Bayinya Tertinggal di Bandara, Sang Mama Minta Pilot Putar Balik

Video percakapannya viral di YouTube!

15 Maret 2019

Bayi Tertinggal Bandara, Sang Mama Minta Pilot Putar Balik
Instagram.com/beirut_plane_spotters

Maskapai Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV832 rute dari Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah, Arab Saudi menuju Kuala Lumpur, Malaysia terpaksa kembali ke bandara. Hal tersebut diakibatkan oleh seorang penumpang yang lupa kalau bayinya tertinggal di ruang tunggu bandara.

Ketika sang Mama tersebut sadar, ia langsung memberi tahu awak kabin. Kemudian, sang Pilot pun meminta izin kepada pengendali lalu lintas udara, agar pesawat dapat kembali ke bandara.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta penting mengenai kasus tersebut.

1. Video percakapan yang viral

1. Video percakapan viral
Instagram.com/rachmatdtp

Insiden tersebut lantas membuat masyarakat dan media heboh. Terlebih sebuah video percakapan sang pilot Saudi Airlines kepada petugas ATC (Air Traffic Controller) beredar di media sosial YouTube.

Video tersebut telah ditonton hampir 2 juta kali. Seperti yang diberitakan oleh VOA, percapakan tersebut berisi tentang pilot yang bertanya apakah pesawat dapat kembali ke bandara karena seorang penumpang ketinggalan bayinya di terminal dan menolak lanjut terbang. Dan petugas ATC pun menyetuji permintaan tersebut.

2. Berbagai reaksi pun seketika bermunculan

2. Berbagai reaksi pun seketika bermunculan
Instagram.com/meilinahendrawati

Setelah tersebar, video tersebut mengundang berbagai reaksi netizen yang menanggapi keputusan pilot dan ATC. Beberapa dari mereka ada yang memuji pilot dan operator ATC dan dinilai memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi menghadapi situasi seperti ini.

Namun ada juga yang berkomentar negatif terhadap penumpang tersebut. Perempuan tersebut dikecam dan menyebutnya abai pada anak sendiri. Hingga saat ini, pihak masakapi Saudi Airlines belum memberikan keterangan resmi atas kejadian ini.

Editors' Picks

3. Kasus unik lain yang pernah terjadi saat penerbangan berlangsung

3. Kasus unik lain pernah terjadi saat penerbangan berlangsung
Instagram.com/spotter_melih

Kejadian pesawat berbalik arah biasanya dilandasi oleh alasan yang berhubungan dengan kesehatan ataupun teknis pesawat. Kejadian yang hampir serupa juga pernah terjadi di tahun 2013.

Saat itu, sebuah penerbangan American Airlines dari Los Angeles ke New York dialihkan ke Kansas City karena ada penumpang yang membuat onar. Ia menolak untuk berhenti menyanyikan lagu “I Will Always Love You” milik Whitney Houston.

Tentu saja insiden penumpang ketinggalan bayi ini sempat heboh karena jarang terjadi di dunia penerbangan. 

Tips Menjaga Anak-Anak Saat di Bandara

Tips Menjaga Anak-Anak Saat Bandara
Pexels/Tookapic

Agar tak terjadi seperti kasus di atas, ada beberapa hal yang dapat Mama perhatikan saat menjaga anak di bandara.

Berikut diantaranya:

  • Membawa stroller bayi

Tidak semua bandara menyediakan stroller bayi secara gratis ataupun tersedia penyewaan stroller bayi. Agar tidak kesulitan saat berada di bandara terutama jika masih membawa balita, sebaiknya Mama membawa stroller bayi sendiri dari rumah.

Stroller bayi akan membantu Mama terutama saat anak-anak butuh istirahat dan tidak menganggu jam tidurnya. Saat mereka mengantuk, mereka masih tetap bisa tidur di strollernya dengan nyaman.

  • Mencari kursi lebih dulu

Saat berada di ruang tunggu, sebaiknya jangan terlalu jauh dari gate tempat keberangkatan. Pastikan Mama bisa mendapatkan tempat duduk agar bisa mengawasi anak-anak dengan mudah.

Biasanya, jika anak-anak bosan menunggu, mereka akan mulai bereksplorasi, berlari ke sana dan kemari. Pastikan salah satu orangtua menjaga anaknya dan salah satu yang lainnya menjaga barang-barang yang dibawa.

Konsekuensi berada di tempat umum adalah harus tetap waspada dengan segala kemungkinan yang tidak diinginkan. Meskipun kamu bisa menggantinya dengan menggunakan gendongan bayi, namun akan lebih baik jika kamu menggunakan stroller supaya bisa menghemat energi.

Apalagi sekarang terminal di bandara cukup luas sehingga butuh berjalan kaki lebih jauh dari biasanya. Daripada kelelahan menggendong bayi sekaligus membawa barang, lebih baik salah satu orangtua membawa stroller dan satunya lagi mendorong troli barang.

  • Siapkan beberapa mainan

Anak zaman sekarang memang sudah terbiasa menggunakan tablet atau handphone untuk mengakses permainan ataupun video di YouTube. Sebagai persiapan, Mama bisa menyiapkan video-video dalam YouTube yang bisa diakses secara offline.

Pasikan pramugari mengetahuinya bahwa kamu tidak mengaktifkan paket data atau telpon seluler saat berada di dalam pesawat.

Selain itu, mainan biasa seperti mobil-mobilan atau boneka, tetap diperlukan jika sewaktu-waktu anak-anak butuh benda-benda sebagai pengalihan saat berada di bandara ataupun sudah berada di pesawat terbang.

Jangan hanya mengandalkan permainan di tablet atau handphone saja karena sewaktu-waktu baterainya bisa lebih cepat habis jika terus menerus dimainkan.

  • Temukan area bermain anak di bandara

Beberapa terminal di bandara baik di dalam negeri maupun di luar negeri kini sudah mulai bebenah dan lebih ramah terhadap anak-anak. Misalnya seperti di Bandara Changi Singapura sudah dilengkapi dengan beberapa tempat bermain anak di Bandara.

Daripada bosan menunggu tanpa ada kegiatan, lebih baik ajaklah mereka bermain di fasilitas yang sudah disediakan bagi anak-anak.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai kasus bayi yang tertinggal di bandara hingga pilot pesawat putar balik.

Berkaca dari kasus tersebut, maka bagi Mama yang bepergian, diharapkan agar selalu memerhatikan keluarga dan barang yang dibawa, ya. 

Semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!