Mainan Terbaik untuk Anak dan Bagaimana Mendapatkannya dengan Murah

Bukan hanya dilihat dari kesukaan anak tapi harus dilihat kegunaan serta keamanannya ya

24 Agustus 2018

Mainan Terbaik Anak Bagaimana Mendapatkan Murah
Pexels/Jennifer Murray

Masa balita menjadi waktu yang paling menyenangkan bagi anak. Bagaimana tidak, mereka bisa sepuasnya bermain tanpa memikirkan hal-hal yang dapat membebeni pikirannya.

Ditemui dalam acara bertajuk The Importance of Physical Development for Kids yang diadakan oleh Early Learning Centre (ELC), dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH selaku Dokter Konsultan Tumbuh Kembang Anak mengatakan, “Bermain merupakan bagian dari stimulasi yang menjadi kebutuhan anak agar tumbuh kembang optimal. Maka dari itu, aktivitas fisik di luar rumah perlu dilakukan anak dan dapat meningkatkan keterampilan dan kesehatan anak. Selain itu, peran orangtua harus aktif dan ikut serta dalam meningkatkan aktivitas outdoor anak.”

Selain aktivitas fisik, anak-anak juga senang bermain dengan mainan kesukaannya. Namun, jangan hanya memberikannya mainan sesuai keinginannya saja, Mama perlu memberikan mainan yang tepat dan berguna untuk anak.

Berikut ini beberapa tips bagi orangtua yang ingin memberikan anak mainan terbaik untuk anak dari dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH:

1. Pilih mainan berstandar SNI

1. Pilih mainan berstandar SNI
Pexels/Aldo Picaso

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin membeli mainan untuk anak adalah pilih mainan yang berstandar nasional Indonesia.

Pemerintah Indonesia memberikan standar khusus bagi mainan anak, jadi mainan dengan logo SNI dapat dipastikan aman untuk anak.

2. Pastikan mainan tidak berbau

2. Pastikan mainan tidak berbau
Pexels/Min An

Menurut dr. Bernie, BPOM mengeluarkan intruksi untuk produsen mainan untuk memperhatikan bahan-bahan dari mainan tersebut.

Salah satunya adalah, perhatikan kualitas mainan, pilihlah mainan yang tidak berbau menyengat bagi anak. Kemungkinan bau yang ditimbulkan berasal dari kandungan kimia yang bisa berbahaya bagi si Kecil.

3. Jangan abaikan bentuk dari mainannya

3. Jangan abaikan bentuk dari mainannya
Pixabay/pixel2013

Selanjutnya, dr. Bernie juga menyarankan para orangtua untuk memilih mainan yang tidak tajam. “Perhatikan bentuknya jangan sampai ada ujung yang runcing seperti paku atau pisau. Ini sangat berbahaya bagi anak karena dapat melukai anak," kata dr. Bernie.

Editors' Picks

4. Lihat ukurannya, harus disesuaikan dengan usia

4. Lihat ukurannya, harus disesuaikan usia
amazonaws.com
Mainan anak

Saat memilih mainan, orangtua karus menyesuaikan dengan usia anak. “Pada anak usia dibawah 3 tahun, tidak boleh ada bagian yang ukurannya 4,4 cm. Ini sangat membahayakan anak, karena jika tertelan mungkin masih dapat di selamatkan, namun jika tersedak masuknya ke dalam saluran pernafasan. Dalam hitungan menit bahkan detik, ini bisa emergency, akibat kelalaian dampaknya bisa berbahaya,” kata dr. Bernie.

5. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget

5. Sesuaikan kebutuhan budget
Unsplash/Michael Longmire

Faktor penting lainnya adalah, Mama perlu menyesuaikan mainan tersebut dengan kebutuhan anak.

Pilihlah mainan yang bukan hanya membuat anak terhibur tapi pilih mainan yang berguna bagi perkembangan anak.

“Pilih yang mengenalkan suara dan tekstur agar anak bisa bermain dan belajar,” tutur dr. Bernie. Bukan itu saja, perhatikan juga harganya, Mama harus menyesuaikan dengan budget keuangan keluarga ya.

Bagaimana Mendapatkan Mainan dengan Murah?

Bagaimana Mendapatkan Mainan Murah
Popmama.com

Untuk mendapatkan mainan yang aman, berkualitas, dan pastinya ramah dikantong, Mama sebaiknya sebelum membeli Mama dapat melakukan riset di internet terhadap kualitas mainan yang akan dibeli.

Jangan sampai, saat sudah membelinya Mama justru merasa mainan yang dibeli nggak sesuai dengan uang yang dikeluarkan. 

Untuk membeli mainan yang berkualitas namun bisa menghemat pengeluaran keluarga, ada baiknya Mama menunggu momen diskon yang diadakan oleh toko mainan favorit anak.

Selanjutnya, Mama dapat memburu mainan anak di berbagai pameran ibu dan anak yang diadakan di kota Mama. 

Kebetulan nih Ma, karena pada September nanti Popmama.com mengadakan Popmama Expo (PopEx) 2018 dimana semua tenants diskon 50%. 

Pada PopEx 2018 yang diadakan di The Gandaria City Hall, Gandaria City Mall, Jakarta pada Jum'at dan Sabtu 28-29 September 2018 ini menawarkan produk lengkap untuk anak mama.

Dari produk makanan bayi sampai mainan anak, dapat Mama temukan disini. Yuk, langsung tandai kalender Mama dan jangan lewatkan kesempatan untuk membeli mainan berkualitas, aman, dan pastinya ramah di dompet!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PopEx 2018, klik expo.popmama.com ya!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!