama bermain dokter gigi

6. Biarkan Anak Mama bermain dokter gigi
Pinterest.com/friendshipcircle

Sekitar 38% orang dewasa muda merasa hidup kurang memuaskan karena masalah mulut dan gigi. Mengajari anak menyikat gigi melalui role-playing bisa membuatnya lebih menyenangkan dan dapat mengurangi masalah kesehatan mulut.

Misalnya dengan bermain dokter gigi, anak Mama dapat menggunakan boneka dan orientasikan mereka pada peran sebagai dokter gigi. Lalu, saat anak mendorong "pasien" untuk menerima perawatan gigi yang baik, mereka juga akan mempraktikkannya dalam kenyataan.  Pastikan anak Mama memahami semua yang terjadi di klinik gigi.

Untuk membuat sikat gigi anak lebih menarik dan menyenangkan, Mama juga bisa membiarkan mereka memeriksakan gigi sambil bermain dokter gigi ya! Nantinya Anak-anak akan menemukan aktivitas yang memuaskan.

7. Biarkan anak memegang sikat giginya sendiri

7. Biarkan anak memegang sikat gigi sendiri
Freepik

Cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi berikutnya adalah membiarkan anak memegang sikat giginya sendiri, terutama jika ia sudah bisa menggenggam.

Meski begitu, si kecil belum tahu cara menggosok gigi yang benar pada anak. Maka dari itu, orangtua perlu terus memandu dan memperhatikannya.

Itulah tadi beberapa cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi. Dengan cara yang kreatif tadi semoga bisa menjadi inspirasi bagi Mama untuk mengajarkan si kecil pentingnya menyikat gigi secara rutin ya! 

Dimulai dengan menggosok gigi, si Kecil akan lebih terbiasa menjaga kesehatan mulut maupun tubuh sejak dini agar tidak mudah terserang penyakit dan lebih disiplin dalam kehidupannya sehari-hari. 

Jika Mama ada cara kreatif seru yang ingin dishare untuk teman Mama, boleh tulis melalui kolom komentar di bawah ini ya, Ma! 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.