Eksklusif: Cara Tika Bravani Lakukan Roleplayer untuk Gugah Nafsu Makan Anak

Masalah GTM sering terjadi pada anak usia 1-3 tahun karena memasuki fase Food Neophobia

22 April 2021

Eksklusif Cara Tika Bravani Lakukan Roleplayer Gugah Nafsu Makan Anak
Popmama.com/Sweet Escape
Photoshoot dilakukan secara virtual

Salah satu masalah yang muncul bagi Mama yang memiliki anak usia 1-3 tahun adalah GTM (gerakan tutup mulut). GTM ini adalah sikap si kecil yang tidak mau menerima makanan. 

Banyak Mama yang galau ketika anaknya melewati fase ini. Tentunya perasaan sedih dan khawatir akan menyelimuti Mama karena tidak ingin pertumbuhan anaknya terhambat karena kurang nutrisi.

Meski belum pernah merasakan GTM, Tika Bravani menyebut ia punya rutinitas khusus untuk mengajak anaknya makan dengan asyik. Millennial Mama of The Month ini menceritakan jika ia atau sang Suami kadang melakukan roleplayer ketika memberi makan putranya, Kalam Mahardika Jusuf.

Roleplayer adalah istilah bermain peran yang biasanya disebut RP. Lewat kegiatan ini anak atau orangtua akan memainkan suatu peran tertentu.

Bagaimana cerita seru Tika yang kerap bermain roleplayer saat waktu makan? Berikut Popmama.com rangkum informasinya.

Editors' Picks

1. Lebih menantang, kini Kalam sudah bisa menolak makanan pemberiannya

1. Lebih menantang, kini Kalam sudah bisa menolak makanan pemberiannya
Popmama.com/Dimas Prasetyo
Photoshoot dilakukan secara virtual

Perjalanan MPASI Tika Bravani dengan anaknya, Kalam Mahardika Jusuf tidak selalu mulus. Dulu ketika awal-awal diberikan makanan padat memang tidak ada penolakan dari bayinya itu. 

Namun, seiring pertumbuhan Kalam kemampuannya untuk bisa menolak makanan jadi kendala. Meski tak banyak, ada beberapa momen yang membuat Tika sempat kesal dengan kebiasaan Kalam ini.

"Dia milih makanan ada, biasanya karena bosen itu-itu terus beberapa kali. Dulu itu, asal masuk mulut pasti ditelan karena belum bisa menolak mulutnya. Nah, karena sudah bisa dan mengerti, bahkan dia kadang lempar-lempar," jelas Tika dalam wawancara khusus.

Ketika hal itu terjadi, Tika pun memvariasikan makanan untuk Kalam. Misalnya, ia membuat dua versi makanan dari bahan yang dimasaknya. Namun, kadang Kalam juga tidak mau memakan masakan yang ia buat itu.

Jika sudah seperti itu, Tika tak ingin panik duluan. Ia memilih untuk mengikuti mood Kalam. Sehingga akan memberikannya makan ketika memang Kalam yang memintanya.

"Kan ada misalnya Mama-Mama yang panik, aduh dikasih makanan tapi tidak mau, terus akhirnya kasih segala macam agar si Anak kenyang. Saya bukan tipe yang seperti itu, jadi kalau misal dia tidak mau, ya sudah, saya bilang 'selesai ya makan'. Tapi biasanya kalau kayak gitu waktu makan selanjutnya dia pasti jadi lahap. Jadi memang harus dikenalkan juga menurut saya dengan rasa lapar dan kenyang," jelas Tika. 

2. Pura-pura jadi 'tukang paket' jadi senjata ampuh Tika dan suami ajak Kalam makan

2. Pura-pura jadi 'tukang paket' jadi senjata ampuh Tika suami ajak Kalam makan
Sweet Escape/Popmama.com
Photoshoot dilakukan secara virtual

Bukan mengurus anak jika tidak menemui tantangan dan kendala. Selain mood si Anak yang tidak mau makan, kadang ada faktor-faktor lain yang membuat anak tidak ingin makan di jam yang seharusnya.

Hal ini membuat Tika Bravani harus putar otak. Karena tidak mungkin membiarkan dan selalu menuruti mood makan anaknya. Salah satu yang unik adalah bermain roleplayer saat mengajak makan Kalam.

Selama pandemi ini diakui Tika ia dan sang Suami kerap berbelanja online. Sering kedatangan pengantar paket rupanya dianggap seru oleh Kalam. Ketika ada tukang paket yang mengantar barang Kalam bisa teralihkan sehingga membuat rutinitas makannya lebih mudah.

"Jadi sering banget dulu Papanya pura-pura jadi tukang paket sambil teriak 'paket, paket' dan Kalam melihat itu jadi teralihkan. Terus baru saya suapin, meskipun paketnya itu dibawa dari dalam rumah juga," jelas Tika.

Bermain peran seperti ini dirasa lebih baik bagi Kalam. Sebab, Tika belum mau mengenalkan Kalam kepada TV dan gadget untuk menemaninya makan. 

"Kita kan tidak kasih dia TV, mainan, gadget, jadi kita lebih ingin memberikan cara yang seperti ini, ada interaksi langsung," tutur Mama satu anak ini. 

Ketika bermain peran sudah tidak berhasil, Tika masih punya cara lain. Bermain challenge alias tantangan pun jadi pilihan selajutnya dengan sang Anak.

Selain itu, cara lain yang biasa dilakukan Tika untuk membuat rutinitas makan anaknya asyik adalah sambil mengajaknya mengobrol meskipun ia belum bisa menjawab atau mengerti sepenuhnya.

"Sekarang kita lagi ganti ke challenge, jadi kalau dia pegang garpu sambil ajak ngobrol dan kita praktekin. Kita pancing dia mau challenge masukin garpu ke mulut, gitu," jelas Tika.

3. Tika tak mau langsung khawatir ketika Kalam tidak mood untuk makan

3. Tika tak mau langsung khawatir ketika Kalam tidak mood makan
Instagram.com/tikabravani

Ada beberapa menu yang disebutkan Tika menjadi favorit Kalam. Saat ini diumurnya yang 1 tahun lebih, Kalam menyukai ikan lele lho. Kalam oun rupanya suka makan brokoli dan buncis. 

Ketika menceritakan pengalaman soal Kalam yang susah makan, Tika tak ingin mendefinisikan hal itu sebagai GTM hanya karena anaknya sedikit makan. Sebab yang ia rasakan Kalam tak pernah tidak makan sama sekali, hanya porsinya saja yang kadang lebih sedikit.

"Kalau dipikir, kita sebagai manusia dewasa juga pernah pernah tidak nafsu makan. Ya mungkin bayi juga gitu, entah dia tumbuh gigi, sakit perut, pusing. Jadi belum tentu ketika bayi makannya dikit dia GTM. Alhamdulillah Kalam tidak pernah tidak mau makan sama sekali," tuturnya. 

Tika lebih ingin bersikap tenang ketika Kalam memang sedang tidak nafsu makan. Ia berusaha memposisikan anaknya itu punya perasaan yang sama seperti orang dewasa. 

Meskipun di satu sisi ia juga berusaha dan mengantisipasi jika memang Kalam berkelanjutan susah makan. 

Wah, cerita Mama Tika soal pengalaman makan Kalam ini asyik banget ya, Ma. Rutinitas dan hal unik yang dilakukan Mama Tika ketika mengajak makan Kalam bisa ditiru nih!

#MillennialMama of the Month Edisi April 2021 – Tika Bravani

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aldia Nadezhda Mediani
Photographer - Sweet Escape

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Tika Bravani
Millennial Mama

Tika Bravani

"Jangan overthinking, kunci sukses berpuasa saat pandemi"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.