5 Manfaat Anak Suka Bermain Sendiri

Tak hanya butuh waktu untuk bermain bersama temannya, anak juga butuh waktu untuk main sendiri

2 April 2019

5 Manfaat Anak Suka Bermain Sendiri
Freepik

Membiarkan balita Mama bermain bersama dengan teman-teman seumurannya dengan pengawasan memang penting Ma. Dengan bermain bersama, anak dapat belajar untuk berinteraksi, bersosialisasi, dan berbagi mainan dengan teman sebayanya.

Namun tahukah Mama, tak hanya bermain bersama teman saja, anak juga perlu untuk dibiarkan bermain sendiri di rumah.  Sebab,  adaberagam manfaat bermain sendiri yang bisa diperoleh anak.

Mama penasaran apa saja manfaat anak bermain sendiri? Dilansir dari Verywell Health, berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh:

1. Anak dapat bersikap mandiri

1. Anak dapat bersikap mandiri
Freepik/V.ivash

Manfaat bermain sendiri salah satunya adalah merangsang sikap kemandirian anak Ma. Dengan bermain sendiri, anak jadi tidak terbiasa menggantungkan segala hal kepada orang lain.

Tak hanya itu saja, bermain sendiri juga mampu membuat anak lebih bisa mengatur dirinya sendiri. Anak jadi tahu apa yang harus dilakukan saat merasa bosan saat bermain.

2. Lebih percaya diri dan bahagia

2. Lebih percaya diri bahagia
Freepik

Saat anak bermain sendiri, anak tentu dapat dengan melakukan segala hal yang diinginkannya. Hal ini secara tidak langsung telah mengajarkan anak bagaimana caranya untuk bersenang-senang ataupun mencari hiburan yang menyenangkan bagi dirinya sendiri.

Anak juga cenderung dapat menjadi lebih percaya diri dan bahagia lho Ma dengan terbiasa bermain sendiri. Jadi biarkan sesekali anak menikmati waktu bermainnya sendiri di rumah ya Ma!

Editors' Picks

3. Meningkatkan imajinasi

3. Meningkatkan imajinasi
Freepik/Teksomolika

Dunia anak memang penuh imajinasi Ma, maka dari itu jangan merasa khawatir saat anak sedang main sendiri.  Sebab momen bermain sendiri dapat menjadi “ajang” anak mengembangkan imajinasinya.

Mama mungkin akan melihat anak menggerakan mainan robotnya layaknya sedang terbang sebagai superhero yang menyelamatkan mainan sekitarnya. Atau akan melihat anak sebegitu seriusnya memberi botol susu kepada boneka kesayangannya agar tidak menangis.

Biarkan anak mengembangkan imajinasi saat bermain sendiri karena imajinasi anak dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikirnya.

4. Menyelesaikan masalahnya sendiri

4. Menyelesaikan masalah sendiri
Freepik

Sementara itu, menurut Stephenie Gillingham, Program Coordinator and Profesor di Sheridan College, Ontario, Kanada, manfaat bermain sendiri yang dapat diperoleh anak diantaranya merangsang rasa penasaranya, memahami otonomi, belajar berinsiatif dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Menurutnya, anak di bawah usia 5 tahun harus diberikan waktu untuk bermain sendiri dengan mainan yang disukainya. Mama disarankan untuk membiarkan anak bermain sendiri setidaknya satu hingga dua kali dalam sepekan.

5. Memberikan ketenangan

5. Memberikan ketenangan
Freepik

Bermain sendiri dapat memuat anak Mama lebih tenang karena mereka cenderung bisa melakukan apa saja yang disukainya. Dengan membiarkan anak bermain sendiri, Mama juga telah mengajarkan anak untuk mengenal dirinya lebih baik dan membiarkan anak untuk belajar tenang dengan permainan yang dimilikinya.

Meski membawa berbagai macam manfaat, Mama harus bisa membagi waktu dengan bijak  kapan waktunya anak bermain sendiri dan kapan waktu anak untuk bermain bersama teman-temannya. Sebab baik bermain sendiri ataupun bermain bersama teman, keduanya membawa manfaat bagi perkembangan anak.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!