Ampuh! Ini 7 Cara Membuat Anak Cepat Tidur dengan Lelap

Anak susah tidur saat malam? Coba cara ini, Ma

24 Juni 2020

Ampuh Ini 7 Cara Membuat Anak Cepat Tidur Lelap
babysleepmadesimple.com

Tidur terlalu larut atau begadang memang tidak baik dilakukan, ini berlaku bagi orang dewasa atau pun anak-anak. Tetapi energi anak yang begitu besar seringkali membuatnya susah tertidur di malam hari. 

Ketika Mama atau Papa sudah terlalu lelah dan mengantuk namun si Kecil masih tidak mau tidur, tentu hal ini membuat orangtua harus memutar otak.

Bagaimana cara membuat anak cepat tidur dengan lelap. 

Ada banyak cara jitu yang bisa dilakukan oleh para orangtua dalam membuat anak mereka cepat tertidur di malam hari.

Salah satunya dengan membuat posisi kamar senyaman mungkin untuknya.

Tak hanya itu, berikut Popmama.com akan memberikan tips untuk para Mama dalam mengatasi si Kecil yang sulit tidur di malam hari. Dijamin si Kecil akan langsung tertidur setelahnya.

    1. Buat posisi kamar senyaman mungkin

    1. Buat posisi kamar senyaman mungkin
    Pexels/Tatiana Syrikova

    Tips pertama tentu sudah semestinya dilakukan oleh semua orangtua jika ingin anaknya segera terlelap. Suasana kamar tidur yang nyaman ternyata memengaruhi cepat atau tidaknya proses tidur, Ma,

    Pastikan tidak ada lagi suara bising, televisi yang menyala, dan jauhkan dari semua mainan yang dapat menstimulus anak untuk bangun dan bermain.

    Setelahnya, Mama bisa mematikan lampu kamar dan menggantinya dengan lampu tidur yang lebih redup.

    Jika udara di kamar cukup dingin, jangan lupa kenakan pada si Kecil baju tidur yang hangat dan lengkapi dengan selimut sebagai tambahan ya, Ma.

    2. Atur jadwal tidur anak yang tepat

    2. Atur jadwal tidur anak tepat
    todaysparent.com

    Menetapkan waktu tidur yang tepat juga menjadi cara agar anak cepat terlelap di malam hari. Tetapkan kapan anak harus tidur siang dan tidur malam. Jika Mama menetapkan tidur siang setiap pukul 13.00 hingga pukul 15.00 dan tidur malam pukul 21.00, upayakan untuk terus menerapkannya setiap hari.

    Jika waktu tidurnya sama di setiap harinya, anak dan tubhnya tentu akan terpola dan belajar disiplin dengan aturan. Waktu tidur itu juga berlakukan dimanapun ia berada, tak hanya di rumah saja ya, Ma.

    Editors' Picks

    3. Tidur siang yang cukup

    3. Tidur siang cukup
    Freepik

    Meski sudah tidur siang, bukan berarti anak mendapati jam tidur yang cukup pada malam harinya. Tidur siang diperlukan karena menurut para ahli baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak.

    Manfaat lainnya ialah untuk mengembalikan kondisi fisik dan mental, mudah konsentrasi, mudah komunikasi dan mudah beradaptasi. Namun yang perlu diperhatikan adalah pastikan pastikan waktu tidur siang si Kecil tidak berlebihan ya, Ma. 1 hingga 2 jam sudah cukup, hal ini agar tidak mengganggu waktu tidur malamnya.

    4. Hindari kegiatan yang terlalu aktif

    4. Hindari kegiatan terlalu aktif
    All4women.co.za

    Sebelum memasuki jam tidurnya, penting untuk Mama mengurngi kegiatan yang terlalu aktif padanya. Hindari kegiatan seperti melompat, berlari atau gerakan besar lainnya. Gerakan-gerakan ini dapat menstimulus tubuhnya, sehingga ia terjaga yang akibatnya ia akan sulit diajak tidur.

    Hindari juga menonton televisi dan bermain video games, hal ini agar mata anak tidak terpaku terus menerus pada layar. Sebaiknya diganti dengan membacakan buku cerita guna membuat anak lebih tenang, sekaligus mengenalkan kosa kata baru padanya.

    5. Ajak mewarnai sebelum memasuki jam tidurnya

    5. Ajak mewarnai sebelum memasuki jam tidurnya
    Freepik/Rawpixel.com

    Selain membacakan buku cerita, kegiatan mewarnai juga ampuh dalam membuat anak tenang dan cepat terlelap lho Ma! Sifatnya yang dapat membuat pikiran tenang dirasa mampu memanfaatkan perasaan anak dan menjadi obat tidur terbaik untuk menenangkan pikiran yang cemas menghadapi malam.

    Kegiatan ini sebaiknya dilakukan sebelum memasuki jam tidur anak dan pastikan anak juga sudah melakukan ritual malamnya yaitu cucui kaki dan menggosok giginya. Dengan begitu Mama dapat membantu anak lebih tenang dalam membentuk rutinitas tidurnya.

    6. Memberikan pijatan sebelum tidur

    6. Memberikan pijatan sebelum tidur
    happyfamilyorganics.com
    Langkah memijat bayi

    Sebelum memasuki jam tidurnya, Mama bisa mencoba memberikan sentuhan atau pijatan lembut padanya sebagai cara dalam menciptakan kondisi yang membuatnya cepat mengantuk.

    Pijatan sebelum tidur terbukti dapat membantu anak merasa nyaman dan siap untuk menuju alam mimpinya. Pijatlah tubuh anak mulai dari arah kaki, berlanjut ke bagian badan, tangan dan kepala dengan mesra. Pastikan tangan Mama dalam keadaan bersih ya sebelum memijatnya.

    7. Berikan minuman yang membuat anak rileks

    7. Berikan minuman membuat anak rileks
    freepik.com/zilvergolf

    Memberikan segelas susu hangat sudah bukan rahasia lagi untuk membuat anak cepat merasa ngantuk. Memberikan minuman hangat sebelum tidur dirasa ampuh dalam membuat posisi lebih rileks, terlebih kandungan tryptophan dalam susu dapat memberikan ketenangan padanya.

    Dengan memberikan minuman hangat, maka suhu tubuhnya akan meningkat dan menjadi lebih nyaman untuk tidur. Hindari minuman hangat yang mengandung kafein ya, Ma.

    Ini justru akan memosisikan jantungnya untuk bekerja dan bukannya tidur.

    Nah, itu dia 7 cara ampuh yang dapat mengatasi permasalahan anak sulit tertidur di malam hari. Coba terapkan secara teratur yuk, Ma!

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.