3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Alergi Si Kecil Mudah Kambuh

Coba dicek deh Ma

3 November 2020

3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Alergi Si Kecil Mudah Kambuh
Shutterstock/A3pfamily

Orangtua mana yang nggak panik saat anaknya tiba-tiba menunjukan gejala kurang sehat. Padahal awalnya ia terlihat baik dan sehat-sehat saja. Bisa jadi, ia mengalami alergi. Mama dan Papa perlu tahu nih, apa saja sih yang bisa menjadi penyebab alergi anak mudah kambuh. Cek di sini Ma, supaya bisa tahu deh penanganannya!

Editors' Picks

1. Kekebalan tubuhnya sedang bekerja

1. Kekebalan tubuh sedang bekerja
Shutterstock/antpkr

Mama tahu nggak kalau alergi kambuh merupakan tanda jika kekebalan tubuh sedang bekerja? Ternyata ini benar lho Ma. Dikutip dari Halodoc, alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap antigen yang dianggap berbahaya bagi tubuh, walaupun sebenarnya tidak berbahaya. 

Antigen yang dianggap berbahaya inilah yang memicu alergi itu tadi. Alergi ini bisa berasal dari makanan, debu dan banyak lagi. Jadi Mama harus makin peka nih pada tanda-tanda alergi pada anak. 

2. ‘Dekat’ dengan sumber alergi

2. ‘Dekat’ sumber alergi
Shutterstock/MIA Studio

Selain karena menurunnya kekebalan tubuh anak, ada juga lho penyebab lainnya. Bisa jadi si Kecil ‘diam-diam’ alergi pada sesuatu tanpa Mama sadari. Lalu sumber alergi pada anak tersebut ternyata berada di dekat si Kecil, hal ini membuat alerginya jadi mudah kambuh. Itu sebabnya penting melakukan tes alergi pada anak sebagai pencegahan awal.

3. Alergi karena faktor genetik

3. Alergi karena faktor genetik
Shutterstock/christinarosepix

Ternyata faktor genetik turut menjadi salah satu penyebab alergi anak mudah kambuh lho Ma. Menurut penelitian, alergi dapat diturunkan dari orangtua ke anak. Risiko anak mengalami alergi semakin besar apabila kedua orangtua memiliki riwayat alergi dibandingkan anak yang kedua orang tuanya tidak memiliki riwayat alergi.

Lalu jenis alergi apa saja yang bisa menurun ke anak? Ternyata semua jenis alergi yang ada di Mama dan Papa bisa menurun ke anak. Kalau begini bagaimana cara mengatasi alergi pada anak ini? Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi susu yang mengandung protein terhidrolisa parsial (pHPro) teruji klinis untuk mencegah alergi terutama alergi dermatitis atopik.

Untuk bantu cegah sensitivitas dan dukung pertumbuhan si Kecil, Mama bisa percayakan pada NANKID. NANkid pHPro 3 adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun yang diformulasikan oleh Nestlé Research Centre, Switzerland. Susu pertumbuhan ini mengandung protein  yang terhidrolisa parsial (pHPro) yang lebih mudah dicerna dan dilengkapi dengan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil seperti 12 Vitamin dan 9 Mineral, Omega 3 dan 6, Kalsium dan Probiotik B. lactis untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil kini dan nanti.

Formula dari susu pertumbuhan NANkid pHPro 3 ini membantu mengurangi risiko alergi pada anak, jadi Mama nggak usah khawatir lagi deh. Klik di sini untuk info lengkapnya ya Ma! Gimana Ma, sekarang sudah jelas ‘kan? Yuk, Bantu Cegah Sensitivitas, Dukung Pertumbuhan Si Kecil #SiapkanSekarang. (CSC)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.