5 Sumber Makanan Untuk Perkembangan Motorik Anak

Yuk, cukupi nutrisi si Kecil

3 November 2020

5 Sumber Makanan Perkembangan Motorik Anak
Shutterstock/maroke

Memiliki buah hati yang aktif dan cerdas menjadi dambaan setiap orangtua. Tentunya kecerdasan otak anak tidak datang begitu saja Ma. Perlu usaha besar yang perlu Mama lakukan, baik saat mengandung maupun saat si Kecil sudah lahir. Salah satu yang mampu meningkatkan kecerdasan motorik anak adalah makanan yang dikonsumsi. Lima makanan ini mampu meningkatkan motorik anak lho, cek yuk Ma!

1. Sayuran hijau

1. Sayuran hijau
Shutterstock/LumenSt

Sayuran hijau ada banyak macamnya, tapi salah satu yang memiliki banyak kandungan gizi yang baik adalah kubis dan bayam. Dikutip dari Alodokter, kedua jenis sayuran ini mengandung antioksidan yang baik untuk perkembangan sel otak anak. Bayam dan kubis juga mengandung asam folat yang diyakini dapat memperkuat daya ingat anak. Tapi Mama juga bisa memberikan asupan sayuran lainnya kok.

Editors' Picks

2. Telur matang

2. Telur matang
Shutterstock/LightField Studios

Dikutip dari Alodokter, telur kaya akan kandungan kolin. Kolin sendiri bermanfaat untuk membantu perkembangan daya ingat anak. Selain itu, telur juga tinggi akan kandungan protein dan nutrisi lain yang dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi anak. Tapi pastikan ya Mama memasak telur secara matang sempurna.

3. Daging sapi dan ayam

3. Daging sapi ayam
Shutterstock/Dream79

Dalam daging sapi dan ayam kaya akan zat besi. Zat besi ini dapat membantu anak untuk terus berenergi dan berkonsentrasi saat belajar atau bermain. Kekurangan zat besi sejak kecil bisa berbahaya lho Ma. Kekurangan zat besi dapat membuat daya konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan belajar menjadi terganggu. Maka dari itu, penuhi kebutuhan zat besi anak sejak dini ya Ma!

4. Kacang-kacangan

4. Kacang-kacangan
Shutterstock/Krasula

Kacang-kacangan seperti almond mengandung seng. Seng dalam otak terbanyak ditemukan pada neuron yang dapat mengontrol fungsi belajar dan daya ingat. Jadi nutrisi seng ini baik banget untuk memelihara daya ingat anak ketika belajar dan bermain.

5. Susu

5. Susu
Shutterstock/KK Tan

Dalam segelas susu, mengandung vitamin B, vitamin D, dan protein yang penting untuk perkembangan jaringan otak anak lho Ma. Vitamin D dalam susu juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhannya. Usahakan susu pertumbuhan si Kecil juga mengandung Omega 3 dan Omega 6 karena ini mampu membantu perkembangan motorik si Kecil. 

Dikutip dari Jurnal Kesehatan Masyarakat, Omega 3 adalah asam lemak tidak jenuh ganda yang mempunyai ikatan rangkap pertama pada atom karbon ketiga. Omega 3 termasuk asam lemak esensial, yang berarti tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh. Omega 3 berperan penting terhadap perkembangan otak melalui pembentukan sinaps otak, pembentukan dinding sel neuron dan mielinisasi pada otak anak. 

Omega 6 adalah asam lemak tidak jenuh ganda yang memiliki ikatan ganda pertamanya pada posisi ke-6. Omega 6 juga termasuk salah satu asam lemak esensial. Asam lemak omega 3 mendukung pembentukan neurotransmitter yang bertugas mengantar perintah dari satu sel saraf ke sel saraf lain dalam tubuh, termasuk ke otak.

Kombinasi Omega 3 dan Omega 6 juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi kognitif dan kemampuan visual anak. Anak yang berkecukupan Omega 3 dan Omega 6 memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dibandingkan anak yang kurang atau tidak mendapat asupan Omega 3 dan Omega 6. Konsumsi omega 3 dan omega 6 harus dalam rasio yang sesuai. Perbandingan rasio konsumsi omega 3 :omega 6 yaitu 5 :1 sampai 10: 1. 

Nah, semua kandungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan si Kecil ini ada dalam susu pertumbuhan NANKID pHPro 3. Susu pertumbuhan NANKID pHPro 3 ini adalah Susu protein whey terhidrolisa parsial yang mudah dicerna untuk anak-anak usia 1 – 3 tahun yang diformulasikan oleh Nestlé Research Center SWITZERLAND, dan diproduksi di Konolfingen, SWITZERLAND. Dilengkapi dengan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil seperti 12 Vitamin dan 9 Mineral, Omega 3 dan 6, Kalsium dan Probiotik B. lactis untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil kini dan nanti.

Jadi Mama nggak usah pusing lagi deh gimana melengkapi nutrisi harian si Kecil di masa tumbuh kembangnya. Klik di sini untuk info lengkapnya ya Ma! Gimana Ma, ada makanan favorit si Kecil nggak? Selalu penuhi nutrisi si Kecil di rumah ya! (CSC)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.