Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Rekomendasi Pengganti Camilan Kerupuk untuk Anak

Yuk, ganti camilan kerupuk untuk anak menjadi lebih sehat

8 Desember 2022

5 Rekomendasi Pengganti Camilan Kerupuk Anak
Freepik/user3802032

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga mungkin menyukai camilan kerupuk. Selain rasanya yang renyah saat dimakan, camilan kerupuk biasanya juga akan membantu si Kecil makan lebih lahap dari biasanya.

Meski bisa membantu anak lahap makan, tetapi konsumsi kerupuk terlalu banyak juga tidak baik, Ma. Untuk itu, Mama bisa mengganti camilan kerupuk yang lebih sehat agar nutrisi yang dibutuhkan si Kecil tetap terpenuhi.

Nah, kali ini Popmama.com akan merangkum beberapa rekomendasi pengganti camilan kerupuk untuk anak yang jauh lebih sehat.

Coba yuk, Ma!

1. Keripik bayam

1. Keripik bayam
Story.motherhood.com

Sayur bayam adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan si Kecil, salah satunya menjaga kesehatan otak. Jika si Kecil sangat menyukai olahan makan seperti kerupuk atau keripik, Mama bisa mencoba membuat keripik dari olahan sayur bayam. 

Tak harus beli di luar, Mama bisa kok membuat keripik bayam sendiri di rumah. Cukup gunakan bayam dengan daun yang lebar, tepung ketan, dan santan, serta beberapa bumbu dapur untuk memberikan cita rasa gurihnya. Dijamin anak mama menyukainya, deh!

Editors' Picks

2. Keripik talas

2. Keripik talas
Freepik/topntp26

Mirip dengan keripik kentang, Mama bisa mengganti opsi lainnya menggunakan talas yang tak kalah lezat tetapi tetap sehat. Pasalnya, di dalam talas terkandung vitamin E serta serat yang tinggi yang baik untuk si Kecil. Rasanya yang renyah dan gurih pun tak kalah dengan kerupuk yang umumnya anak makan.

Mama bisa langsung menyiapkan talas yang sudah diiris tipis-tipis, kemudian goreng hingga menjadi keripik dan siap disajikan sebagai camilan pengganti kerupuk. Dikarenakan olahan satu ini sudah memiliki rasa lezat, sehingga Mama tidak perlu menambahkan banyak bumbu saat membuatnya sendiri di rumah.

Yuk, coba!

3. Nugget pisang

3. Nugget pisang
Youtube.com/Hernings Kitchen

Jika si Kecil senang mengonsumsi makanan yang renyah saat digigit, nugget pisang mungkin bisa jadi opsi lainnya selain kerupuk. Pasalnya, camilan yang sempat viral di kalangan netizen ini dibuat dengan pisang yang dibalut tepung panir sehingga rasanya lebih renyah saat digigit.

Tak hanya rasanya yang lezat, kandungan mineral dan vitamin pada pisang membuat nugget pisang menjadi salah satu camilan sehat untuk anak yang bisa Mama coba sebagai pengganti kerupuk.

Camilan satu ini juga bisa Mama kreasikan dengan topping kesukaan si Kecil, seperti keju, cokelat, atau green tea. Namun, pastikan penggunaan topping tidak terlalu banyak agar tetap dalam batas yang wajar, ya.

4. Stik kentang keju

4. Stik kentang keju
Youtube.com/atha naufal

Jika Mama mempunyai sisa kentang di rumah dan bingung ingin mengolah makanan apa, yuk coba buat stik kentang keju, Ma. Tak hanya rasanya yang enak dan gurih, stik kentang keju juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B6, B1, vitamin C, magnesium, dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh si Kecil.

Cara membuatnya pun tak sulit. Cukup siapkan kentang, keju, tepung maizena, dan beberapa bumbu agar memberi cita rasa lebih gurih pada stik kentang, kemudian bisa langsung digoreng jika ingin disajikan kepada anak atau anggota keluarga lain di rumah.

Nah, tips agar stik kentang jadi lebih sehat, Mama bisa menganti teknik menggorengnya dengan cara di air fryer. Meski tidak digoreng, rasanya pun akan tetap renyah, Ma.

5. Kacang almond

5. Kacang almond
Freepik/Jcomp

Kacang almond banyak dimanfaatkan orang dewasa sebagai menu diet karena sehat dan dapat membuat kenyang lebih lama. Nah, almond juga bisa Mama berikan pada si Kecil sebagai pengganti camilan yang lebih sehat.

Dalam almond terkandung logam alkali untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak, serta sifat antioksidan yang bisa mencegah anak terserang berbagai penyakit. Agar mendapatkan manfaat ini, sebaiknya almond disajikan dengan cara dipanggang ya, Ma, jangan digoreng.

Itu dia beberapa rekomendasi pengganti camilan kerupuk untuk anak yang lebih sehat dan bisa Mama coba berikan untuk si Kecil. Meski memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan anak, pastikan Mama memberikan camilan dengan jumlah yang sewajarnya, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk