Perhatikan! Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Bronkitis pada Anak

Kenali penyakit bronkitis pada anak ya, Ma!

11 September 2020

Perhatikan Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi Bronkitis Anak
Freepik

Mama, ketika si Kecil dalam masa pertumbuhan pasti ada banyak gangguan kesehatan yang mudah menyerang si Kecil, ini dikarenakan si Kecil belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna, sehingga rentan terhadap penyakit terutama yang diakibatkan karena bakteri atau virus.

Salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak yaitu bronkitis. Apa penyebab bronkitis pada anak dan apa yang harus dilakukan ketika anak terkena bronkitis?

Yuk, cari tahu jawabannya pada pembahasan yang sudah Popmama rangkum! 

1. Apa itu Bronkitis?

1. Apa itu Bronkitis
espanol.babycenter.com

Bronkitis adalah infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran udara utama ke paru-paru atau yang disebut bronkus. Bronkitis pada anak bisa terjadi ketika infeksi bakteri atau virus penyebab flu, batuk, dan sinusitis menyebar sampai ke bronkus.

Akibat penyakit ini, maka akan terjadi peradangan atau inflamasi yang kemudian akan menimbulkan gejala yang mengganggu pernapasan, ya Ma

Anak yang menderita bronkitis akan lebih sulit untuk bernapas melalui paru-baru karena jaringan pernapasannya menjadi teritasi dan membuat lebih banyak lendir yang diproduksi. Gejala bronkitis yang paling umum terjadi adalah batuk.

Editors' Picks

2. Gejala Bronkitis pada Anak

2. Gejala Bronkitis Anak
Freepik/prostooleh
Ilustrasi

Anak yang mengalami bronkitis akut menunjukkan gejala pertamanya yang paling sering yaitu batuk kering, yang kemudian dapat berkembang menjadi batuk berdahak. Batuk ini dipicu oleh peradangan pada dinding saluran bronkus.

Selain itu, gejala-gejala lain dari bronkitis pada anak adalah pilek yang muncul sebelum anak mengalami batuk.

Mama harus perhatikan batuk yang dialami oleh anak ya. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit ketika anak mengalami batuk yang berlangsung lebih dari 5 hari, disertai demam, sesak napas, napas berbunyi, dan nyeri pada beberapa bagian tubuh.

Karena tanda-tanda tersebut bisa mengartikan anak menderita pneumonia dan membutuhkan dokter untuk mendapatkan pengobatan antibiotik. Dengan begitu, kondisi yang dialami anak dapat segera diatasi dengan baik, ya Ma.

3. Mengatasi Bronkitis pada Anak

3. Mengatasi Bronkitis Anak
Google/Panduan BPJS

Dokter mungkin akan memberikan antibiotik jika penyebab dari bronkitis adalah infeksi bakteri ya, Ma. Namun, biasanya bronkitis lebih sering disebabkan oleh virus, sehingga pemberian antibiotik tidak akan membantu.

Langkah awal mengatasi bronkitis pada anak salah satunya, memberikan anak waktu istirahat yang cukup, penuhi kebutuhan cairan pada anak dengan memberikan air putih agar terhindar dari dehidrasi dan membantu mengencerkan lendir yang menyebabkan penyumbatan saluran napas dan berikan suhu ruangan yang nyaman pada tempat istirahat anak. 

Mama, penggunaan obat batuk perlu disesuaikan dengan jenis batuknya ya. Konsultasikan kepada dokter sebelum memberikan obat batuk kepada anak.

Jika anak menderita alergi, asma, atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Biasanya, dokter akan merekomendasikan pemakaian inhaler atau obat lainnya untuk meredakan peradangan dan penyempitan di saluran udara ya, Mama.

4. Bronkitis Akut

4. Bronkitis Akut
chw.org

Anak yang menderita bronkitis kronis kemungkinan membutuhkan latihan pernapasan, loh Ma. Agar pelatihan yang didapat anak optimal, maka mungkin dibutuhkan kehadiran seorang terapis.

Terapis ini harus menguasai program fisioterapi untuk paru-paru, yaitu termasuk melatih cara bernapas yang lebih mudah dan meningkatkan kemampuan anak dalam aktivitas fisik dan olahraga.

5. Mencegah Bronkitis pada Anak

5. Mencegah Bronkitis Anak
Pixabay/RachelBostwick

Mama, bronkitis pada anak dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, maka pastikan anak selalu mencuci tangan dengan bersih sesudah bermain dan saat hendak makan.

Mama harus memberikan nutrisi yang baik dan seimbang pada anak agar sistem kekebalan tubuh mereka dapat bekerja secara optimal. Jika diperlukan, jauhkan anak dari penderita bronkitis agar tidak tertular.

Berikan anak vaksinasi sesuai jadwal imunisasi, sebagai upaya mencegah penyakit. Dan yang wajib dilakukan adalah menjauhkan anak dari asap rokok, mengingat tingginya risiko bronkitis pada anak yang terpapar asap rokok, ya Mama.

Itulah informasi mengenai gejala, penyebab dan cara mengatasi bronkitis pada anak yang mungkin Mama belum ketahui. Tetap jaga kebersihan, ya Ma! 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.